x

Menebak Alasan Lee Zii Jia Keluar dari BAM, Minder dengan Prestasi Lee Chong Wei?

Rabu, 19 Januari 2022 19:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis tunggal putra, Lee Zii Jia, masih tutup mulut meski dilaporkan resmi keluar dari pelatnas BAM. Apakah ini karena dirinya enggan dibandingkan dengan Lee Chong Wei?

Melansir dari media di Negeri Jiran, Astro Arena, di akun Instagram-nya, Lee Zii Jia telah resmi bukan lagi atlet nasional BAM dan akan melanjutkan kariernya sebagai profesional per Rabu (19/01/22).

Baca Juga
Baca Juga

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari pebulutangkis no. 7 dunia itu mengenai alasannya pergi dan juga konfirmasi dari BAM sendiri.

Sehari sebelumnya, Lee Zii Jia memang sempat ditanyai kepastian dirinya hengkang. Namun, Lee Zii Jia tidak membenarkan atau pun membantah rumor tersebut.

“Bukan tempat saya untuk mengomentari masalah ini. Jika ada pengumuman, itu akan datang dari BAM,” ujar Lee Zii Jia dilansir dari NST.

“Sebagai pemain, saya ingin bermain dan tampil, untuk menghasilkan hasil dan membuat negara saya bangga,” lanjutnya.

“Jika saya seorang pemberontak, Anda tidak akan melihat saya di pusat pelatihan ini hari ini (kemarin).”

Lebih lanjut, atlet kelahiran Kedah ini juga menegaskan bahwa dirinya jangan dibandingkan dengan mantan nomor 1 dunia Lee Chong Wei.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti diketahui, Lee Chong Wei dengan segudang prestasinya hingga akhir kariernya selama 20 tahun tetap setia bekerja di bawah bendera BAM.

“Pertama, saya bukan Lee Chong Wei. Apa yang telah dia capai sama sekali berbeda dengan saya,” tandasnya.


1. Prestasi Lee Chong Wei vs Lee Zii Jia

Pebulutangkis asal Malaysia Lee Zii Jia dan Lee chong Wei.

Pernyataan Lee Zii Jia ini nampaknya mengisyaratkan bahwa dirinya memang tidak bahagia menjadi atlet nasional. Terlebih beban di pundaknya begitu besar untuk dituntut bisa menyamai pendahulunya Lee Chong Wei.

Lee Chong Wei, legenda bulutangkis Malaysia ini mengoleksi banyak prestasi dan rekor semasa masih aktif bermain. Total, 69 gelar telah berhasil diraihnya dari kurun tahun 2000-2019. 

Sementara Lee Zii Jia belum menunjukkan penampilan yang stabil sepanjang 2021 lalu. Usai juara All England, penampilannya masih naik-turun. Di Olimpiade 2020, ia malah tersingkir di babak 16 besar.

Namun, hal ini bukanlah ukuran yang tak pantas untuk dibandingkan. Usia Lee Zii Jia masih sangatlah muda dan jalan kariernya masih panjang untuk bisa membuktikan kualitasnya meraih gelar demi gelar di masa depan.  

Saat ini, Lee Zii Jia masih berlatih bersama para pemain elite Malaysia lainnya. Grup ini absen di India Open dan Syed Modi International 2022 yang kini sedang berlangsung.

Nantinya Zii Jia dkk akan kembali berjuang di Badminton Asia Team Championships yang akan berlangsung di Shah Alam, Malaysia, pada 15-20 Februari 2022 nanti.  Turnamen ini juga akan menjadi kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber pada Mei mendatang.

Lee Chong WeiMalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini