x

Lebih dari 200 Pekan, Deretan Pebulutangkis yang Betah di Puncak Ranking

Kamis, 21 April 2022 21:22 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Berikut ini adalah deretan pebulutangkis dunia yang menempati ranking 1 dunia lebih dari 200 pekan lamanya, ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

INDOSPORT.COM – Berikut ini adalah deretan pebulutangkis dunia yang menempati ranking 1 dunia lebih dari 200 pekan lamanya, ada Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Saat ini, bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup melejit popularitasnya. Bahkan dunia tepok bulu ini sudah menjangkau ke berbagai benua, tak hanya di beberapa negara saja.

Baca Juga

Hal itulah yang menjadikan persaingan antar atlet menjadi kian ketat. Untuk itulah, menjadi atlet ranking 1 dunia adalah sebuah berkah yang bisa dicapai oleh para atlet top dunia.

Namun, tidaklah mudah untuk menjadi atlet top dunia yang bisa menghuni ranking 1 dunia. Butuh kerja keras dan konsistensi untuk mengumpulkan poin demi poin.

Selain itu, para pebulutangkis juga harus menunjukkan kemampuannya di berbagai turnamen.  Pada intinya, semua itu tidak bisa dicapai dengan cara instan.

Baca Juga

Berikut ini INDOSPORT akan merangkum deretan atlet bulutangkis dunia yang menempati ranking 1 dunia lebih dari 200 pekan lamanya. Siapa sajakah?

  1. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

Berdasarkan ranking Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menempati ranking 1 dunia sejak 16 Maret 2017.

Hingga Rabu (20/04/22), tercatat bahwa ganda putra asal Indonesia itu telah menempati ranking 1 dunia selama 205 pekan, dan berpotensi terus berlanjut.

Baca Juga

Wajar bagi ganda putra ranking 1 dunia itu untuk menguasai tahta ganda putra selama itu. Hal itu berkat konsistennya penampilan pasangan berjuluk the minions itu.

Beragam gelar telah diraih seperti medali emas Asian Games 2018, medali perak Kejuaraan Asia 2019, Juara All England 2017-2018, juara Indonesia Open 2018-2019-2021, dan masih banyak lagi.


1. Deretan Pebulutangkis Terlama di Puncak Ranking

Tunggal putri Tai Tzu-ying menempati ranking 1 dunia sekitar 212 pekan.

2. Tai Tzu Ying

Seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, atlet bulutangkis tunggal putri asal Chinese Taipei, Tai Tzu Ying, juga menghuni ranking 1 dunia lebih dari 200 pekan.

Berdasarkan statistik yang tercatat di laman BWF, hingga Rabu (20/04/22), tercatat bahwa Tai Tzu Ying menempati ranking 1 dunia selama lebih dari 212 pekan.

Baca Juga

Sejauh ini beragam prestasi telah didapatnya. Tertinggi adalah menyabet medali perak pada pesta akbar terbesar dunia, Olimpiade di Tokyo 2020.

3. Zhang Nan/Zhao Yunlei

Ganda campuran asal China itu tercatat menempati ranking 1 dunia selama 236 pekan. Keduanya pernah memenangkan medali emas Olimpiade London 2012.

Baca Juga

Zhang Nan/Zhao Yunlei juga tercatat menyabet medali emas dalam 3 edisi Kejuaraan Dunia Bulutangkis (2011, 2014, 2015).

4. Lin Dan

Legenda bulutangkis asal China, Lin Dan, menjadi tunggal putra yang menempati ranking 1 dunia selama 233 pekan. Lin Dan juga dijuluki pemain terbaik sepanjang masa dengan julukannya “Super Dan.”

Hal itu lantaran kesuksesan Lin Dan dalam menyabet seluruh gelar penting, seperti Olimpiade, Kejuaraan Dunia,  Piala Thomas, Piala Sudirman, All England, Asian Games, dan Kejuaraan Asia.

Lin Dan  bahkan didapuk sebagai salah satu mantan pebulutangkis terkaya dunia. Total kekayaannya ditaksir sekitar 37,5 juta dolar AS (sekitar Rp544,9 miliar).

Baca Juga

5. Lee Chong Wei

Legenda bulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei, menjadi tunggal putra terlama yang menempati ranking 1 dunia selama 348 pekan.

Meski belum pernah menyabet medali emas Olimpiade, namun Lee Chong Wei menyabet 3 medali perak Olimpiade (Beijing 2008, London 2012, dan Rio de Janeiro 2016).

Berkat prestasinya di dunia bulutangkis, kekayaan Lee Chong Wei ditaksir mencapai 75 juta dolar AS atau sekitar 1,089 triliun.

Demikian 4 pebulutangkis dunia yang menempati ranking 1 dunia lebih dari 200 pekan. Dimulai dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Tai Tzu Ying, Lin Dan, dan Lee Chong Wei.


2. Lin Dan Bangun Rumah Mewah

Legenda bulutangkis China, Lin Dan, bangun vila mewah 3 lantai di kampung halaman.

Terlrepadadari kesuksesan menempati ranking 1 dunia lebih dari 200 pekan, legenda bulutangkis China yang lain, Lin Dan, menggelontorkan kekayaannya dalam sebuah investasi.

Sejak menikah pada 2010 dengan Xie Xingfang, dua sejoli tersebut memiliki jalan berliku dalam perjalanan mereka sebagai pasangan suami istri.

Dirunut dari ceritanya, Lin Dan serta Xie Xingfang baru dikaruniai seorang putra setelah lima tahun pernikahan. Sayangnya, kabar kehamilan itu diselimuti dengan perselingkuhan Lin Dan dengan seorang model cantik, Zhao Yaqi.

Kendati demikian, Xie Xingfang memutuskan untuk memaafkan Lin Dan dan menatap masa depan bersama putra yang lahir pada 2016 dan diberi nama Lin Xiaoyu.

Lin Dan pun memutuskan gantung raket pada Juli 2020 untuk fokus pada keluarga kecilnya. Kini, kehidupan keduanya pun bisa dibilang sebagai salah satu couple goals.

Baik Lin Dan maupun Xie Xingfang sering terlihat pamer kemesraan di setiap kesempatan. Diketahui Lin Dan bahkan membangun vila megah tiga lantai yang menjulang tinggi di kampungnya, Xiamen, Fujian.

Baca selengkapnya: Menakjubkan, Vila Mewah Tiga Lantai Milik Lin Dan Berdiri Megah di Kampung Halaman

Lee Chong WeiLin DanKevin Sanjaya/Marcus GideonTai Tzu YingBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini