x

Rajanya Tanah Liat, 3 Hal yang Patut Dinanti dari Rafael Nadal di Madrid Open

Sabtu, 30 April 2022 22:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rafael Nadal jadi salah satu unggulan di Madrid Open 2022. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Rafael Nadal siap kembali merajai turnamen tanah liat dengan berpartisipasi di turnamen ATP Madrid Open 2022.

Di turnamen ATP Masters 1000 ini, sejumlah pemain papan atas dunia akan kembali beraksi setelah sempat absen karena berbagai macam alasan.

Baca Juga

Novak Djokovic misalnya. Sempat membuat heboh gara-gara status vaksin, ia kini pun kembali beraksi di turnamen-turnamen besar termasuk Monte-Carlo Masters beberapa waktu lalu.

Sayangnya, kala itu ia tersingkir cukup cepat di putaran 32 besar dari petenis Spanyol, Alejandro Davidovich Fokina.

Di Madrid Open 2022, Novak Djokovic menempati peringkat pertama di daftar unggulan tunggal putra, disusul Alexander Zverev dan Rafael Nadal di tiga besar.

Baca Juga

Daniil Medvedev yang belakangan nasibnya apes karena konflik Rusia-Ukraina, tidak berpartisipasi di edisi kali ini.

Jika melihat daftar pemain tunggal putra di Madrid Open 2022, para penggemar olahraga tenis pun bakal tersenyum simpul karena ada banyak nama besar yang ‘nangkring’ di sana.

Diperediksi, Madrid Open 2022 akan berlangsung meriah ketimbang turnamen ATP yang sudah-sudah, di mana tidak ada nama Rafael Nadal di sana sejak Indian Wells.

Baca Juga

Petenis asal Spanyol tersebut selama ini diketahui sebagai rajanya turnamen tanah liat, yang juga memegang rekor di gelaran Madrid Open.

Ia masih jadi petenis tersukses di ajang ini dengan raihan lima gelar di nomor tunggal, yakni pada tahun 2005, 2010, 2013, 2014, dan 2017.


1. Comeback dan Akan Lawan Junior

Rafael Nadal jadi salah satu unggulan di Madrid Open 2022. Foto: Shaun Botterill/Getty Images.

Ajang Comeback

Tentu saja, kembalinya Rafael Nadal ke turnamen besar sudah sangat dinanti-nanti oleh publik tenis yang sudah sangat merindukannya.

Pasalnya, ia sudah mencatatkan penampilan yang luar biasa pada awal tahun 2022 ini. Ia memiliki rekor tidak terkalahkan dalam 20 pertandingan, sebelum putus di final Indian Wells.

Baca Juga

Adalah petenis asal Amerika Serikat, Taylor Fritz, yang menggagalkan laju Rafael Nadal menuju rekor 21-0 miliknya tahun ini.

Untuk diketahui, Rafael Nadal memang sudah tidak bermain lagi sejak dikalahkan Taylir Fritz bulan Maret lalu di Indian Wells.

Tidak ayal, ajang comeback-nya pun akan sangat dinanti. Terlebih lagi, ia adalah raja turnamen tanah liat yang harus diwaspadai siapa pun lawannya di lapangan nanti.

Baca Juga

Di Madrid Open 2022, Rafael Nadal dijadwalkan memulai perjuangannya dari putaran 32 besar yang akan digelar pada 3 Mei mendatang.

Hadapi Junior

Selain penantian comeback yang pasti akan menyita perhatian, hal lain yang bisa dinanti dari Rafael Nadal di Madrid Open 2022 adalah para calon lawannya.

Ada kemungkinan, ia bakal menghadapi junior sekaligus rekan sekompatriotnya dari Spanyol, Carlos Alcaraz. Berdasarkan hasil drawing, ada potensi mereka bakal berhadapan di perempat final.

Baca Juga

Jika keduanya sama-sama maju ke delapan besar, mereka akan bertemu untuk ketiga kalinya. Sejauh ini, Rafael Nadal masih memimpin kemenangan 2-0 secara head to head.

Carlos Alcaraz sendiri merupakan petenis muda yang cukup potensial sebagai kuda hitam di Madrid Open 2022 usai menjadi juara di Miami Open beberapa waktu lalu.


2. Melawan Novak Djokovic

Rafael Nadal dan Novak Djokovic berpeluang melawan satu sama lain di semifinal Madrid Open 2022. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Selain berpeluang berjumpa sang junior di perempat final, Rafael Nadal juga bisa berhadapan dengan Novak Djokovic di putaran empat besar.

Berdasarkan data dari ATP, petenis asal Serbia itu harus melalui hadangan sejumlah rival termasuk Andy Murray atau Dominic Thiem.

Baca Juga

Jika Rafael Nadal dan Novak Djokovic benar-benar berjumpa di semifinal, tentu akan jadi match yang kepagian di Madrid Open 2022.

Sejauh ini, kedua petenis papan atas ini pun memegang rekor tertinggi sepanjang sejarah turnamen.

Jika Rafael Nadal adalah rajanya dengan lima gelar, Novak Djokovic menyusul di peringkat kedua dengan tiga gelar.

Baca Juga

Madrid Open 2022 merupakan turnamen kempat yang diikuti Novak Djokovic tahun ini. Terakhir kali, ia bermain di Serbian Open belum lama ini namun kalah di partai puncak oleh Andrey Rublev.

Tidak ayal, Madrid Open 2022 bakal jadi ajang pembuktian diri Novak Djokovic bahwa ia masih dalam performa yang apik setelah terseret skandal vaksin.

Apakah semifinal impian antara dirinya dan Rafael Nadal nanti bisa terwujud? Tentu biarlah waktu yang akan menjawabnya.

Baca Juga

Turnamen Madrid Open 2022 sendiri sudah dimulai sejak akhir April ini. Untuk saat ini, nama-nama besar belum memiliki agenda pertandingan.

Untuk kategori tunggal putra, putaran 32 besar baru akan dimainkan pada 3 Mei 2022, dengan menghadirkan para petenis di daftar unggulan.

Rafael NadalNovak DjokovicMadrid OpenTenisBerita Tenis

Berita Terkini