x

Hasil BAC 2022: Pecundangi Unggulan Asal Korea Selatan, Fadia/Ribka Tembus 16 Besar

Rabu, 27 April 2022 15:54 WIB
Penulis: Agung Wicaksono | Editor: Yosef Bayu Anangga
Ganda putri Indonesia Siti Fadia/Ribka Sugarto ke 16 besar Badminton Asia Championship (BAC) 2022 usai bekuk unggulan 3 asal Korea, Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

INDOSPORT.COM - Perjuangan ganda putri Indonesia Siti Fadia/Ribka Sugarto di Kejuaraan Bulutangkis Asia (BAC) 2022 terus berlanjut setelah pecundangi unggulan 3 asal Korea Selatan.

Ganda putri Indonesia itu menang atas Kim So-yeong/Kong Hee-yong yang dalam turnamen kali ini keluar sebagai unggulan ketiga. Penampilan Fadia/Ribka di babak 32 besar kali ini sangat baik.

Baca Juga

Bertanding di Kompleks Olahraga Muntinlupa, Manila, Filipina pada Rabu (27/04/22) pagi tadi. Fadia/Ribka menang dengan rubber set dengan skor 21-17, 20-22 dan 21-11.

Hasil ini membuat keperkasaan pasangan ganda putri asal Korea Selatan itu terhenti di babak pertama Badminton Asia Championship tahun 2022. Hal ini tentu menjadi kejutan sendiri pagi tadi.

Jalannya gim pertama

Fadia/Ribka langsung tampil menyerang pada gim pertama, walau baru bertanding bersama lagi setelah terakhir kali dipasangkan pada turnamen kompetitif sejak November tahun lalu.

Baca Juga

Pasangan ganda putri nomor dua di pelatnas Indonesia ini lantas berhasil membuka keunggulan hingga tiga angka pada awal babak pertama dengan skor 7-4.

Keunggulan Siti Fadia/Ribka Sugiarto bertahan hingga interval pertama, bahkan setelah jeda interval laju kencang pasangang ganda putri Indonesia tak terkejar oleh Kim/Kong.

Salah satu pasangan ganda putri wanita asal Korea Selatan, Kim So-Yeong/Kong Hee-Yong seolah kehilangan sentuhan mereka setelah  tertinggal angka cukup jauh dengan skor 16-9 dari Fadia/Ribka.

Baca Juga

Pemegang medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu sempat berusaha menipiskan jarak poin. Namun, Fadia/Ribka bisa menjauh lagi dan berhasil menjaga jarak aman dengan Kim So Yeong/Kong Hee Young.

Akhirnya dengan kematangan yang ada di pasangan Siti Fadia/Ribka Sugiarto, mereka berhasil merebut jalanya gim pertama atas wakil Korea Selatan dengan skor 21-17.


1. Jalannya Pertandingan Set Kedua dan Ketiga

Aksi ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto di Badminton Asia Championship

Kemenangan pada gim pertama ternyata membuat pasangan ganda Indonesia sedikit lengah, Fadia dan Ribka kini yang justu mendapat tekanan bertubi-tubi pasangan Korea Selatan.

Pada pertandingan gim kedua pasanga ganda putri Fadia/Ribka mendapat perlawanan lebih berat. Hal itu terlihat ketika Kim So Yeong/Kong Hee Young memimpin dengan selisih tiga angka, dengan kedudukan 3-6.

Baca Juga

Tak ingin menyerah begitu saja, Siti Fadia/Ribka Surgiarto mencoba mengejar ketertinggalan. Koleksi poin Kim So- Yeong/Kong Hee-Yong bisa diungguli pasangan Indonesia yang memimpin 11-8 pada interval gim kedua.

Sempat keteteran jelang interval kedua, pasangan Korea Selatan merespons setelah jeda 1 menit. Fadia/Ribka yang tadinya unggul menjadi tertinggal dengan skor 14-16.

Pertandingan makin sengit menjelang akhir gim kedua, pasangan Fadia/Ribka sempat menyamakan skor pada 20-20. Sayangnya, mereka kalah 20-21 dalam adu setting sehingga laga dilanjutkan dengan rubber game.

Baca Juga

Jalanya gim ketiga

Walau kalah pada gim kedua, Fadia/Ribka mampu melanjutkan penampilan bagus mereka ke gim penentuan, mereka berhasil memperlihatkan daya juang alot khas pebulutangkis Indonesia.

Sempat tertinggal 3-4 di awal babak penentu, Fadia/Ribka berhasil mengatasi tekanan dan merebut keunggulan dari Kim So Yeong/Kong Hee Young dan menjaganya hingga skor 11-16 menandai interval gim ketiga.

Pasca-jeda interval ketiga, Fadia/Ribka makin tak terbendung, mereka memelesat jauh dengan meninggalkan pasangan Korea Selatan hingga margin sembilan poin dengan skor 16-7.

Baca Juga

Selisih skor besar menjadi modal penting buat Fadia/Ribka hingga akhirnya mereka berdua berhasil mengambil set ketiga dengan kemenangan telak 21-11 dengan hasil ini Fadia/Ribka berhak melaju ke babak 16 Besar.

Kemenangan ini jadi kado terindah kedua pemain ganda campuran putri Indonesia, pasalnya baik Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto bakal dipecah dalam kejuaraan berikutnya.


2. Link Live Streaming BAC 2022

Live Streaming.

Berikut ini adalah jadwal lengkap pemain bulutangkis Indonesia di babak 32 besar Badminton Asia Championship 2022, Rabu (27/04/22), mulai pukul 08.00 WIB.

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Kento Momota (SKOR 17-21, 21-17, 21-7 )

Komang Ayu Cahya Dewi v Han Yue (SKOR 21-14, 21-12)

Putri Kusuma Wardani vs Kim Ga-eun (SKOR 10-21, 21-12, 21-15)

Jonatan Christie vs Sai Praneeth B. (SKOR 21-17, 21-13)

Stephanie Widjaja vs An Se-young (SKOR 16-21, 21-16, 16-21)

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Kim So-yeong/Kong Hee-yong (SKOR 21-17, 20-22, 21-11)

Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allesya Rose vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota Shesar

Hiren Rhustavito vs Lin Chun-yi

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Zhang Shu Xian/Zheng Yu

Gregoria Mariska Tunjung vs Zhang Yi Man

Anthony Sinisuka Ginting vs Sitthikom Thammasin

Ajang Badminton Asia Championship 2022, disiarkan di Mola TV dan TVRI mulai babak perempat final. Sementara seluruhnya, bisa diakses melalui link live streaming di Youtube Badminton Asia

Baca selengkapnya: Live Streaming Badminton Asia Championship 2022: Adu Nasib 11 Wakil Merah Putih

Badminton Asia ChampionshipsHasil PertandinganBulutangkisSiti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka SugiartoKim So-yeong/Kong Hee-yongBerita BulutangkisBadminton Asia Championships 2022

Berita Terkini