x

4 Fakta di Balik Gelar Juara Malaysia Open 2022 yang Diraih Apriyani/Fadia

Senin, 4 Juli 2022 18:14 WIB
Editor: Juni Adi
Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti Juara Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta mengiringi keberhasilan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti menjuarai Malaysia Open 2022.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti sukses menjadi juara Malaysia Open 2022, usai menumbangkan wakil China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu dalam partai final ganda putri, di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (03/07/22) kemarin.

Baca Juga

Kedua wakil bermain sangat ketat di gim pertama dengan skor sama kuat 5-5. Apriyani/Fadia perlahan mulai unggul, tapi Zhang/Zheng mampu menyamakan menjadi 9-9.

Apriyani/Fadia akhirnya bisa menutup interval pertama dengan skor 11-10. Pasca jeda, Apriyani/Fadia kembali menunjukan keperkasaannya.

Mereka unggul tiga poin 15-12. Zhang/Zheng lalu membalikkan keadaan menjadi 15-16 setelah mereka sempat tertinggal empat angka.

3Juga

Apriyani/Fadia kembali tancap gas. Mereka menyamakan kedudukan jadi 18-18. Dua kesalahan yang dilakukan pasangan China, membuat Apriyani/Fadia merebut game point. 

Gim pertama pun ditutup dengan kemenangan Apriyani/Fadia dengan skor 21-18. Memasuki gim kedua, Apriyani/Fadia berusaha keras untuk menjaga keunggulan lagi.

Namun ganda China tampil lebih baik dan menutup interval dengan 10-11. Pasca jeda, Zhang/Zheng unggul empat poin 11-15. Hingga akhirnya mereka terus mendapat poin dan menyudahi gim kedua dengan keunggulan 12-21.

Baca Juga

Di gim ketiga, Apriyani/Fadia langsung tampil beringas. Mereka unggul 4-1. Akan tetapi situasi berbalik karena Zhang/Zheng bisa membalikkan keadaan 5-7.

Apriyani/Fadia tidak menyerah dan terus mendulang poin hingga menutup interval 11-10. 

Pasca interval, mereka juga tampil maksimal, meski sempat mendapat perlawana sengit dari Zhang/Zheng. Gim ketiga ditutup dengan kemenangan ganda putri Indonesia, Apriyani/Fadia dengan skor 21-19.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti pun berhasil merengkuh gelar Malaysia Open 2022. Sejumlah fakta menarik mengiringi di baliknya. Apa saja itu?


1. Final Ketiga

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti Juara Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Sebelum merebut gelar juara Malaysia Open 2022, pasangan ganda putri Apriyani/Fadia harus menemui beberapa kali kegagalan di partai final.

Mereka tercatat masuk tiga kali partai final di empat turnamen bulutangkis yang sudah dilakoninya sejauh ini.

Baca Juga

Dua final lainnya dicapai di SEA Games 2021 dan Indonesia Masters 2022. Sementara di Indonesia Open 2022, keduanya gagal tampil maksimal.

Apriyani/Fadia kala itu terhenti di perempatfinal karena kalah dari pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan, dengan skor 14-21 dan 19-21.

Baca Juga

Gelar Juara World Tour Pertama

Fakta selanjutnya, Malaysia Open 2022 menjadi gelar juara pertama Apriyani/Fadia di world tour BWF. Sejauh ini, mereka diketahui baru mengikuti 3 ajang di world tour BWF.

Ketiga ajang itu adalah Indonesia Masters 2022, Indonesia Open 2022, dan Malaysia Open 2022.

Baca Juga

Kans meraih gelar juara perdana world tour BWF di Indonesia Masters 2022 harus pupus karena Apriyani/Fadia kalah dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan di babak final.


2. Singkirkan Wakil Unggulan

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti Juara Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Apriyani/Fadia membuat decak kagum pecinta bulutangkis di Indonesia, lantaran merebut gelar Malaysia Open 2022 dengan perjalanan yang sangat membanggakan.

Hal itu karena Apriyani/Fadia mampu menyingkirkan sejumlah wakil unggulan mulai dari babak pertama hingga partai final.

Di babak 16 besar, Apriyani/Fadia mengalahkan ganda Jepang on fire, Nami Matsuyama/Chiharu Shida dengan skor 21-16, 21-15.

Kemudian di babak perempatfinal mereka mengalahkan ganda putri China nomor 1 dunia, Cheng Qing/Chen Jia Yi Fan sebelum akhirnya merebut gelar juara.

Tempati Ranking 133

Fakta selanjutnya, Apriyani/Fadia yang baru dipasangkan belum lama setelah Greysia Polii memutuskan pensiun, baru menempati peringkat 133 dunia di Malaysia Open 2022.

Kendati demikian, mereka mampu tampil baik dan membuat kejutan di sejumlah turnamen hingga akhirnya merebut gelar juara Malaysia Open 2022.

Apriyani/Fadia pun semakin menegaskan bahwa meski baru berpasangan, mereka tak bisa dipandang sebelah mata oleh para lawannya. Sebab, mereka terus menunjukkan kinerja luar biasa sejak awal dipasangkan.

TRIVIABulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiMalaysia Open 2022

Berita Terkini