x

2 Fakta Unik di Balik Kesuksesan Chico Wardoyo Jadi Juara Malaysia Masters 2022

Minggu, 10 Juli 2022 17:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo di Malaysia Masters 2022, Jumat (08/07/22). Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Chico Aura Dwi Wardoyo akhirnya berhasil meraih gelar juara Malaysia Masters 2022 kategori tunggal putra. Di balik keberhasilan itu, terdapat fakta menarik yang diciptakannya.

Pebulutangkis kebanggaan Tanah Air tersebut berhasil mengalahkan lawannya asal Hong Kong, Ng Ka Long Angus dengan dua set langsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (10/07/22).

Baca Juga

Pebulutangkis asal Papua tersebut berhasil merebut kemenangan dalam dua gim langsung dengan skor 22-20 dan 21-15.

Keberhasilan Chico Aura Dwi Wardoyo menjuarai Malaysia Masters 2022 turut menorehkan beberapa fakta terkait penampilannya di Malaysia Masters 2022 maupun sebagai pebulutangkis profesional.

Fakta pertama, gelar yang didapat Chico Aura Dwi Wardoyo di Malaysia Masters 2022 merupakan gelar pertama yang ia dapat dalam ajang BWF Super 500.

Baca Juga

Tak hanya itu, ia juga menjadi orang Papua pertama yang berhasil memenangkan gelar BWF Super 500 tersebut.

Selain itu, fakta lain yang terungkap sepanjang Chico mengikuti Malaysia Masters 2022 adalah Chico memainkan dua gim pertandingan hanya di final Malaysia Masters 2022.

Sepanjang babak awal hingga semifinal Malaysia Masters 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo selalu bermain dalam tiga gim melawan lawan-lawannya.

Baca Juga

Fakta ini amat penting bagi Chico untuk tetap menjadi pemacu performanya dalam menghadapi turnamen-turnamen besar lainnya yang akan ia hadapi.


1. Jalannya Pertandingan Tunggal Malaysia Masters 2022

Tunggal Indonesia, Chico Aura ditaklukkan tunggal Singapura Loh akean Yew dengan skor 14-21 dan 14-21 pada babak 16 besar Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Kamis (09/06/22).

Jalannya pertandingan gim pertama terlihat amat seru. Kedua pebulutangkis saling berambisi mencuri keunggulan lewat permainan agresif di sektor depan.

Menjelang interval gim pertama, Chico berhasil memegang keunggulan 9-4 atas Ng Ka Long Angus.

Baca Juga

Pada paruh kedua, selisih makin tipis berkat permainan netting Ka Long yang semakin intensif. Bahkan, Chico sempat tersusul 15-17 dari lawannya.

Kejar-kejaran poin pun terjadi di antara kedua pemain tersebut. Hingga menjelang matchpoint, Chico Aura Dwi Wardoyo menyamakan kedudukan menjadi 19-19 lewat kontrol yang baik.

Namun, akhirnya Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil menutup gim pertama untuk kemenangan bagi dirinya dengan skor 22-20.

Baca Juga

Memasuki gim kedua, Chico Aura Dwi Wardoyo langsung unggul 5-3 atas pebulutangkis Hong Kong keturunan Indonesia tersebut.

Ng Ka Long pun tak mau tinggal diam. Ia kemudian mengejar poin Chico. Bahkan beberapa kali pertandingan terlihat sanga sengit dan membuat kedudukan kerap sama-sama kuat 7-7, 8-8, 9-9, dan 10-10.

Interval kedua akhirnya berhasil direbut Chico Aura setelah pengembalian Ng Ka Long keluar lapangan.

Usai turun minum, Chico justru semakin beringas dengan menjauh dari pebulutangkis Hong Kong tersebut. Bahkan, Chico berhasil unggul sangat jauh 17-11 atas Ng Ka Long.

Baca Juga

Mendekati matchpoint, kesalahan demi kesalahan justru dilakukan Ng Ka Long sehingga memberikan angka cuma-cuma untuk Chico.

Chico kemudian berhasil menyudahi perlawanan atas Ng Ka Long di set kedua dengan 21-15 dan memastikan diri sebagai juara Malaysia Masters 2022.


2. Catat Sejarah

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo di Malaysia Masters 2022, Jumat (08/07/22). Foto: PBSI

Terlepas dari teknik backhand yang dipakai Chico Aura Dwi Wardoyo, kemenangan atas Ng Ka Long Angus di partai final Malaysia Masters ini membuatnya mencatat sejarah tersendiri.

Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi pebulutangkis Indonesia keturunan Papua pertama yang sukses menjuarai gelar World Tour lewat Malaysia Masters.

Selain itu, dia menjadi pemain tunggal putra Indonesia ketiga yang menjadi juara di Malaysia Masters setelah Alamsyah Yunus (2013) dan Simon Santoso (2014).

Baca Selengkapnya: Hasil Malaysia Masters 2022: Bungkam Jagoan Hong Kong, Chico Wardoyo Raih Gelar Juara

Chico Aura Dwi WardoyoNg Ka Long AngusMalaysia Masters 2022

Berita Terkini