x

Profil Tim Piala Thomas dan Uber 2022: Denmark, Rajin Tampil Jarang Juara

Senin, 2 Mei 2022 16:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Pebulutangkis Denmark, Viktor Axlesen, merayakan kemenangan atas Anders Antonsen (Denmark) pada laga semifinal All England 2021 di Utilita Arena Birmingham, Sabtu (20/3/2021).

INDOSPORT.COM – Jelang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 di Bangkok, Thailand, tanggal 8-15 Mei 2022. Berikut profil dari salah satu tim raksasa bulutangkis asal Eropa, Denmark.

Baru tujuh bulan usai berakhirnya Piala Thomas dan Uber 2020, ajang bulutangkis beregu putra dan putri itu sudah kembali bergulir pada Mei 2022 ini. Seperti diketahui, Piala Thomas dan Uber 2022 memang akan digelar pada 8-15 Mei 2022 di Bangkok, Thailand.

Baca Juga

Jarang yang berdekatan dengan edisi sebelumnya ini terjadi karena Piala Thomas dan Uber 2020 memang baru digelar pada Oktober 2021 lalu karena pandemi Covid-19.

Piala Thomas dan Uber 2022 sendiri akan diikuti  oleh 16 tim putra dan 16 tim putri. Beberapa negara sukses mengirimkan tim putra dan putri sekaligus, salah satunya Denmark.

Di Piala Thomas, Denmark tergabung di Grup B bersama China, Prancis, dan Aljazair. Sementar itu di Piala Uber, mereka tergabung di Grup C bersama Thailand, Malaysia, dan Mesir. Berikut profil tim Piala Thomas dan Uber 2022 dari Denmark.

Baca Juga

Rekam Jejak

Berstatus salah satu raksasa bulutangkis Eropa, Denmark terbilang rutin tampil di Piala Thomas dan Uber sebagai wakil dari benua biru tersebut.

Di Piala Thomas, Denmark tercatat sudah tampil 31 kali alias terbanyak, mengungguli negara lain seperti Malaysia dan Indonesia (28 kali), dan China (20 kali).

Sementara itu, di Piala Uber, Denmark tercatat sudah tampil 21 kali di putaran final, hanya kalah dari Jepang dan Indonesia yang sama-sama sudah tampil 25 kali.

Baca Juga

Meski demikian, rutinitas tampil di turnamen tersebut tidak berbanding lurus dengan prestasi yang diraih. Denmark tercatat baru sekali menjadi juara Piala Thomas yakni pada tahun 2016 lalu, sementara itu di Piala Uber mereka bahkan belum pernah sekali pun menjadi juara.

Pada edisi 2020 lalu, di Piala Thomas, Denmark kalah 1-3 di semifinal dari Indonesia yang kemudian menjadi juara. Di Piala Uber, mereka tersingkir di perempat final usai kalah 0-3 dari Korea Selatan.


1. Skuad dan Sektor Unggulan

Maiken Fruergaard/Sara Thygesen, pasangan ganda putri terbaik Denmark.

Menghadapi Piala Thomas 2022, mayoritas skuad Denmark diisi oleh para pebulu tangkis yang turun di edisi sebelumnya.

Di tunggal putra, nama-nama seperti Viktor Axelsen, Anders Antonsen, hingga HK Vittinghus dan Rasmus Gemke tetap menjadi andalan. Sementara itu di ganda putra, duo andalan Kim Astrup/Anders Skaarup juga masih menjadi pilihan utama.

Baca Juga

Keberadaan Axelsen yang menempati peringkat pertama dunia serta baru menjuarai All England, dan Antonsen yang peringkat ketiga dunia, membuat tunggal putra menjadi andalan utama Denmark di Piala Thomas. Apalagi, ranking Gemke dan Vittinghus pun tak terlalu buruk dengan berada di posisi 13 dan 22.

Sementara itu di ganda putra, Kim Astrup/Anders Skaarup yang ada di posisi 10 dunia akan jadi andalan utama.

Dengan komposisi ini, Denmark diyakini takkan sulit meloloskan dari dari Grup B Piala Thomas yang berisikan China, Prancis, dan Aljazair. Dengan kekuatan utama di tunggal, Denmark bahkan bisa melaju jauh jika bisa mengamankan satu angka dari nomor ganda.

Baca Juga

Sama seperti tim Thomas, tim Piala Uber yang diturunkan Denmark tahun ini juga tak berbeda jauh dengan tahun lalu.

Di tunggal putri, Mia Blichfeldt yang punya ranking terbaik akan jadi andalan utama. Sayangnya, peringkat 14 dunia ini tidak dalam kondisi 100 persen karena masih dalam pemulihan cedera.

Jika Blichfeldt gagal pulih dengan sempurna, maka Line Christophersen (peringkat 22) yang akan jadi ujung tombak.

Baca Juga

Sementara itu, di ganda putri, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen yang menempati posisi 16 dunia akan didampingi oleh Amalie Magelund/Freja Ravn (24).

Dengan komposisi ini, Denmark terbilang aman lolos dari Grup C yang berisikan Thailand, Malaysia, dan Mesir. Namun, untuk melaju jauh di fase gugur peluang mereka terbilang cukup sulit khususnya jika bertemu negara-negara Asia seperti China, Jepang, Korea Selatan, dan Thailand.


2. Daftar Lengkap Skuad

Timnas Denmark di Piala Thomas 2018 silam

Tim Putra (Piala Thomas)

Viktor Axelsen
Anders Antonsen
Rasmus Gemke
Hans-Kristian Vittinghus
Kim Astrup
Anders Skaarup
Frederik Søgaard
Mathias Christiansen
Lasse Mølhede
Jeppe Bay
Victor Svendsen (Non-traveling)
Rasmus Kjær (Non-traveling)

Tim Putri (Piala Uber)

Mia Blichfeldt
Line Christophersen
Line Kjærsfeldt
Julie Dawall
Sara Thygesen
Maiken Fruergaard
Freja Ravn
Amalie Magelund
Alexandra Bøje
Amalie Schulz (Non-traveling)
Rikke Søby (Non-traveling)

Piala ThomasPiala UberDenmarkViktor AxelsenKim Astrup/Andres Skaarup RassmusenHans-Kristian VittinghusBulutangkisAnders AntonsenBerita BulutangkisRasmus GemkeMaiken Fruergaard/Sara Thygesen

Berita Terkini