x

Tampil Menggila Tahun Ini, Waktunya Fajar/Rian Pecah Telur di Indonesia Masters 2022?

Minggu, 12 Juni 2022 08:04 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Meneruskan tren apik tahun ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tembus ke final Indonesia Masters 2022. Bisakah mereka pecah telur jadi dan jadi juara?

INDOSPORT.COM – Meneruskan tren apik tahun ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tembus ke final Indonesia Masters 2022. Bisakah mereka pecah telur jadi dan jadi juara?

Hasil apik diraih ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Indonesia Masters 2022 yang digelar pekan ini.

Baca Juga

Bagaimana tidak, pebulutangkis peringkat 7 dunia itu sukses menembus babak final di Indonesia Masterss 2022 usai menyingkirkan wakil China, He Ji Ting/Zhou Hao Dong dengan 2 set langsung.

Hasil itu pun membawa mereka menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia yang lolos ke partai final turnamen BWF World Tour Super 500 itu setelah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon kandas di semifinal.

Langkah Fajar/Rian di Indonesia Masters 2022 sendiri terbilang cukup mulus. Berstatus unggulan 5, mereka mengawali perjalanan di babak pertama dengan menghadapi Goh V Shem/Low Juan Shen.

Baca Juga

Bertemu wakil Malaysia yang lolos dari babak kualifikasi itu, Fajri menang dua set langsung dengan 21-14- 21-17.

Di babak kedua, Fajar/Rian bertemu junior sekaligus rekan senegara mereka, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan. Sempat kalah 16-17 di set pertama, mereka bangkit dan memenangi set kedua dan ketiga dengan 21-17 21-13.

Memasuki babak perempat final, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali ke performa terbaik dan sukses menyingkirkan Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Baca Juga

Bertemu peringkat 4 dunia yang menjadi unggulan ketiga itu, Fajar/Rian menang tampil dominan dan percaya diri sehingga menang straight game 21-15 21-18 dalam waktu 45 menit.

Kemudian di semifinal yang baru digelar Sabtu (11/06/22) malam kemarin, mereka lagi-lagi menang straight game 21-17 21-17 atas He Ji Ting/Zhou Hao Dong.


1. Tren Bagus di 2022, 4 Kali Tembus Final

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muahammad Rian Ardianto.

Di balik kesuksesan menembus final Indonesia Masters 2022, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sejatinya memang menyuguhkan performa apik di sepanjang 2022.

Menariknya, Fajar/Rian sejatinya membuka perjalanan mereka di 2022 dengan tak terlalu memuaskan dengan tampil buruk di dua turnamen pertama mereka.

Baca Juga

Sepert diketahui, Fajar/Rian mengawali 2022 dengan tampil di German Open. Namun, dalam turnamen itu mereka kandas di babak kedua.

Dalam ajang berikutnya yakni turnamen bulutangkis legendaris All England, performa mereka bahkan lebih buruk lagi dengan langsung tersingkir di babak pertama.

Meski demikian, Fajar/Rian berhasil bangkit dan menutup rangkaian turnamen bulutangkis di Eropa dengan menjuarai Swiss Open 2022 yang digelar setelah All England.

Baca Juga

Usai menjuarai Swiss Open 2022, Fajri pun tak mengendorkan pedal gas. Terbukti, setelah itumereka kembali mencapai final di Korea Open 2022. Sayangnya, kali ini mereka gagal juara usai dikalahkan wakil tuan rumah, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Dari Korea Open, Fajri melanjutkan langkah mereka dengan tampil di Badminton Asia Championship di mana mereka terhenti di semifinal.

Berikutnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali tampil apik di Thailand Open yang digelar akhir Mei lalu, di mana mereka berhasil menjadi runner up. Hasil itu pun menjadi raihan terbaik mereka di kompetisi tersebut.

Baca Juga

Kini, mereka lagi-lagi berhasil menembus final di Indonesia Masters 2022. Ini berarti, dalam 5 turnamen terakhir yang mereka ikuti (Swiss Open, Korea Open, BAC, Thailand Open, Indonesia Masters) mereka selalu mencapai semifinal.

Dari 5 semifinal itu, mereka 4 kali lolos ke final dengan satu-satunya kegagalan ke final terjadi di BAC. Dari 4 final, 3 sudah dijalani dengan 1 raihan gelar juara di Swiss Open 2022.


2. Belum Pernah Juara di Indonesia Masters

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muahammad Rian Ardianto.

Rangkaian hasil bagus di sepanjang tahun 2022 usai kegagalan di German Open dan All England itu pun menjadi modal bagus Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk menjuarai Indonesia Masters 2022.

Mereka pun kini berpeluang besar untuk pecah telur di Indonesia Masters. Pasalnya, selama ini, Fajri belum pernah meraih gelar juara di kompetisi tersebut.

Baca Juga

Di sisi lain Fajri justru menorehkan catatan unik. Pasalnya, dari 3 penampilan terakhir di  Indonesia Masters, mereka tak pernah mencapai final dan selalu kalah dari rekan senegara.

Pada Indonesia Masters 2021 yang digelar pada November tahun lalu, Fajar/Rian tampil jeblok dan langsung tersingkir di babak pertama dari Bagas Maulana/Muhammad Shohibu Fikri, meski berstatus unggulan keempat.

Sementara itu pada Indonesia Masters 2020, Fajri yang ketika itu menjadi unggulan kelima tersingkir di semifinal, kalah dari senior mereka Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.  Di Indonesia Masters 2019, Fajar/Rian kandas di perempat final. Kekalahan dialami dari Sanjaya/Marcus Gideon.

Baca Juga

Kini dengan tren bagus di 2022, termasuk di Indonesia Masters di mana mereka hanya kehilangan satu set, dan sudah tak adanya lawan senegara yang bisa meneruskan kutukan buruk, peluang Fajar/Rian menjadi juara terbuka lebar.

Pada final Indonesia Masters 2022 yang akan digelar Minggu (12/06/22) sore ini, Fajar/Rian akan bertemu Liang Wei Keng/Wang Chang.

Ini akan menjadi pertemuan pertama Fajar/Rian dengan ganda China tersebut. Namun meski unggul jauh secara peringkat (7 vs 424), Fajar/Rian tetap tak boleh meremehkan Liang Wei Keng/Wang Chang.

Baca Juga

Pasalnya, pasangan China itu berhasil menyingkirkan sejumlah unggulan seperti unggulan 1 Kevin/Marcus di semifinal dan unggulan 4 Aaron Chia/Soh Wooi Yik di perempat final. Istimewanya, mereka mengalahkan kedua pasangan unggulan tersebut dengan kemenangan straight game.

Menarik ditunggu akan seperti apa jalannya laga final ganda putra Indonesia Masters 2022 antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liang Wei Keng/Wang Chang yang sama-sama tengah onfire ini.

Indonesia MastersFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisIndonesia Masters 2022

Berita Terkini