x

Sampai Boyong Keluarga ke Kanada, Begini Kabar Mengejutkan Ihsan Maulana Mustofa!

Selasa, 19 Juli 2022 15:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Boyong keluarganya ke Kanada pasca keluar dari PBSI dan menjadi pemain independen, begini kabar terbaru tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa di Kanada.

INDOSPORT.COM – Boyong keluarganya ke Kanada pasca keluar dari PBSI dan menjadi pemain independen, begini kabar terbaru tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa di Kanada.

Perlu diketahui, Ihsan Maulana Mustofa adalah salah satu tunggal putra terbaik yang dimiliki Indonesia. Pria kelahiran 18 November 1995 itu pernah menempati ranking 17 dunia.

Baca Juga

Pada era jayanya, Ihsan Maulana Mustofa menyempurnakan kehadiran 4 serangkai tunggal putra di pelatnas PBSI bersama Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Firman Abdul Kholik.

Sayangnya, saat ini hanya tinggal Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang kerap wira-wiri di berbagai kompetisi sebagai anggota pelatnas.

Ihsan Maulana Mustofa diketahui sudah mundur dari pelatnas PBSI pada Oktober 2019 lalu. Sedangkan Firman Abdul Kholik terdegradasi dari pelatnas pada 2021.

Baca Juga

Usai itu, kehadiran 4 serangkai tunggal putra Indonesia itu kerap dinantikan oleh para penggemar bulutangkis.  Sayangnya, momen itu sangat langka terjadi.

Firman Abdul Kholik diketahui saat ini sedang menetap di Uppsala, Swedia, dengan status sebagai pemain independen dan menjajal karier kepelatihan di sana.

Tak beda jauh dengan rekannya itu, kini Ihsan Maulana Mustofa juga diketahui sedang menetap di Montreal, Kanada, dengan memboyong istri dan anaknya.

Baca Juga

Hal itu sebagaimana diketahui dari unggahan instagram Ihsan Maualana yang kerap mengumbar momen bersama sang istri, Kulsum Jannah, dan anaknya, Zhafran.

Usut punya usut, mantan pemain pelatnas PBSI itu datang ke Kanada bukan sekedar berlibur. Namun dia sedang menjajal karier baru sebagai pelatih di sebuah klub besar Kanada bersama rekannya, Ghaida Nurul Ghaniyu.


1. Jadi Pelatih Bulutangkis di Kanada

Saat ini, Ihsan Maulana Mustofa diketahui melatih bulutangkis di salah satu klub Kanada.

Ya, Ihsan Maulana Mustofa melanjutkan kariernya sebagai pemain independen Indonesia. Namun dia menjajal karier lain sebagai pelatih yang dia geluti selama beberapa waktu belakangan ini.

Teranyar, Ihsan Maulana Mustofa diketahui melatih bulutangkis di salah satu klub Kanada. Hal itu diutarakan oleh mantan tunggal putri pelatnas PBSI, Ghaida Nurul Ghaniyu, yang turut menjadi pelatih Kanada bersama Ihsan Maulana Mustofa.

Baca Juga

“Dia (Ihsan Maulana Mustofa) sebnearnya mengenal saya saat saya masih sangat muda, mungkin SD. Hari-hari berlalu, saya masuk di Djarum Badminton Club sdengan audis pada 2011,” tulis Ghaida Nurul.

“Jadi saya baru mengenal dia di sana dan pada dasarnya dia senior saya. Sampai saya masuk tim nasional PBSI  pada 2016 ketika dia sudah lama bergabung di sana sejak 2012.”

“Jadi kami berinteraksi dan saat itulah kami berbicara tentang karier pelatihan di masa depan Dan sekarang akhirnya kami bekerja sama sebagai pelatih di Kanada(CST Badminton Club).”

Baca Juga

“Adalah suatu yang saya syukuri (akan hal itu) dan semoga kami bisa membuat kerja sama tim yang baik, dampak yang baik, dan bermanfaat bagi orang lain sebagai atlet bulutangkis,” lanjut Ghaida Nurul Ghaniyu.

Sejak mendirikan klub di Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa memang gencar diberitakan melatih di beberapa negara, seperti Singapura dan Kanada.

Sebelumnya sekitar April 2022 lalu, Ihsan Maulana Mustofa bahkan didaftarkan oleh PBSI dan berpartner dengan atlet Kanada dalam mengikuti ajang Mexican International Challenge 2022.

Baca Juga

Ihsan Maulana turun di sektor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran. Pada sektor ganda putra, dia berpasangan dengan pebulutangkis Kanada, Seyed Mohamamd Hossein Vakili.

Begitupun di sektor ganda campuran, Ihsan Maulana Mustofa akan berpasangan dengan juara Uganda International Challenge 2022 asal Kanada, Talia Ng.

Sayangnya, duet itu gagal terlaksana karena mereka mengundurkan diri. Kini, Ihsan Maulana dengan karier baru sebagai pelatih, tentu bertekad memajukan Kanada di sektor bulutangkis!


2. Sempat Jadi Sparring Partner di Singapura

Ihsan Maulana Mustofa sempat ke Singapura untuk menjadi sparring partner Loh Kean Yew dan kawan-kawan dalam misi meraih emas SEA Games 2021.

Sebelum melatih bulutangkis di Kanada, Ihsan Maulana Mustofa juga sempat ke Singapura untuk menjadi sparring partner Loh Kean Yew dan kawan-kawan dalam misi meraih emas SEA Games 2021.

Dari sebuah postingan instagram Loh Kean Yew, atlet andalan Singapura itu pamer foto bersama Vega Vio Nirwanda, Ihsan Maulana Mustofa, dan Vicky Angga Saputra.

Loh Kewan Yew sendiri merasa sangat senang bisa berlatih dengan tiga sparring partner dari Indonesia tersebut. Dia bahkan terkesan dengan semangat para atlet Indonesia dalam berlatih walau tetap berpuasa.

“Terima kasih banyak untuk Vega, Vicky dan Ihsan dan melanjutkan berlatih dan sparring dengan saya meskipun mereka berpuasa selama Ramdan. Dua minggu lagi Hari Raya, semoga Anda bisa merayakannya!” tulis Loh Kean Yew.

Baca selengkapnya: Rekrut Alumni Cipayung, Loh Kean Yew Makin Serius Incar Emas SEA Games 2021

 

PBSIIhsan Maulana MustofaKanadaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini