x

Curhat Bagas Maulana: Hampir Pensiun dari Bulutangkis dan Pacaran Sesama Atlet

Jumat, 6 Mei 2022 13:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri melaju ke perempat final Korea Masters 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Blak-blakan Bagas Maulana, atlet bulutangkis ganda putra Indonesia yang hampir saja pensiun, dan kisah cintanya yang berjalan empat tahun.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri melejit di tahun 2022. Walau awalnya tidak diunggulkan, tak disangka pasangan muda ini bisa menjuarai ajang All England 2022.

Baca Juga

Padahal, Indonesia sendiri memiliki banyak stok ganda putra peringkat atas, mulai dari pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di peringkat satu dunia.

Kemudian, ada Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (8) hingga Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (24) di sektor ganda putra.

Namun, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang awalnya berada di peringkat 28, langsung melejit ke Top 20 saat berhasil menjuarai All England 2022.

Baca Juga

Dengan catatan yang impresif ini, Bagas Maulana berharap bisa melaju ke Top 10 dan berlaga di Olimpiade Paris 2024 nanti.

"Impian terbesar saya, semoga bisa juara di setiap turnamen, paling kepingin mengejar Olimpiade 2024," ungkap Bagas Maulana saat hadir di kanal Youtube PB Djarum.

Namun sebelum itu, Bagas/Fikri terlebih dahulu tampil di Piala Thomas 2022, yang dihelat pada 8-15 Mei 2022 di Thailand.

Baca Juga

"Ingin juga (juara Thomas Cup). Kita kan di sini beregu, yang penting kita sendiri harus bisa semaksimal mungkin, sangat berarti kalau kita bisa menyumbang poin," ujarnya.

"Baru pertama kali juga ngerasain (Thomas Cup), belum main, baru namanya aja masuk. Kita lihat aja besok gimana, kita selalu siap."


1. Hampir jadi Tentara dan Kisah Cinta Bagas Maulana

Ganda Putra Bulutangkis Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibu Fikri juara All England 2022

Di balik kesuksesan Bagas Maulana di tahun 2022 ini, siapa sangka jika atlet 23 tahun itu hampir saja memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis, dan ia berencana jadi tentara.

Hal itu berawal dari kegigihannya berlatih bulutangkis di PB Djarum, tapi tak kunjung masuk Pelatnas Bulutangkis Indonesia sampai batas umurnya hampir habis.

Baca Juga

"Masuk PB Djarum pas kelas 2 SMP, 12-13 tahun, langsung main ganda. Saya bisa ke Pelatnas karena ada Kejuaraan Nasional di Solo, tahun 2016 akhir," terang Bagas.

"Tadinya kalau nggak juara (Kejurnas), saya mau dimasukkan jadi tentara. Bapak sudah punya planning, kalau enggak tentara, ya badminton," ucap atlet asal Bekasi itu.

"Mungkin dari postur saya juga sih, saya kan posturnya tinggi, jadi Bapak support juga kalau mau jadi tentara, nggak apa-apa, kalau nggak rezeki di Kejurnas Solo."

Baca Juga

Beruntung, nasib membawa Bagas Maulana tetap berada di kancah bulutangkis, bahkan berada di jajaran ganda putra terbaik dunia.

"Alhamdulillah juara Kejurnas 2016, otomatis masuk Pelatnas, kabarnya kan begitu, jadi tentaranya enggak (diambil), saya tetap di bulutangkis," ungkap Bagas Maulana lagi.

Di luar lapangan, rupanya Bagas Maulana juga menjalin hubungan romantis dengan salah satu pebulutangkis wanita Indonesia.

Baca Juga

"Pacar ada, tapi nggak dipublikasikan, karena bukan saya banget sih. Kalau saya dijalani aja, ada privasi. Kebetulan hari ini sudah empat tahun (pacaran)," curhatnya.

Bagas Maulana menyebutkan inisial nama pacarnya adalah AOW, yang diduga adalah Aurum Oktavia Winata, pemain PB Djarum.


2. Bagas Maulana Bicara Wanita Impiannya

Aurum Oktavia Winata, kekasih dari Bagas Maulana.

Menurut Bagas Maulana, berpacaran dan meniti karir di bulutangkis harus seimbang. Maka dari itu, ia membutuhkan sosok pacar yang pengertian dan tetap mendukungnya.

"Saling ngertiin, apalagi jadi atlet tuh capek, yang paling penting tuh saling ngertiin aja."

"Harus saling support, harus ada, saling membutuhkan. Kalau kita lagi down atau apa, disemangatin, jangan malah makin tambah beban," curhat Bagas Maulana.

Namun, mengingat kini Bagas Maulana sudah sukses menembus turnamen papan atas bulutangkis dunia, ia sering tur ke luar negeri, dan jarang bertemu sang kekasih.

"Iya, jarang banget sekarang ketemu," pungkas atlet ganda putra, pasangan Muhammad Shohibul Fikri tersebut.

All EnglandAurum Oktavia WinataBagas MaulanaBulutangkisBerita BulutangkisBagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriAll England 2022

Berita Terkini