x

Bendera Merah Putih Belum Bisa Berkibar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021

Selasa, 7 Desember 2021 17:36 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Bendera Merah Putih dipastikan belum bisa berkibar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021 karena kasus WADA. 

Indonesia diketahui mendapat sanksi dari Badan Antidoping Dunia (WADA) karena tidak patuh dalam memenuhi program tahun 2021.

Imbasnya yaitu atlet Indonesia dilarang mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional. Pada saat tim bulutangkis sukses meraih Piala Thomas, bendera Merah Putih tidak boleh dikibarkan. 

Baca Juga
Baca Juga

Alhasil, bendera yang berkibar ialah bendera Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Kini para pebulutangkis Indonesia akan mengikuti turnamen pamungkas 2021, yaitu Kejuaraan Dunia. 

Turnamen tersebut akan dilangsungkan di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember mendatang, yang diikuti oleh para pebulutangkis dari berbagai belahan dunia.

Di ajang ini, Indonesia juga dipastikan tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih. Hal itu diungkap oleh Kasubid Hubungan Luar Negeri PB PBSI, Bambang Rudianto di akun Twitternya.

"Di WC Huelva, Bendera PBSI yang dipakai," tulis Bambang Rudianto.

Indonesia sendiri akan menurunkan kekuatan penuh dengan mengirimkan 16 wakilnya yang tersebar di sektor tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran.


1. Skuat Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan Saat Menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019.

Tim Garuda akan mengirimkan empat wakil andalannya di sektor tunggal putra yang terdiri dari Anthony Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito dan Tommy Sugiarto.

Begitu juga pada sektor ganda putra yang menjadi tumpuan andalan Indonesia, dengan mengirimkan empat pasangan andalannya.

Ialah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan yang terakhir ialah pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sedangkan di ganda campuran, terdapat dua nama lain yang akan tampil yakni Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdinansyah/Serena Kani.

Di ganda putri ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, sementara tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan.

Bendera Indonesia Tak Berkibar di Piala AFF

Sebelumnya, dipastikan bahwa bendera Merah Putih tidak bisa berkibar di ajang Piala AFF 2020 yang diikuti Timnas Indonesia. 

Seperti di Piala Thomas-Uber dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis, kemungkinan Indonesia hanya akan bisa mengibarkan bendera PSSI di Piala AFF 2020.

Selain Indonesia, Thailand yang juga mendapatkan hukuman dari WADA karena kegagalan untuk sepenuhnya menerapkan Kode Anti-Doping 2021 membuat War Elephants juga hanya bisa mengibarkan bendera Federasi Sepak Bola Thailand di Piala AFF.

Kevin Sanjaya/Marcus GideonWorld Anti Doping Agnecy (WADA)Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini