x

Drawing Badminton Asia Championship 2022: Terjal! Jonatan Christie Langsung Jumpa Musuh Bebuyutan

Sabtu, 16 April 2022 20:26 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Berikut drawing Badminton Asia Championship (BAC) 2022 di sektor tunggal putra dan ganda putra, di mana Jonatan Christie langsung ketemu seterunya dari India.

INDOSPORT.COM – Berikut drawing Badminton Asia Championship (BAC) 2022 di sektor tunggal putra dan ganda putra, di mana Jonatan Christie langsung ketemu seteru India.

Sebagai informasi, Badminton Asia Championship adalah ajang kejuaraan asia Individu, di mana setiap negara di Asia hanya boleh mengirimkan maksimal 4 wakilnya di setiap sektor.

Baca Juga

Para pebulutangkis yang bisa beraksi di Badminton Asia Championship hanya mereka yang diundang oleh Konfederasi Bulutangkis Asia atau Badminton Asia Confederation.

Ajang Badminton Asia Championship 2022 ini merupakan ajang yang sudah ditunggu-tunggu pecinta bulutangkis. Pasalnya, sudah 2 tahun lamanya hajatan tersebut absen lantaran pandemi covid-19.

Kali terakhir BAC digelar adalah 2019 silam, di mana Jepang dan China sangat mendominasi di turnamen tersebut. Sedangkan Indonesia hanya mampu jadi runner-up lewat Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon.

Baca Juga

Kali terakhir Indonesia menyabet gelar juara di turnamen tersebut terjadi 2015 silam. Dimana Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menumbangkan wakil Hong Kong Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah.

Pada Badminton Asia Championship 2022 ini,  pertandingan akan berlangsung mulai 26 April hingga 1 Mei di Manila, Filipina ini.

Beberapa pebulutangkis top di benua Asia dipastikan masuk ke dalam daftar pemain unggulan dan berpeluang merebut medali.

Baca Juga

Turnamen ini akan dilangsungkan dengan format round robin, dengan dua pebulutangkis teratas masing-masing grup berhak atas tiket perempat final Badminton Asia Championship 2022.

Pada artikel  INDOSPORT sebelumnya, telah dibahas drawing Indonesia di sektor tunggal putri dan ganda putri.  Lalu seperti apakah peluang Indonesia di sektor ganda putra dan tunggal putra? Akankah Jonatan Christie dkk mampu menyabet medali?


1. Drawing Ganda Putra dan Tunggal Putra BATC 2022

Drawing tunggal putra dan ganda putra di ajang Badminton Asia Championship 2022.

Melansir Twitter resmi @Badminton_Asia pada Jumat (15/04/22), drawing ganda putra dan tunggal putra Indonesia di Badminton Asia Championship 2022 terlihat menyeramkan.

Betapa tidak. Dimulai dari sektor tunggal putra. Indonesia menurunkan 4 pebulutangkis terbaik, yaitu Anthony Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Baca Juga

Kenyataannya, drawing Badminton Asia Championship terasa terjal bagi keempat wakil Indonesia itu. Chico Aura Dwi Wardoyo harus langsung bertemu jagoan Jepang, Kento Momota di babak pertama.

Jika mampu membuat kejutan, maka Chico Aura Dwi Wardoyo harus siap apabila bertemu dengan rising star India, Lakshya Sen, di babak ketiga.

Demikian pula dengan Anthony Ginting. Lagi-lagi jagoan Indonesia itu harus bertemu dengan pemain alot asal Thailand, Sittikom Thammasin. Kemungkinan bertemu Srikanth Kidambi pun terbuka lebar.

Baca Juga

Jonatan Christie tak kalah merana. Juara Swiss Open 2022 itu harus langsung berhadapan dengan seterunya asal India, Sai Praneeth di babak pertama. Rekor keduanya pun sama kuat 2-2.

Bahkan di pertemuan terakhir, Jonatan Christie harus takluk straight set oleh Sai Praneeth di ajang yang sama, Badminton Asia Championship 2019.

Shesar Hiren Rhustavito juga harus bertemu dengan rising star China, Sun Fei Xiang, hingga berpeluang jumpa Lee Zii Jia di babak kedua.

Baca Juga

Sama terjalnya dengan sektor tunggal putra, pada sektor ganda putra Indonesia pun demikian sama. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan langsung jumpa pasangan ulet Jepang, Hiroki Okamura/Masayuki Onodera.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu dengan M.R Arjun/Dhruv Kapila di babak pertama. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bertemu dengan wakil Jepang Lainnya, Akira Koga/Taici Saito.

Pebulutangkis Indonesia lainnya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan juga akan bertemu wakil India, Manu Attri/Reddy B.Sumeeth di babak pertama Badminton Asia Championship 2022.


2. Skuat Indonesia di Badminton Asia Championship 2022

Skuat Indonesia di ajang Badminton Asia Championship 2022.

Selain mengirimkan skuat ganda putra dan tunggal putra seperti Jonatan Christie dkk, Indonesia juga mengirimkan 3 sektor lain yang tak kalah kuat di Badminton Asia Championship 2022.

Pada sektor tunggal putri, Indonesia mengirimkan Gregoria Mariska, Putri Kusuma Wardani, Stephanie Widjaja, dan Komang Ayu Cahya Dewi.

Pada sektor ganda putri, Indonesia tanpa diperkuat Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Namun Siti Fadia akan comeback dengan Ribka Sugiarto.

Adapula Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose, dan Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro.

Serta sektor ganda campuran yang diperkuat Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti,  Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Mychelle CB, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca selengkapnya: Skuat Lengkap Indonesia di Badminton Asia Championships  

 

Jonatan ChristieBadminton Asia ConfederationBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisBadminton Asia Championships 2022

Berita Terkini