x

Sangar! Pelatih Anyar Pebulutangkis Keturunan Indonesia Juga Pernah Tangani Lee Zii Jia

Sabtu, 25 Juni 2022 14:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pelatih anyar pebulutangkis keturunan Indonesia Ng Ka Long Angus, Wong Tat Meng, rupanya juga pernah menangani Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Pelatih anyar pebulutangkis keturunan Indonesia Ng Ka Long Angus, Wong Tat Meng, rupanya juga pernah menangani Lee Zii Jia selain pernah mengorbitkan An Se-yong.

Wong Tat Meng, pelatih bulutangkis asal Malaysia dilaporkan sudah mendapatkan pekerjaan baru setelah melintasi lima negara berbeda dalam menjalankan tugasnya.

Baca Juga

Dia tertangkap sedang menjalani latihan bersama skuad badminton Hong Kong yang akan tampil di ajang Malaysia Open 2022 pekan depan.

Wong Tat Meng sebelumnya memang sempat menjadi sorotan. Bagaimana tidak, dia adalah sosok yang berhasil menemukan bocah ajaib asal Korea Selatan, An Se-Young. 

Sejak diorbitkan Wong Tat Meng, debut An Se-Young di pentas olahraga bulutangkis mengalami kenaikan drastis. Terlebih sejak An berhasil naik podium di Malaysia Open 2019 lalu.

Baca Juga

Usai sukses mengorbitkan An S e-yong, Wong Tat Meng memilih hengkang dan kemudian bergabung dengan pelatnas Hong Kong.

Berlabuh ke Hong Kong, Wong Tat Meng didapuk sebagai juru taktik bagi beberapa pemain top dunia termasuk Ng Ka Long Angus yang punya darah Indonesia .

Dirinya menjadi pelatih tunggal putra dan diharapkan membuat dampak langsung di Malaysia Open 2022 yang akan mulai digelar Selasa (28/06/22) di Axiata Arena di Bukit Jalil.

Baca Juga

An Se-yong dan Ng Ka Long Angus bukanlah dua pemain pertama yang merasakan tangan dingin Wong Tat Meng.

Pelatih berusia 54 tahun itu diketahui mulai melatih dengan berkeliling dunia sejak 2011. Namun, tugas pertamanya adalah melatih tunggal putri Indonesia pada waktu itu.


1. Wong Tat Meng Juga Pernah Melatih Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Setelah dua tahun, Wong Tat Meng memutuskan kembali ke Malaysia. Dia bertanggung jawab membimbing sekelompok pemain muda yang jadi pemain top dunia saat ini.

Dilansir dari The Star, Lee Zii Jia, Cheam June Wei, Soo Teck Zhi dan Soong Joo Ven merupakan sejumlah pebulutangkis Malaysia yang pernah mencicipi arahan Wong Tat Meng.

Baca Juga

“Zii Jia, Cheam, Joo Ven adalah tim terakhir yang saya latih di Malaysia. Senang melihat mereka bermain bagus akhir-akhir ini,” kata Tat Meng.

Di antara murid-muridnya tersebut, Lee Zii Jia adalah yang paling menonjol. Deretan prestasi bergengsi, termasuk juara Badminton Asia Championships 2022 mengantarkannya duduk di peringkat 5 dunia.

Baca Juga

Mantan atlet Piala Thomas itu kemudian merantau ke Skotlandia untuk membimbing tunggal putri Kirsty Glimour pada 2017 hingga 2019.

Negara tujuan berikutnya adalah Korea Selatan pada 2019. Tat Meng dipuji karena mampu memoles An Se-yong menjadi pemain top dunia.

Baca Juga

Selain itu, dirinya juga dipuji karena mengantarkan tim putri Negeri Gingseng memenangkan Piala Uber 2022 pada Mei lalu.

Pindah ke Hong Kong bulan ini, Tat Meng tidak hanya akan melatih peringkat 13 dunia Ng Ka Long Angus, namun juga Lee Cheuk Yiu (15) dan pemain muda Chan Yin Chak dan Jason Gunawan.


2. Lee Zii Jia Ingin Fokus ke Kejuaraan Dunia 2022

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia secara mengejutkan memutuskan mundur dari dua turnamen sekaligus. Alasannya, dia ingin fokus ke Kejuaraan Dunia 2022.

Atlet berusia 24 tahun tersebut memutuskan menarik diri dari Singapore Open, yang berlangsung beberapa hari setelah dua turnamen di Malaysia.

Keputusannya ini terbilang sangat mengejutkan. Terlebih, namanya sudah tercatat di daftar partisipan Singapore Open sejak akhir Mei 2022 lalu.

Namun, belakangan nama Lee sudah tak terpampang lagi pada drawing tunggal putra yang dipublikasikan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia.

Bukan hanya itu, juara All England 2021 itu juga akan melewatkan peluang debut di Commonwelath Games yang digelar di Birmingham dari 28 Juli-8 Agustus.

Dengan mepetnya jadwal persiapan, tunggal putra nomor 5 dunia itu menyatakan akan fokus mempersiapkan diri untuk Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo, Jepang, 22-28 Agustus.

Baca Selengkapnya

MalaysiaHong KongBulutangkisLee Zii JiaNg Ka Long AngusBerita BulutangkisWong Tat Meng

Berita Terkini