x

Kaleidoskop Tenis 2021: Misi Besar Novak Djokovic yang Ternyata Gagal

Kamis, 30 Desember 2021 14:43 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut kaleidoskop tenis 2021, yang menyajikan banyak kejadian menarik, termasuk sepak terjang Novak Djokovic.

INDOSPORT.COM - Berikut kaleidoskop tenis 2021, yang menyajikan banyak kejadian menarik, mulai dari sepak terjang Novak Djokovic sampai popularitas Emma Raducanu yang melejit.

Novak Djokovic

Momen pertama yang menjadikan 2021 tahun hebat untuk dunia tenis adalah perjalanan Novak Djokovic meraih Golden Slam, gelar yang sangat sulit didapat oleh siapa pun pemain di muka bumi ini.

Ya, memenangkan empat Grand Slam sekaligus memang sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, apalagi jika ditambah satu medali emas Olimpiade yang akan menjadikan sang petenis mencapai Golden Slam.

Baca Juga
Baca Juga

Pada bulan Januari 2021, Novak Djokovic memenangkan Australian Open, agenda pertama Grand Slam tahunan yang biasanya digelar saat awal tahun.

Kemudian, ia secara beruntun memenangkan French Open pada bulan Mei dan Wimbledon pada bulan Juli. Naun sayang, langkahnya mengejar Golden Slam harus sampai di sini.

Bertanding di Olimpiade Tokyo, ia harus takluk dari Alexander Zverev saat berlaga di partai puncak. Lalu di US Open pada bulan September, seorang Novak Djokovic juga kandas di tangan Daniil Medvedev.

Baca Juga
Baca Juga

Popularitas Emma Raducanu

Selain sepak terjang Novak Djokovic yang begitu mengkilap sepanjang 2021, salah satu momen lain yang paling menyita publik adalah nama Emma Raducanu yang naik daun. Namun tidak ada asap jika tidak ada api, kan?

Emma Raducanu jadi pusat perhatian berkat penampilannya di US Open, yang berhasil mencapai final bersama rekannya sesama petenis muda, Leylah Fernandez.

Setelah itu, segala gerak-geriknya pun sering jadi konsumsi publik, dan popularitasnya meroket tajam. Ia mendapat banyak ucapan selamat dari tokoh-tokoh terkenal, bahkan sempat bermain tenis dengan Duchess of Cambridge, Kate.


1. Kejadian Lain Selama 2021

Naomi Osaka punya masalah dengan mental saat memutuskan mundur dari French Open 2021.

Kesehatan Mental Naomi Osaka

French Open 2021 yang digelar pada pertengahan 2021 juga membawa cerita tersendiri bagi Naomi Osaka yang memilih mundur untuk mengistirahatkan mentalnya yang kelelahan.

Keputusan ini ia ambil setelah sempat mangkir dari sesi jumpa pers yang berujung denda. Ia bahkan mendapat ancaman tidak bisa bertanding di turnamen-turnamen Grand Slam apabila terus-terusan menghindari media.

Olimpiade Tokyo

Ajang multi-event olahraga terbesar di dunia untuk edisi 2020 akhirnya digelar di Tokyo, Jepang, tahun ini setelah tersendat akibat pandemi virus corona.

Meski digelar dalam kondisi pandemi, pesta olahraga musim panas ini tetap berlangsung dengan meriah. Adapun bintang untuk cabor tenis di Olimpiade Tokyo adalah Alexander Zverev dan Belinda Bencic yang sukses meraih medali emas di nomor tunggal.

Pekan Olahraga Nasional

Tim tenis Jawa Timur tampil perkasa di PON XX Papua 2021 yang digelar pada 2 sampai 15 Oktober lalu. Tidak tanggung-tanggung, mereka memborong tujuh medali emas yang diperebutkan di nomor tunggal, ganda, dan beregu.

Pencapaian inilah yang membuat Aldila Sutjiadi, Beatrice Gumulya, Christopher Rungkat, dan kawan-kawan dari kontingen Jawa Timur tampil sebagai juara umum tenis PON XX Papua 2021.

Peng Shuai

Pada bulan November lalu, dunia tenis jadi geger karena kabar petenis China, Peng Shuai, mengaku dipaksa berhubungan badan dengan mantan pejabat bernama Zhang Gaoli.

Setelah kabar itu menyeruak, Peng Shuai juga sempat menghilang bak ditelan bumi. Sampai akhirnya, ia muncul dalam kondisi baik-baik saja, namun justru mengatakan bahwa ia sama sekali tidak pernah membuat tuduhan tersebut.

ATP Finals

Nitto ATP Finals digelar di Turin, Italia, pada 14 sampai dengan 21 November 2021. Alexander Zverev tampil sebagai pemenang untuk nomor tunggal putra setelah mengalahkan Daniil Medevedev di partai final.

Novak DjokovicAlexander ZverevTenisBerita TenisEmma Raducanu

Berita Terkini