x

Cerita Mia Audina dan Tony Gunawan yang Mendua Karena Dipaksa Keadaan

Senin, 2 Mei 2022 23:48 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Mia Audina dan Tony Gunawan adalah contoh 2 atlet bulutangkis asal Indonesia yang terpaksa pindah negara karena keadaan.

INDOSPORT.COM - Mia Audina dan Tony Gunawan adalah contoh 2 atlet bulutangkis asal Indonesia yang terpaksa pindah negara karena keadaan.

Bagi publik pecinta bulutangkis Indonesia, sosok Mia Audina dan Tony Gunawan bukan merupakan sosok yang asing.

Baca Juga

Keduanya pernah berjuang untuk Indonesia dan berhasil mempersembahkan banyak gelar dalam berbagai kompetisi bulutangkis yang mereka ikuti.

Tak hanya itu, aksi-aksi dari kedua eks pebulutangkis tersebut di lapangan juga telah memberikan kesan yang membekas di hati pada pecinta bulutangkis Indonesia.

Masih membekas dalam ingatan, bagaimana seorang Mia Audina yang masih berusia 14 tahun tampil dengan begitu memukaunya di dua edisi final Piala Uber 1994 dan 1996 untuk mempersembahkan gelar bagi Indonesia.

Sampai-sampai, karena aksi luar biasanya itu, Mia Audina mendapat julukan 'Si Bocah Ajaib'. Sebuah julukan yang sampai saat ini belum dimiliki pebulutankis Indonesia.

 Tak hanya di panggung Piala Uber saja, di usianya yang masih muda, ia juga berhasil meraih medali perak di edisi Olimpiade Atlanta 1996 usai kalah dari musuh bebuyutan Susy Susanti, yakni Bang Soo-hyun.

Tak hanya Mia Audina saja, Tony Gunawan pun juga sama. Bermain di sektor ganda putra Indonesia, eks pebulutangkis kelahiran 9 April 1975 tersebut berhasil mempersembahkan gelar Piala Thomas, medali emas Olimpiade, Kejuaraan Dunia dan Asian Games untuk Indonesia.

Baca Juga

Sayangnya, kisah Mia Audina dan Tony Gunawan dengan bulutangkis Indonesia harus selesai sebelum mereka memutuskan gantung raket.

Keduanya diketahui memutuskan berpindah kewarganegaraan dan tampil untuk negara baru mereka di turnamen bulutangkis internasional.

Mia Audina memutuskan menjadi warga negara Belanda, sedangkan Tony Gunawan menjadi warga negara Amerika Serikat.

Baca Juga

Keputusan keduanya berpindah kewarganegaraan menuai beragam kontroversi dari publik pecinta bulutangkis Indonesia.

Banyak yang mendukung keputusan keduanya, tetapi tak sedikit pula yang mempertanyakan nasionalisme mereka.

Namun sebenarnya, apakah benar baik Mia Audina dan Tony Gunawan memutuskan berpindah kewarganegaraan karena keinginan? Berikut INDOSPORT.com mengulasnya untuk Anda:


1. Mia Audina

Mia Audina saat masih aktif membela Indonesia.

Rasanya jika dibilang semua itu karena keinginan semata, kurang adil bagi Mia Audina dan Tony Gunawan. Dan jika menyebut mereka tidak memiliki nasionalisme yang kuat, juga rasanya itu tidak dapat dibenarkan.

Mungkin bisa ditarik kesimpulan jika keduanya memutuskan berpindah kewarganegaraan hanya karena keadaan saja yang memaksa semua itu harus dilakukan.

Baca Juga

Jika Mia Audina memang benar-benar ingin pindah menjadi warga negara Belanda, ia pasti akan selalu bersedia tampil mewakili Belanda setiap kali ada turnamen bulutangkis yang digelar di Indonesia.

Tetapi kenyataannya? Mia Audina selalu menolak untuk diikutsertakan oleh Belanda di setiap kejuaraan bulutangkis yang digelar di Indonesia,.

Bahkan setelah memutuskan membela Negeri Kincir Angin, namanya tak lagi terdengar di panggung Indonesia Open.

”Saya tetap tidak akan tampil di Jakarta. Saya mesti menghargai masyarakat Indonesia juga saya sendiri," ujar Mia Audina dikutip dari media pikiran-rakyat.

Baca Juga

Sejak usia 14 tahun, saya memperkuat Indonesia, lalu tiba-tiba di hadapan penonton Indonesia, saya tampil untuk Belanda," lanjutnya.

Mia Audina juga pernah mengungkapkan kalau dirinya sejatinya tetap ingin membela Indonesia walaupun harus berlatih di Belanda karena ikut dengan suaminya.

Namun peraturan yang dimiliki PBSI dan keadaan yang terjadi pada saat itu, membuatnya sama sekali tak punya pilihan selain harus mengambil keputusan menjadi warga negara Belanda agar tetap bisa tampil di panggung bulutangkis internasional.

Baca Juga

"Sesungguhnya, saya tetap ingin menjadi pemain Indonesia, meski bermukim di Belanda. Namun, ketika itu aturan PBSI tidak memungkinkannya, ya mau bagaimana lagi?" pungkasnya.


2. Tony Gunawan

Mantan pebulutangkis Amerika Serikat kelahiran Indonesia Tony Gunawan.

Jika itu tadi Mia Audina, maka lain halnya dengan Tony Gunawan. Pebulutangkis kelahiran 9 April 1975 punya alasan yang berbeda.

Juara Dunia dua kali tersebut secara blak-blakan dalam sebuah podcast bersama pebulutangkis Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, bertajuk A Year on Tour with Vittinghus, membongkar  alasannya pindah dan menjadi warga negara Amerika Serikat.

“Sebenarnya itu bukan alasan utama saya pindah ke AS karena tak ada lagi yang lebih tinggi dari memenangkan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia di bulutangkis,” buka Tony.

“Jadi saya pindah ke AS untuk mengejar karier lain. Saya kembali ke sekolah untuk belajar computer engineering selama dua tahun.”

Namun rupanya Tony tak bisa jauh-jauh dari dunia tepok bulu. “Lalu saya menjadi juara dunia, jadi saya menunda waktu studi selama dua bulan untuk persiapan jelang Kejuaraan Dunia. Saya latihan lagi setiap pagi sendiri.”

“Setelah itu ikut turnamen sana-sini dan akhirnya saya tak bisa lepas dari karier di bulutangkis. Jadi saya kembali menjadi pemain lagi dan harus dropout dari sekolah,” tuturnya

Dari kedua penjelasan Mia Audina dan Tony Gunawan dapat disimpulkan bahwa tidak benar kalau mereka tidak nasionalis, dan tidak benar juga menjadikan alasan kepindahan mereka untuk menyebut bahwa mereka telah melupakan Indonesia.

Baik Mia Audina dan Tony Gunawan sama-sama sangat menghormati Indonesia sebagai negara yang pernah mereka bela ketika masih bermain bulutangkis dulu dan itu telah mereka buktikan dengan sejumlah gelar yang mereka dedikasikan khusus untuk Tanah Air tercinta.

Baca Juga
IndonesiaTony GunawanMia AudinaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini