x

Pesona Eks Pebulutangkis Cai Yun, Makin Tua Makin Menawan

Sabtu, 5 Maret 2022 16:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Umur sudah menginjak 42 tahun, pesona mantan atlet bultuangkis ganda putra asal China, Cai Yun, justru kian menawan hari para penggemarnya.

INDOSPORT.COM –  Umur sudah  menginjak 42 tahun, pesona mantan atlet bultuangkis ganda putra asal  China, Cai Yun, justru kian menawan hari para penggemarnya.

Melansir media lokal China, Sohu, Cai Yun disebut kian tampak kian menawan. Hal itu lantaran para penggemarnya membahas penampilan terbaru Cai Yun dalam sebuah penghargaan.

Ya. tepatnya pada 16 Juni 2021 lalu, di mana Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memilih  tiga legenda bulutangkis China untuk mengisi BWF Hall of Fame 2021.

Baca Juga
Baca Juga

Mereka adalah Zhang Ning, Cai Yun, dan Fu Haifeng. Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer Larsen menilai jika ketiga legenda bulutangkis China itu telah berjasa luar biasa dalam perkembangan bulutangkis dunia.

“Zhang Ning, Cai Yun, dan Fu Haifeng adalah tokoh ikonik di beberapa tahun terakhir. Mereka bermain di level yang tertinggi, dan membantu mereka menerangi setiap gelar utama dalam bulutangkis,” komentar Poul-Erick Hoyer Larsen melansir laman BWF.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya mengucapkan selamat kepada mereka yang memasuki BWF Hall of Fame yang merupakan pengakuan yang layak untuk mereka,” ujarnya.

Awalnya Cai Yun sebenarnya berencana untuk menghadiri pelatihan resmi dari BWF. Namun karena dampak pandemi Covid-19, pebulutangkis kelahiran Suzhou itu hanya bisa berpartisipasi secara online.

Menariknya, saat berpartisipasi online tersebut, Cai Yun tetap gagah dengan setelan jas hitam dan kemeja putih. Penampilannya seolah menjelma jadi aktor ternama.


1. Dicintai Penggemar

Legenda bulutangkis ganda putra China, Cai Yun, memiliki banyak penggemar hingga saat ini.

Media Sohu juga menyebut , meski umurnya sudah berkepala 4, Cai Yun terlihat seperti anak muda, begitu menawan, dan mempesona.

Hal itu seolah mengisyaratkan jika kharismatik Caiyun tak pernah memudar meski dirinya sudah lama memutuskan gantung raket pada 2016.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan sejak masih aktif menjadi atlet bulutangkis China, Cai Yun selalu saja malu apabila ada para penggemar yang memuji ketampanannya.

“Saya sangat dicintai banyak penggemar dan penonton. Terima kasih atas dukungan Anda selalu,” ucap Cai Yun melansir laman Sohu.

Baca Juga
Baca Juga

Unggahan Cai Yun di media sosial Weibo saat dirinya menghadiri pelantikan BWF Hall of Fame 2021 lalu. Banyak komentar bertebaran di media sosial.

“Saya sangat menyukai Cai Yun, saya suka melihatnya bermain.”

“Cai Yun sangat bagus.”

dan sangat tampan,dia bermain dengan baik.”


2. Punya Pusat Pelatihan Bulutangkis Sendiri

Cai Yun sibuk dengan kegiatannya mengelola klub bulutangkis miliknya.

Penghargaan BWF Hall of Fame 2021 yang diberikan Cai Yun berkaitan erat dengan prestasi sensasional Cai Yun di sektor ganda putra.

Betapa tidak. Cai Yun dan pasangannya, Fu Haifeng, adalah salah satu mantan ganda putra terbaik di dunia. Pada periode September 2006, duet Cai Yun/Fu Haifeng  menempati  ranking 1 dunia.

Pada ajang Olimpiade, Cai Yun/Fu Haifeng adalah peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008 dan peraih medali emas Olimpiade London 2012.

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, duet keduanya sempat berpisah. Sebelum pensiun pada 2016, Cai Yun sempat berpasangan dengan Lu Kai. Sedangkan Fu Haifeng sempat dipasangkan dengan Zhang Nan untuk partisipasi terakhirnya di Piala Sudirman 2017.

Kini, Cai Yun sibuk dengan kegiatannya mengelola klub bulutangkis untuk membantu mengasah bibit-bibit muda potensial di bidang tepok bulu itu.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam wawancara bersama CGTN, Cai Yun menceritakan soal kondisi pusat latihannya yang banyak menerima murid-murid perempuan.

“Kami punya banyak murid perempuan di pusat latihan bulutangkis kami. Para orang tua menyukai bulutangkis karena di olahraga ini tak ada sentuhan badan, jadi cedera kemungkinannya lebih sedikit. Jadi itu menarik terutama untuk para perempuan,” beber Cai Yun.

BulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Cai YunCai Yun/Fu Haifeng

Berita Terkini