x

Kenang Momen Borong Medali, Oma Gil Jadi Pemain 'Terlupakan' di Commonwealth Games

Rabu, 27 Juli 2022 16:05 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Indra Citra Sena
Reputasinya sebagai mantan ratu bulutangkis Eropa membuat nama komentator legendaris, Gillian Clark, mencuat jelang All England 2020.

INDOSPORT.COM – Legenda bulutangkis asal Inggris, Gillian Clark, baru-baru ini mengunggah cuitan soal dirinya menjadi pemain terlupakan di Commonwealth Games.

Penggemar bulutangkis yang pernah menonton pertandingan Superseries di televisi pasti pernah mendengar suara khas wanita yang mengomentari pertandingan.

Baca Juga

Suara itu tak lain adalah Gillian Clark, mantan pebulutangkis berkewarganegaraan Inggris Raya. Oma Gill, sapaan akrabnya, lahir pada 2 September 1961.

Ia adalah mantan atlet yang mewakili Inggris Raya di Olimpiade Barcelona 1992 dengan tandemnya, Julie Bradbury. Mereka kalah di perempat final ganda putri dari peraih medali emas dari Korea Selatan.

Baca Juga

Perjalanan karier Oma Gil sebagai pebulutangkis cukup panjang dan dikenal aktif di ganda putri. Namun sepertinya, tak banyak yang tahu jika ia juga pernah berlaga di tunggal putri sekaligus memenangi dua medali perunggu Commonwealth Games.

Belum lama ini, komentator berusia 60 tahun tersebut membagikan cuitan di akun Twitter pribadinya terkait karier bulutangkisnya. Ia mengenang momen tak terlupakan sekaligus terlupakan.

Baca Juga

"Pertandingan Commonwealth Games ke-10 saya @birminghamcg22. Empat sebagai atlet (12 medali termasuk 6 emas) & yang ke-6 sebagai komentator TV," cuitnya.

"Lebih dikenal sebagai pemain ganda, banyak yang lupa bahwa saya juga bermain tunggal. Dua medali perunggu tunggal putri di Commonwealth Games. Kenangan yang membahagiakan," ujar Oma Gil.


1. Lebih Suka Jadi Komentator

Reputasinya sebagai mantan ratu bulutangkis Eropa membuat nama komentator legendaris, Gillian Clark, mencuat jelang All England 2020.

Oma Gill adalah peraih medali perunggu dua kali di Kejuaraan Dunia, masing-masing satu medali di kategori ganda campuran dan ganda putri. Ia juga tiga kali menjadi Juara Eropa terbuka di ganda putri dalam tiga tahun berturut-turut.

Peraih gelar Most Excellent Order of the British empire itu juga memenangkan kejuaraan Eropa ganda campuran saat berpasangan dengan Steen Fladberg dari Denmark.

Baca Juga

Ia telah memenangi dua medali emas, tiga medali perak, dan tiga medali perunggu di Commonwealth Games mewakili Inggris.

Pada kejuaraan bulutangkis All England, ia telah tiga kali menjadi runner-up, dua kali dalam kategori ganda campuran dan sekali dalam kategori ganda putri.

Sebagai komentator, karir Gillian bisa dibilang cukup unik. Saat berkomentar, pendengar seolah-olah dapat merasakan kegembiraan dalam suaranya dan bisa memprediksi apa yang akan ia katakan pada tahap tertentu dari pertandingan.

Baca Juga

Setelah reli yang sangat panjang dan berdenyut-denyut, ia biasanya akan mengucapkan frasa "Sungguh reli yang luar biasa" atau "Saya tidak mempercayainya." Atau setelah pukulan yang luar biasa, ia akan berseru "Ya ampun."

Ketajaman bulu tangkis Oma Gill memang tidak ada duanya. Ia terus meningkatkan pengetahuannya tentang para pemain dan kemudian, ia memberikan wawasan tentang mereka saat mereka sedang beraksi.

Baca Juga

Saat ini, pemilik nama lengkap Gillian Margaret Clark itu dikenal sebagai "suara bulutangkis" dan ia telah menjadi komentator utama untuk BWF selama 25 tahun terakhir.

"Menarik karena saya telah berkompetisi sebagai pemain profesional selama 15 tahun, dan saya telah menjadi penyiar selama 25 tahun. Penyiaran adalah karier utama saya. Bukan (lagi) bermain bulutangkis,” jelasnya saat diwawancarai 360badminton.


2. Oma Gil Kritisi Wikipedia

Komentator Bulutangkis, Gillian Clark.

Belum lama ini, Wikipedia salah meng-input data gelar milik Gillian Clark di Malaysia Open. Komentator yang akrab disapa Oma Gill itu pun ngamuk dan memberi bukti valid.

Sebagaimana diketahui, turnamen Malaysia Open 2022 sudah di depan mata. Turnamen BWF level Super 750 itu akan segera dihelat pada Selasa (28/06/22) di Kuala Lumpur.

Dengan demikian, Gillian Clark alias Oma Gill yang bertugas sebagai komentator, juga bertolak ke Malaysia untuk menyaksikan secara langsung keseruan di lapangan.

Wanita kelahiran 2 September 1961 itu pun flashback ketika ia masih menjadi pemain bulutangkis, dan juara di Malaysia Open.

Namun, betapa terkejutnya Oma Gill, karena Wikipedia salah input namanya pada daftar juara Malaysia Open 1987 ganda campuran.

Baca selengkapnya: Wikipedia Salah Input Data Gelar Miliknya di Malaysia Open, Oma Gill Ngamuk Beri Bukti

InggrisCommonwealth GamesBulutangkisBerita BulutangkisGillian Clark

Berita Terkini