x

Profil Tim Piala Sudirman 2021: Indonesia Sang 'Empunya' Rindu Trofi Juara

Jumat, 24 September 2021 20:56 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:

INDOSPORT.COM - Berikut profil tim bulutangkis Indonesia yang masuk di Grup C Piala Sudirman 2021. Indonesia selaku sang empunya rindu trofi juara.

Indonesia sejatinya adalah 'empunya' dari turnamen Piala Sudirman. Pasalnya awal mula turnamen tersebut dilangsungkan di Jakarta pada 24-29 Mei 1989.

Saat itu tim bulutangkis Indonesia yang beranggotakan 10 pemain yang terdiri dari empat pemain tunggal dan enam pemain ganda.

Baca Juga
Baca Juga

Mereka sukses meraih trofi juara yang sejauh ini jadi satu-satunya yang dimiliki. Setelah itu Piala Sudirman edisi selanjutnya didominasi oleh Cina.

Dari 16 edisi yang sudah berjalan, Cina berhasil meraup 11 trofi juara. Sementara itu empat trofi lainnya digondol oleh Korea Selatan.

Baca Juga
Baca Juga

Itu sebabnya tim bulutangkis Indonesia kini sedang merindukan gelar juara. Piala Sudirman edisi ke-17 yang akan dilangsungkan di Vanta, Finlandia bisa jadi peluang emas untuk mewujudkan impian tersebut.

Rencananya turnamen beregu tersebut akan dilangsungkan pada 26 September sampai 3 Oktober 2021 mendatang. Indonesia tergabung di Grup C bersama ROC (Rusia), Kanada, dan Denmark.


1. Skuad Indonesia di Piala Sudirman 2021

Gregoria Mariska dkk dalam perjalanan menuju Finlandia untuk Piala Sudirman 2021.

Indonesia menurunkan pemain terbaiknya di Piala Sudirman 2021. Ada 11 pebulutangkis putra dan sembilan pebulutangkis putri yang akan maju berjuang.

Di sektor tunggal putra ada trio Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rustavito. Kemudian di ganda putra ada Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang siap menunjukkan tajinya.

Selanjutnya peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan memperkuat sektor ganda putri.

Berikut daftar pebulutangkis putra yang akan memperkuat tim Indonesia di Piala Sudirman 2021:

Berikut daftar pebulutangkis putri yang akan memperkuat tim Indonesia di Piala Sudirman 2021:


2. Prediksi Indonesia di Piala Sudirman 2021

Latihan perdana tim Indonesia jelang Piala Sudirman ke-17.

Denmark diprediksi akan menjadi lawan Indonesia yang merepotkan di fase penyisihan grup Piala Sudirman. Dua laga perdana diprediksi akan berjalan dengan mulus. Akan tetapi jika keduanya sampai bertemu di laga penentuan juara Grup, maka pertandingan itu dipastikan akan berjalan dengan alot.

Sama seperti Indonesia, Denmark akan tampil dengan kekuatan penuh dalam turnamen yang akan dilangsungkan di Finlandia tersebut.

Peraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen masuk dalam daftar skuad Denmark. Selain itu pebulutangkis tunggal putra nomor tiga dunia, Anders Antonsen juga bisa jadi ancaman serius bagi Indonesia.

Sementara itu untuk ROC dan Kanada punya komposisi pemain yang masih beberapa level di bawah Indonesia maupun Denmark.

IndonesiaBulutangkisPiala Sudirman 2021

Berita Terkini