x

Jadi Kapten Malaysia, Lee Zii Jia Pikul Beban Besar di Piala Sudirman

Rabu, 22 September 2021 09:26 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Lee Zii Jia, tunggal putra Malaysia.

INDOSPORT.COM - Tunggal putra terbaik Malaysia, Lee Zii Jia, mendukung keputusan Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) yang mengirim atlet mudanya ke Piala Sudirman dan Piala Thomas & Uber. 

Menurut Lee, keputusan ini akan berdampak positif bagi pemain muda karena ini akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk unjuk gigi dan menambah pengalaman bermain. 

Baca Juga
Baca Juga

Dalam dua turnamen tersebut, Lee dijadikan kapten untuk tim Malaysia. Juara All England 2021 ini merasa bahwa statusnya tersebut akan menjadi tantangan besar. 

Meski begitu, pebulutangkis 23 tahun ini mengaku siap untuk mengemban tanggung jawab sebesar itu. Apalagi, ia sudah berpengalaman menjadi kapten di SEA Games 2019 Filipina dan di Piala Sudirman 2019 China. 

"Untuk Piala Thomas, ini pertama kalinya saya akan memikul tanggung jawab sebesar ini. Jelas ada tekanan tersendiri mengingat kapten sebelumnya adalah Datuk Lee Chong Wei," kata Lee, dikutip dari Bernama

"Tetapi, dengan dukungan semua rekan satu tim dan penggemar kami, saya yakin kami bisa mengatasi hal tersebut. Karena, mau menang atau kalah, kami telah pergi sebagai satu kesatuan tim," 

"Pengalaman pertama saya sebagai pemain tunggal utama adalah di Piala Sudirman 2019. Itu adalah pengalaman luar biasa yang membuat saya lebih dewasa." 

Di sisi lain, Lee Zii Jia cukup pede untuk mengalahkan tunggal putra terbaik asal Jepang, Kento Momota. Pasalnya Momota sedang tidak dalam performa terbaiknya akhir-akhir ini.

Momen ini sebenarnya bakal jadi kesempatan Malaysia. Sebab, Malaysia dan Jepang tergabung di Grup D di Piala Sudirman dan Piala Thomas kali ini. 

Baca Juga
Baca Juga

Piala Sudirman sendiri akan berlangsung di Vantaa, Finlandia, pada 26 September hingga Oktober 2021. Sedangkan, Piala Thomas & Uber akan dilaksanakan di Aarhus, Denmark, pada 9 hingga 17 Oktober 2021. 


1. Pasangan Baru di Ganda Putri

Lee Meng Yan/Chow Mei Kuan, ganda putri Malaysia.

Sementara itu, atlet ganda putri Malaysia, Lee Meng Yean, akan berpasangan dengan beberapa pemain muda untuk bisa kembali ke peringkat 10 besar dunia, mengingat pasangan aslinya, Chow Mei Kuan, telah pensiun usai Olimpiade Tokyo 2020. 

Men Yean pun tidak akan berlaga di Piala Sudirman, tetapi ia akan berpasangan dengan Go Pei Kee di Piala Uber. 

Sedangkan, Men Yean akan bermain bersama Yap Cheng Wen di Denmark Open (19-24 Oktober 2021) dan Prancis Open (26-31 Oktober 2021). 

"Saya masih mencoba klop dengan beberapa pemain. Semoga kami dapat memutuskan siapa pasangan yang tepat nantinya," ujar Men Yean. 

"Meski saya telah bermain dengan Mei Kuan lebih dari 10 tahun, saya pikir pensiunnya itu membuka tantangan dan peluang baru." 

"Bagi saya, hal ini bisa dimaksimalkan untuk mengembangkan karier saya dengan pemain lain dan tentu dengan harapan memenangi prestasi yang lebih banyak lagi di masa depan," tuturnya.

MalaysiaPiala SudirmanBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisPiala Sudirman 2021

Berita Terkini