x

Throwback Jelang Piala Thomas 2022, Kevin Sanjaya Pernah Langsung Juara dengan Pasangan Dadakan

Rabu, 20 April 2022 13:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang Piala Thomas 2022 yang tak diperkuat Marcus Gideon, ada sebuah momen manis ketika pasangannya, Kevin Sanjaya, pernah berjaya dengan partner dadakan.

INDOSPORT.COM – Jelang Piala Thomas 2022 yang tak diperkuat Marcus Gideon, ada sebuah momen manis ketika pasangannya, Kevin Sanjaya, pernah berjaya dengan partner dadakan.

Kisahnya terjadi sekitar Agustus 2016 lalu. Kala itu, Kevin Sanjaya harus mendapati pasangannya di nomor ganda putra, Marcus Gideon, tertimpa cedera lutut jelang turnamen bulutangkis di Indonesia Masters 2016.

Baca Juga

Dengan kondisi demikian, Marcus Gideon harus terpaksa absen dari pentas bulutangkis demi melakukan pemulihan sebulan lamanya.

Selaku pelatih ganda putra PBSI, Herry Iman Pierngadi, berpikir untuk memasangkan Kevin Sanjaya dengan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira.

Meski baru dipasangkan, Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka mendapat tempat spesial sebagai unggulan kelima di Indonesia Masters 2016.

Baca Juga

Dengan bekal pengalaman masing-masing, Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka mencoba bermain maksimal sejak babak awal.  Hasilnya sejumlah pebulu tangkis andalan pun bertumbangan di tangan mereka.

Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka saat itu berhasil menumbangkan He Jiting/Tan Qiang pada babak pertama Indonesia Masters 2016 dengan pertarungan tiga set. 

Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka kembali diadang oleh pebulu tangkis andalan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Sangat mengagumkan ketika wakil Indonesia itu menang dua set 21-12, dan 21-15.

Baca Juga

Dominasi Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka kembali berlanjut ketika menumbangkan komptriotnya, Rian Agung Saputra/Berry Anggriawan dan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

Menembus partai puncak, Kevin Sanjaya/Wahyu Nayaka jumpa pasangan China, Heng Chengkai/Zhou Haodong. Tampil tanpa beban, mereka menorehkan gelar juara Indonesia Masters 2016 usia menang dua set langsung.


1. Kevin Sanjaya di Piala Thomas 2022

Kevin Sanjaya berpotensi diturunkan dengan siapapun di line up Piala Thomas 2022.

Kenangan manis menyabet gelar juara bersama Wahyu Nayaka di Indonesia Masters 2016, hanya satu dari kesuksesan Kevin Sanjaya selama menjadi atlet bulutangkis sektor ganda.

Dalam catatan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), sepanjang karier profesionalnya, Kevin Sanjaya pernah dipasangkan dengan 14 pemain berbeda.

Baca Juga

Terakhir, Daniel Marthin hampir menjadi pasangan ke-15 dari Kevin Sanjaya di ajang Piala Thomas 2020 lalu. Hanya saja, duet tersebut tak dimainkan karena tim Indonesia sudah unggul 3-0 atas China di final.

Terlepas dari catatan tersebut, kini kondisinya Kevin Sanjaya tengah berjaya di puncak ranking ganda putra bersama sang senior, Marcus Gideon.  

Pebulu tangkis ganda putra berjuluk ‘the minions’ itu bahkan sudah menduduki ranking satu dunia sejak 27 September 2017 hingga saat ini.

Baca Juga

Sayangnya, di perhelatan kejuaraan bulutangkis beregu putra, Piala Thomas 2022, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dipastikan tidak akan tampil. Marcus Gideon harus menjalani pemulihan pasca operasi ankle.

Pada turnamen bulutangkis yang berlangsung 8-15 Mei 2022 di Thailand itu, Indonesia menyertakan Kevin Sanjaya dalam 12 pemain yang mengisi skuat Piala Thomas 2022.

Lantas banyak spekulasi bermunculan dari netizen tentang siapakah pasangan baru Kevin Sanjaya apabila nantinya diturunkan dalam misi mempertahankan trofi Piala Thomas 2022 itu.

Baca Juga

Dalam skuat Piala Thomas 2022, Indonesia menyertakan tiga pasangan ganda putra lainnya, yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Rian Ardianto, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Semua pebulu tangkis ganda putra tersebut, memiliki kemungkinan untuk tandem dengan Kevin Sanjaya. Jika berkaca dengan sepak terjang Kevin Sanjaya, rasanya dengan siapa pun dipasangkan, diharapkan bisa berjaya.

Namun, apapun line up yang nantinya diturunkan pelatih di ajang Piala Thomas 2022, tentunya dengan satu misi mempertahankan trofi Piala Thomas 2022.


2. Update Ranking Jelang Piala Thomas 2022

Update ranking BWF jelang Piala Thomas dan Uber 2022.

Ada fakta lain selain berjaya dengan pasangan dadakan, Wahyu Nayaka, di Indonesia Masters 2016. Tak lain adalah update ranking jelang kejuaraan bulutangkis Piala Thomas dan Uber 2022. Tentu saja untuk menentukan urutan main.

Setiap tim harus mematuhi aturan yang berlaku dalam menentukan urutan main. Partai pertama hanya bisa dihuni pemain tunggal berperingkat terbaik yang diturunkan dalam pertandingan dan seterusnya.

Aturan itu berlaku untuk sektor tunggal dan ganda. Contohnya di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting menjadi pemain pertama yang dimainkan karena peringkatnya paling tinggi dibanding anggota tim Thomas Indonesia lainnya.

Pekan ini Anthony Ginting masih bertahan di peringkat lima dengan perolehan 87.567 poin. Jonatan Christie berada di pos berikutnya setelah bertengger di peringkat 8 diikuti Shesar Hiren Rhustavito yang menghuni peringkat 24 dunia.

Perubahan besar terjadi di sektor ganda putra. Pasalnya Marcus Fernaldi Gideon harus absen dari Piala Thomas 2022 karena masih dalam tahap pemulihan pascaoperasi ankle yang dilakukan di Portugal.

Kevin Sanjaya kemungkinan besar akan dipasangkan dengan pemain lain sesuai dengan strategi dan kebutuhan tim Indonesia saat pertandingan.

Baca selengkapnya: Update Ranking BWF Jelang Piala Thomas dan Uber, Acuan Penentuan Urutan Main

Piala ThomasKevin SanjayaKevin Sanjaya Sukamuljo/Wahyu Nayaka Arya PankaryaniraBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini