x

Profil Minarti Timur, Pebulutangkis Putri Merah Putih yang Paling Sering Juara Indonesia Open

Kamis, 16 Juni 2022 09:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Minarti Timur kala berpasangan dengan Tri Kusharjanto di All England.

INDOSPORT.COM - Berikut profil mantan atlet bulutangkis putri tanah air yakni Minarti Timur yang sukses meraih gelar juara Indonesia Open paling banyak dalam sejarah.

Saat ini Istora Senayan, Jakarta sedang menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis BWF World Tour Super 1000 yaitu Indonesia Open 2022 yang berlangsung sejak 14 Juni lalu hingga 19 Juni 2022 mendatang.

Baca Juga

Indonesia Open merupakan turnamen bulutangkis tahunan yang pertama kali digelar pada 1982 silam di Jakarta. Ajang ini menjadi bagian dari seri super BWF pada tahun 2007 silam.

Ajang ini selalu didominasi oleh pebulutangkis Indonesia, termasuk legenda bulutangkis putri Susi Susanti. Akan tetapi, ia bukanlah yang tersukses, melainkan ada sosok yang lebih hebat yakni Minarti Timur.

Baca Juga

Perempuan yang akrab disapa Meme ini adalah mantan pemain bulutangkis tanah air spesialis ganda campuran. Ia lahir pada 24 Maret 1968 silam di Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga

Saat masih muda, Minarti Timur berhasil menjuarai banyak kejuaraan internasional dengan pasangan berbeda. Dirinya meraih gelar juara saat berpasangan Tri Kusharjanto, Bambang Supriyanto, dan Sandiarto.

Prestasi pertama Minarti Timur diraih ketika mengikuti ajang bulutangkis Belanda Open 1990 silam. Namun prestasinya semakin melesat setelah memilih pindah ke ganda campuran pada tahun 1994 silam.


1. Juara Enam Kali Indonesia Open

Minarti Timur kala berpasangan dengan Tri Kusharjanto di All England.

Minarti Timur menjadi salah satu atlet bulutangkis putri Indonesia yang masuk dalam Hall Of Fame PB Djarum. Catatan prestasinya yang luar biasa membuat namanya dengan para pahlawan dari PB Djarum lainnya.

Prestasi gemilang Minarti Timur diraih ketika mulai berpasangan dengan Tri Kusherjanto di sektor ganda campuran.

Baca Juga

Pasangan Tri Kusherjanto/Minarti Timur tercatat telah lima kali menjuarai Indonesia Open. Mereka menjadi jawara lima kali beruntun pada 1995, 1996, 1997, 1998, dan 1999.

Tapi kemudian Minarti Timur dan Tri Kusharjanto berpisah pasca meraih medali perak Olimpiade 2000 di Sydney. Kemudian, pada 2001, Tri Kusharjanto kembali menjuarai Indonesia Open saat diduetkan dengan Emma Ermawati.

Baca Juga

Melihat sang mantan pasangan duet sukses dengan tandem yang lain, Minarti Timur tidak mau kalah. Pada 2002, giliran dirinya yang menjuarai Indonesia Open yang keenam kalinya bersama pasangan baru, Bambang Suprianto.

Baca Juga

Setelah menjuarai Indonesia Open 2002 di kelas ganda campuran bersama Bambang Supriyanto, Minarti Timur kemudian memutuskan mundur dari pelatnas Cipayung. Ia sempat berkelana selama dua tahun di Brunei Darussalam

Ajang Indonesia Open 2002 menjadi prestasi terakhirnya membawa harum nama Merah Putih di kancah Internasional. Berikut beberapa gelar yang pernah diraih Minarti Timur (slide ketiga):


2. Deretan Prestasi Minarti Timur

Minarti Timur kala berpasangan dengan Tri Kusharjanto di All England.

Tunggal Putri:

1990: Juara Belanda Open

Ganda Campuran:

1994: Juara Thailand Open (Berpasangan dengan Tri Kusharjanto)

1995: Juara World Cup, Juara World Badminton Grand Prix, Juara SEA Games, Juara Indonesia Open, Singapura Open (Berpasangan dengan Tri Kusharjanto)

1996: Juara World Cup (berpasangan dengan Sandiarto), Indonesia Open, Malaysia Open, Thailand Open, Jerman Open (Berpasangan dengan Sandiarto)

1997: Indonesi Open, Finalis All England (Berpasangan dengan Tri Kusharjanto)

1998: Medali Perunggu Asian Games, Indonesia Open, Juara Singapura Open, Malaysia Open (Berpasangan dengan Tri Kusharjanto)

1999: Indonesia Open (Berpasangan dengan Tri Kusharjanto)

2000: Medali Perak Olimpiade, Malaysia Open (Berpasangan dengan Tri Kusharjanto); Juara Asia (berpasangan dengan Bambang Supriyanto)

2001: Juara Jepang Open, Finalis Kejuaraan Asia (berpasangan dengan Bambang Supriyanto)

2002: Juara Indonesia Open (berpasangan dengan Bambang Supriyanto).

Susi SusantiIndonesia OpenMinarti TimurBulutangkisTri KusharjantoIndonesia Open 2022

Berita Terkini