x

3 Kuda Hitam Miami Open, Ada The Next Rafael Nadal dan 'Penghancur' Daniil Medvedev

Sabtu, 2 April 2022 10:34 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Carlos Alcaraz Garfia saat berlaga di Miami Open 2022. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

INDOSPORT.COM - Turnamen tenis Miami Open 2022 telah memasuki fase semifinal baik  kategori putra maupun putri.

Sejak resmi bergulir pada 21 Maret lalu, turnamen level 1000 tersebut sudah menelurkan banyak kontestan dengan status kuda hitam, mulai dari nama yang kurang familier hingga ‘penghancur’ Daniil Medvedev.

Baca Juga

Sebagai informasi, untuk agenda Miami Open 2022 hari ini, 2 April, telah selesai pertandingan tunggal putra antara Hubert Hurkacz vs Carlos Alcara Garfia dan Francisco Cerundolo vs Caper Ruud di fase semifinal.

Jika mendengar empat nama tersebut, praktis hanya Casper Ruud yang berada di daftar enam besar unggulan, sedangkan Hubert Hurkacz menyusul satu strip di bawahnya.

Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa semifinal tunggal putra Miami Open kali ini memang tidak diisi nama-nama super populer sepert Daniil Medvedev, Alexander Zverev, atau Stefanos Tsitsipas.

Baca Juga

Untuk itu, mari sedikit mengulas tiga petenis putra kuda hitam di turnamen lapangan keras Florida ini, beserta langkah mereka hingga ke semifinal.

Francisco Cerundolo

Meski langkahnya terhenti di semifinal usai dikandaskan Casper Ruud 6-4, 6-1, Sabtu (02/04/22), petenis asal Argentina ini sudah menggebrak panggung Miami Open 2022 dengan menginjakkan kaki di empat besar.

Bagaimana tidak? Ia adalah petenis putra dengan ranking terendah di Miami Open edisi kali ini, yakni ranking 103 dunia.

Baca Juga

Jangankan di edisi 2022, Francisco Cerundolo adalah kontestan dengan ranking terendah sepanjang sejarah turnamen ini sejak tahun 1985. demikian menurut catatan resmi dari ATP.

Sebelumnya, predikat ranking terendah sebelum dirinya adalah Sebastien Grosjean pada 1999. Saat itu, ia menyandang peringkat 74 dunia.


1. Ada The Next Rafael Nadal

Carlos Alcaraz Garfia saat berlaga di Miami Open 2022. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports via REUTERS.

Francisco Cerundolo mencapai semifinal Miami Open 2022 setelah melewati hadangan Jannik Sinner yang walkover di perempat final tempo hari.

Namun sayang kini pencapaiannya yang sangat lumayan ini harus terhenti di tangan Casper Ruud. Meski begitu, perjuangan seorang Francisco Cerundolo tetap layak diacungi jempol.

Baca Juga

Carlos Alcaraz Garfia

Selanjutnya, ada petenis muda asal Spanyol yang sedang naik daun belakangan ini, Carlos Alcaraz Garfia.

Ia pun sukses mencapai semifinal Indian Wells 2022 namun sayang perjuangannya dikandaskan oleh Rafael Nadal.

Akan tetapi, satu hal yang membuat Carlos Alcaraz Garfia spesial di gelaran Miami Open kali ini adalah keberhasilannya mengandaskan salah satu petenis unggulan, Stefanos Tsitsipas.

Baca Juga

Rekan senegara Rafael Nadal yang berusia 18 tahun tersebut membekuk Stefanos Tsitsipas di fase 16 besar dengan skor 7-5, 6-3, beberapa hari lalu.

Langkahnya pun tidak terbendung sampai partai puncak tunggal putra usai menyingkirkan Miomir Kecmanovic di perempat final dan Hubert Hurkacz dan semifinal.

Kini, tiba saatnya bagi Carlos Alcaraz Garfia untuk menebus dosa kegagalannya di Indian Wells 2022, meski yang ia lawan saat itu adalah Rafael Nadal.

Baca Juga

Di final Miami Open besok Senin (04/04/22) dini hari WIB, Carlos Alcaraz Garfia akan menghadapi wakil Norwegia yang cukup tangguh, Casper Ruud.

Apakah calon penerus Rafael Nadal tersebut akan berhasil dalam misinya menekuk Casper Ruud, yang notabene unggulan keenam di turnamen ini?


2. Lalu 'Penghancur' Daniil Medvedev

Daniil Medvedev kandas di Miami Open 2022, gagal kudeta ranking satu dunia lagi. Foto: Lintao Zhang/Getty Images.

Hubert Hurkacz

Saatnya membahas sang ‘pengancur’ Daniil Medvedev, Hubert Hurkacz, yang sayangnya harus angkat koper lebih cepat di Miami Open 2022.

Petenis asal Polandia ini ditekuk Carlos Alcaraz Garfia di laga semifinal dengan skor 7(7)-6(5), 7(7)-6(2), Sabtu (02/04/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Meski gagal meraih tiket ke final, Hubert Hurkacz nampaknya sudah bisa berbangga lantaran berhasil menendang Daniil Medvedev keluar dari turnamen.

Ia menumpas perlawanan sang rival berat di partai perempat final dengan 7(9)-6(7), 6-3. Sebuah gebrakan yang cukup lumayan, mengingat Daniil Medvedev tengah berjuang meraih kembali gelar ranking 1 dunia.

Seperti diketahui, petenis Rusia yang terpaksa berkompetisi dengan bendera netral tersebut baru saja turun takhta setelah sempat berkuasa di puncak ranking.

Baca Juga

Dengan kekalahan di Miami Open dari Hubert Hurkacz, Daniil Medvedev nampaknya harus ikhlas posisinya gantian dikudeta oleh Novak Djokovic.

Rekap Miami Open 2022

Tunggal Putra

Final - Senin (04/04/22)

Carlos Alcaraz Garfia vs Casper Ruud

Baca Juga

Tunggal Putri

Final - Minggu (03/04/22)

Naomi Osaka vs Iga Swiatek

Ganda Putra

Final - Minggu (03/04/22)

Wesley Koolhof/Neal Skupski vs John Isner/Huber Hurkacz

Ganda Putri

Final - TBA

Elis Mertens/Veronika Kudermetova vs Laura Siegemund/Vera Zvonareva

Miami OpenDaniil MedvedevTenisBerita Tenis

Berita Terkini