x

Profil Tim Piala Sudirman: Malaysia, Lee Zii Jia dkk Ingin Terbang Tinggi

Sabtu, 25 September 2021 13:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Piala Sudirman dan bendera Malaysia

INDOSPORT.COM – Malaysia menjadi salah satu negara peserta Piala Sudirman 2021. Berikut ini profil negara peserta Piala Sudirman 2021, Malaysia.

Turnamen lambang supremasi bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, akan segera bergulir tepatnya pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Awalnya, kota Suzhou, China ditunjuk sebagai tuan rumah. Namun peraturan ketat pemerintah China terkait pandemi COVID-19, tidak memungkinkan turnamen digelar di sana.

Baca Juga
Baca Juga

Alhasil, BWF memutuskan menunjuk kota Vantaa, Finlandia, menggantikan China sebagai tuan rumah turnamen dua tahunan ini.

Piala Sudirman 2021 sendiri akan menjadi turnamen ke-17 ajang bergengsi ini sejak pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989.

Bila dibandingkan dengan edisi sebelumnya yang mengundang 32 kontestan, pada edisi kali ini hanya akan ada 16 tim yang bertanding dan terbagi ke dalam empat grup berbeda.

Malaysia termasuk salah satu dari 16 tim yang bertanding itu. Mereka tergabung di grup B bersama dengan Chinese Taipei, Korea  Selatan dan Jerman.

1. Rekam Jejak

Malaysia sudah mengikuti Piala Sudirman sejak pertama kali diadakan pada tahun 1989. Sayangnya, Malaysia lebih banyak menjadi pelengkap. 

Pada keikutsertaan pertama, Malaysia hanya tergabung di Grup 2. Malaysia baru masuk ke Grup 1 saat Piala Sudirman 1999 di Copenhagen, Denmark. 

Tetapi Malaysia harus kembali degradasi ke Grup 2, hingga akhirnya kembali lagi ke Grup 1 pada Piala Sudirman 2007 di Glasgow, Skotlandia. 

Prestasi tertinggi Malaysia adalah menjadi semifinalis pada Piala Sudirman 2009. Itu adalah pertama kali, dan satu-satunya penampilan Malaysia di babak semifinal.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara di Piala Sudirman 2019, Malaysia berakhir di babak perempatfinal. Langkah mereka terhenti di tangan tim Jepang, 0-3.

Malaysia belum pernah menjadi juara, bahkan belum pernah mencapai final. Malaysia tentu saja ingin terbang lebih tinggi lagi daripada babak semifinal, namun belum tercapai hingga kini. 


1. 2. Skuat dan Sektor Unggulan

Lee Zii Jia

Malaysia dipastikan menurunkan 18 wakilnya di Piala Sudirman. Sebagian besar para pemain ini masih muda dan bakal merasakan debut di kompetisi turnamen beregu campuran di Vantaa.

Tunggal putra juara All England 2021 Lee Zii Jia dan ganda putra peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo yakni Aaron Chia/Soh Wooi Yik akan menjadi ujung tombak tim karena pengalaman mereka di ajang Piala Sudirman 2019 lalu.

Selain Zii Jia dan Aaron/Soh, ini akan menjadi pertama kalinya bagi semua pemain pria lainnya di dua turnamen besar. Adapun kompetisi wanita, ini juga yang pertama untuk semua kecuali Lee Meng Yean dan S. Kisona.

Malaysia membawa pebulutangkis muda berusia 18 tahun yang tengah naik daun, yakni Karupathevan Letshanaa. Dia akan menjadi pelapis unggulan pertama tunggal putri yakni Kisona yang saat ini berada di ranking 53 BWF.

Negeri Jiran juga membawa ganda putra yang baru saja menjuarai Polish Open 2021 dan Spanish International 2021, yakni pasangan Man Wei Chong-Kai Wun Tee.


Selengkapnya, berikut ini skuat Malaysia di Piala Sudirman:

Pria

  1. Lee Zii Jia (MS)
  2. Ng Tze Yong (MS)
  3. Aidil Sholeh (MS)
  4. Aaron Chia (MD)
  5. Soh Wooi Yik (MD)
  6. Man Wei Chong (MD)
  7. Tee Kai Wun (MD)
  8. Hoo Pang Roon (XD)
  9. Chen Yang Jie (XD)

Wanita

  1. Selvaduray Kisona (WS)
  2. Eoon Qi Xuan (WS)
  3. K Letshanaa (WS)
  4. Pearly Tan (WD)
  5. Mutalitharan Thinaah (WD)
  6. Teo Mei Xing (WD)
  7. Yap Ling (XD)
  8. Yeah Yee See (XD)
  9. Peck Yen Wei (XD)

2. 3. Prediksi

Piala Sudirman dan bendera Malaysia

Absennya sejumlah pebulutangkis papan atas di Piala Sudirman 2021 tak membuat tim Malaysia memasang target tinggi.

Direktur kepelatihan nasional Wong Choong Hann masih menetapkan target perempatfinal untuk timnya kali ini.

“Kami tahu ada beberapa pemain top yang tak akan ikut bertanding, dan kami akan memaksimalkan kesempatan itu jika ada peluang. Namun untuk sekarang, kami akan memenuhi target kami dulu,” tuturnya, dikutip dari Stadium Astro.

Malaysia sendiri tergabung di Grup D Piala Sudirman 2021 bersama Jepang, Inggris, dan Mesir. Jepang dan Inggris memang tak datang dengan kekuatan penuh, tapi kemungkinan besar mereka masih akan sanggup menyulitkan Malaysia.

Jepang masih diperkuat para pemain top seperti Kento Momota, Nozomi Okuhara/Akane Yamaguchi, serta Mayu Matsutomo dan Wakana Nagahara.

Sementara tim Inggris yang berisi mayoritas tim muda juga bisa jadi rintangan. Mereka memiliki ganda putri Lauren Smith/Chloe Birch serta ganda campuran Marcus Ellis/Lauren Smith.

MalaysiaprofilBulutangkisBerita BulutangkisPiala Sudirman 2021

Berita Terkini