x

4 Negara Bertabur Bintang di Piala Sudirman 2021

Senin, 27 September 2021 15:25 WIB
Editor: Juni Adi
Ironi Indonesia dan Piala Sudirman, lahir di Jakarta, besar di tanah asing. Foto: BWF

INDOSPORT.COM - Empat negara ini membawa kekuatan terbaiknya di Piala Sudirman 2021, yang berisi para pebulutangkis berstatus bintang penuh pengalaman untuk meraih gelar.

Turnamen bulutangkis beregu yang cukup bergengsi di dunia, Piala Sudirman 2021 telah dimulai pada Minggu, 26 September 2021 dan akan selesai juga pada hari Minggu, 03 Oktober 2021 mendatang.

Total ada 16 negara yang berpartisipasi pada Piala Sudirman 2021 edisi ke-17 ini, yang terbagi ke dalam empat grup dalam babak penyisihan, Grup A, Grup B, Grup C dan Grup D.

Baca Juga
Baca Juga

Adapun pembagian dari masing-masing grup adalah Grup A; China, Thailand, India, dan tuan rumah Finaldia. Grup B; Taiwan, Jerman, Korea Selatan, Tahiti. Grup C; Indonesia, Denmark, Kanada, Rusia. Grup D; Mesir, Inggris, Jepang dan Malaysia.

Sejumlah negara telah memainkan laga perdananya di babak penyisihan grup. Hasilnya, tidak begitu mengejutkan karena kemenangan masih didominasi negara-negara kuat.

Seperti dari Grup A, China memuncaki klasemen usai membantai Finlandia 5-0. Diikuti oleh Thailand di urutan ke-2, usai menang 4-1 atas India.

Di Grup B, Taiwan memimpin berkat kemenangan telak 5-0 atas Tahiti. Diikuti oleh Jerman dan Korsel di urutan ke-3 dan ke-4 karena kedua tim bermain imbang 1-1.

Pertandingan di hari pertama ditutup oleh Grup C. Indonesia menang... atas Rusia, sementara Denmark juga menang... atas Kanda. Hasil itu membuat Indonesia saat ini memuncaki klasemen sementara di Grup C, diikuti oleh... 

Dengan hasil-hasil tersebut membuktikan negara-negara kuat membawa skuad terbaiknya. Tercatat ada empat negara bertabur bintang yang dibawa ke Finlandia untuk Piala Sudirman 2021 ini, siapa saja?


1. China

Tim bulutangkis Malaysia Piala Sudirman Cup

China sebagai negara yang paling banyak mengoleksi gelar Piala Sudirman, tahun ini membawa skuad campuran senior dan junior, guna memberikan jam terbang dan menjalankan regenerasi.

Tim Negeri Tirai bambu membawa dua wakil peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, yakni tunggal putri Chen Yu Fei dan ganda campuran Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Sedangkan di sektor tunggal putri, Chen Yu Fei akan diperkuat oleh He Bing Jiao dan Wang Zhi Yi yang berusia 21 tahun. 
Andalan ganda putra Li Jun Hui/Liu Yu Chen belum masuk dalam skuad pemain, namun China masih memiliki talenta lainnya, termasuk Liu Cheng, Feng Yan Zhe, He Ji Ting, dan Tan Qiang.

Baca Juga
Baca Juga

Jepang

Jepang tidak membawa ganda putra andalannya, Takeshi Kamura, Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo di Piala Sudirman 2021 ini.

Sebagai gantinya, mereka akan bertumpu pada pasangan yang menjadi runner-up Kejuara Dunia, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi serta Akira Koga/Taichi Saito.

Selain itu, Jepang juga bakal diperkuat oleh sejumlah pemain bintang lainnya, seperti Kento Momota, Nozomi Okuhara, Akane Yamaguchi, Mayu Matsumoto, Wakana Nagahara, Yuta Watanabe, dan Arisa Higashino.

Indonesia

Indonesia berambisi merebut gelar juara Piala Sudirman 2021 ini, setelah terakhir kali memenangkannya pada tahun 1989. 

Hal tersebut membuat PBSI mayoritas membawa para pemain berpengalaman seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gidoen, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Peraih emas Olimpiade Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan memimpin tim ganda putri, yang juga diperkuat oleh Siti Fadia Silva/Ribka Sugiarto. 

Peraih perunggu Olimpiade Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito memperkuat tim tungga putra. 

Sementara Putri Kusuma Wardani yang berusia 19 tahun dan rekan sesama remaja Ester Nurumi Tri Wardoyo akan mendukung Gregoria Mariska Tunjung pada sektor tunggal putri. 

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan memikul tanggung jawab di nomor ganda campuran.

Baca Juga
Baca Juga

Denmark

Denmark juga datang ke Finlandia dengan kekuatan terbaiknya. Mereka akan dipimpin oleh peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, Viktor Axelsen.

Axelsen akan didukung oleh pemain top lainnya, seperti Mia Blichfeldt (tunggal putri), Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen (ganda putra).

Sara Thygesen dan Maiken Fruergaard ( ganda putri), serta Mathias Christiansen dan Alexandra Boje (ganda campuran).

JepangIndonesiaChinaDenmarkMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKento MomotaKevin Sanjaya/Marcus GideonTRIVIABulutangkisPiala Sudirman 2021

Berita Terkini