x

Lee Yong-dae di Korea Masters: 6 Gelar dari 4 Partner Berbeda, Tambah Lagi Tahun Ini?

Kamis, 14 April 2022 11:13 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Lee Yong-dae tercatat sukses meraih 6 gelar dengan 4 partner berbeda di Korea Masters. Bisakah ia meraih gelar ketujuh dengan partner kelima tahun ini? (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COMLee Yong-dae tercatat sukses meraih 6 gelar dengan 4 partner berbeda di Korea Masters. Bisakah ia meraih gelar ketujuh dengan partner kelima tahun ini?

Dunia bulutangkis kini tengah diramaikan oleh gelaran Korea Masters 2022. Ajang berlevel BWF World Tour Super 300 itu digelar di kota Gwangju, 12-17 April 2022.

Baca Juga

Ajang ini sendiri bukanlah turnamen bulutangkis yang ramah bagi pebulutangkis Indonesia. Tercatat sejak pertama kali digelar pada 2007, belum ada satu pun pebulutangkis Tanah Air yang jadi juara.

Tim bulutangkis Indonesia sendiri hanya mengirim kontingen kecil di gelaran kali ini, yakni 5 pasangan ganda. Jumlah ini hanya separuh dari kontingen di Korea Open yang digelar pekan lalu.

Tiga wakil berasal dari ganda putra yakni Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga

Sementara itu, dua wakil lainnya berasal dari ganda campuran yakni Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sayangnya, dari jumlah itu, tiga wakil langsung gugur di babak pertama alias 32 besar Korea Masters 2022 ini.

Berstatus unggulan 7, Adnan/Mychelle langsung kandas di hari pertama pada Selasa lalu, dari pasangan tuan rumah Shin Tae-yang/Chang Ye-na 21-19-21-18.

Baca Juga

Sementara itu, Pramudya/Yeremia yang jadi unggulan 3 juga ditumbangkan non unggulan yakni Tan Kiang Meng/Tan Wee Kiong dari Malaysia dengan 2 set langsung.

Langkah Pramudya/Yeremia diikuti Leo/Daniel yang juga dikandaskan pasangan non unggulan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi lewat rubber game. Dengan situasi ini, hanya tersisa Bagas/Fikri dan Rinov/Pitha di babak 16 besar.


1. 6 Gelar, 4 Partner, 2 Nomor

Ganda putra Korea Selatan Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong.

Tuan rumah Korea Selatan sendiri terbilang sangat mendominasi perolehan gelar di sepanjang sejarah gelaran Korea Masters.

Tercatat, ada 55 gelar yang pernah dimenangi kontingen Negeri Ginseng tersebut. Jumlah tersebut lebih dari 10 kali lipat torehan gelar China dan Jepang yang berada di posisi kedua dengan 4 gelar.

Baca Juga

Sejumlah pebulutangkis tuan rumah pun tercatat memenangi lebih dari satu gelar di Korea Masters. Namun, catatan unik ditorehan oleh bintang ganda putra Korea, Lee Yong-dae.

Bagaimana tidak pebulutangkis berusia 33 tahun itu tercatat 6 kali menjadi juara di Korea Masters. Istimewanya, kelima gelar itu diraih bersama 4 partner yang berbeda di 2 nomor.

Gelar pertama bagi Lee Yong-dae datang di tahun 2008 alias tahun kedua penyelenggaraan Korea Masters. Berduet dengan Jung Jae-sung, Lee Yong-dae berhasil menjadi juara di nomor ganda putra.

Baca Juga

Gelar kedua dan ketiga datang sekaligus pada tahun berikutnya. Di ganda putra, Lee Yong-dae/Jung Jae-sung kembali menjadi juara.

Menariknya, di Korea Masters 2009 itu Lee Yong-dae juga turun di ganda campuran  dengan Lee Hyo-jung. Duet itu pun juga berhasil meraih gelar, sehingga Lee Yong-dae tercatat memenangi 2 gelar Korea Masters dalam satu edisi.

Tahun berikutnya pada 2010, duet Lee Yong-dae/Jung Jae-sung kembali menjadi juara dengan mengalahkan Ko Sung-hyung/Yoo Yeon-seong, yang menjadikan Lee/Jung pebulutangkis pertama yang meraih gelar 3 tahun beruntun di Korea Masters.

Baca Juga

Jeda satu tahun kemudian, legenda hidup bulutangkis Korea Selatan itu kembali menjadi juara ganda putra. Namun, kali ini ia melakukannya bersama partner baru Ko Sung-hyung yang ia kalahkan di final 2010.

Gelar terakhir Lee Yong-dae datang 2 tahun kemudian pada 2012, lagi-lagi lewat ganda putra. Uniknya, ia memenanginya dengan partner yang berubah lagi yakni Yoo Yeon-seong.


2. Berpeluang Raih Gelar Ketujuh Bersama Partner Kelima

Logo Gwangju Korea Masters 2022.

Usai meraih gelar keenamnya pada Korea Masters 2014 tersebut, Lee Yong-dae kemudian tak pernah lagi menjadi juara sampai saat ini.

Pada 2015 dan 2017 ia turun berlaga tapi gagal menjadi juara. Sementara itu, pada 2016, 2018, dan 2019 sang spesialis ganda absen sepenuhnya.

Baca Juga

Sementara itu, pandemi Covid-19 yang tengah menggila membuat Korea Masters tak diadakan pada tahun 2020 dan 2021.

Usai jeda 2 tahun itu, Korea Masters 2022 pun akhirnya digelar pada bulan April ini. Lee Yong-dae pun kembali turun di setelah penampilan terakhirnya di ajang ini 5 tahun yang lalu.

Menariknya, ia kembali berlaga dengan partner yang berbeda. Kali ini, pebulutangkis veteran itu tampil bersama Kim Jae-hyeon di nomor tunggal putra.

Baca Juga

Duet Lee Yong-dae/Kim Jae-hyeon sendiri merupakan pasangan baru. Korea Masters 2022  bahkan merupakan turnamen kedua mereka, setelah menjalani debut di Korea Open 2022 pekan lalu.

Namun meski berstatus sebagai ganda baru, Lee Yong-dae/Kim Jae-hyeon berhasil menunjukkan performa impresif. Di babak pertama Korea Masters 2022, Lee/Kim yang berstatus non unggulan sukses mengalahkan unggulan 6 asal China, Liu Cheng/Zhang Nan.

Kalah 18-21 set pertama, Lee/Kim merebut set kedua dengan 21-15 untuk memaksakan set ketiga. Mereka akhirnya menang usai merebut set ketiga dengan skor 21-11.

Baca Juga

Hasil ini pun membawa duet Lee Yong-dae/Kim Jae-hyeon lolos ke babak 16 besar untuk bertemu rekan senegera Kim Gi-jung/Kim Sa-rang.

Menarik ditunggu apakab di Korea Masters 2022 ini Lee Yong-dae akan mampu merebut gelar ketujuhnya dari turnamen ini, bersama Kim Jae-hyeon yang menjadi partner kelimanya.

Lee Yong DaeLee Yong-dae/Yoo Yeon-seongKorea MastersLee Yong Dae/Jung jae SungRaketBulutangkisBerita BulutangkisKorea Masters 2022

Berita Terkini