x

Tim Bulutangkis Indonesia Takluk dari Malaysia di Final ASEAN University Games 2022

Jumat, 29 Juli 2022 13:58 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Logo ASEAN University Games 2022. Foto: @BadmintonTalk

INDOSPORT.COM – Tim beregu putra dan putri Indonesia gagal meraih medali emas usai kalah dari Malaysia di final ASEAN University Games 2022.

Sebagaimana diketahui saat ini tengah berlangsung ajang multievent bertajuk ASEAN University Games 2022, yang merupakan pesta olahraga mahasiswa se-Asia Tenggara yang ke-20.

Baca Juga

Ajang ASEAN University Games 2022 sendiri berlangsung sejak 24 Juli hingga 7 Agustus mendatang di Ubon Ratchathani, Thailand.

Pesta olahraga yang digelar dua tahunan itu melibatkan atlet dari sejumlah universitas dari negara anggota ASEAN yang unjuk gigi dalam 23 cabang olahraga.

Indonesia sendiri mengirimkan 99 atlet yang berasal dari 51 universitas yang ada di Tanah Air, di mana mereka bakal memperebutkan medali di 10 cabor, yakni bulutangkis, panjat tebing, pencak silat, atletik, renang, panahan, petanque, karate, taekwondo dan wushu.

Baca Juga

Untuk bulutangkis sendiri telah memainkan sejumlah nomor yang dipertandingkan yakni untuk nomor beregu pria dan wanita.

Melansir @BadmintonTalk di Twitterm Kamis (28/7/22), tim beregu putra Indonesia menurunkan lima wakilnya yakni Muhammad Febriansyah, Reza Dwicahya Purnama, Muhammad Rafi Zafran Ferary, Muhammad Nendi Novatino, Dwiki Rafian Restu.

Sempat menang telak dari Singapura dengan skor 5-0, namun nyatanya skuad Garuda tak mampu mempertahankan dominasinya.

Baca Juga

Sebab, Dwiki Rafian Restu dkk dibantai oleh skuad Malaysia dengan skor 0-3 di babak final beregu putra.

Hasil ini pun membuat tim beregu putra Indonesia gagal menggondol medali emas, dan harus puas membawa pulang medali perak di ASEAN University Games 2022


1. Tim Beregu Putri Raih Medali Perak

Ilustrasi bulutangkis dan raket.

Sementara itu, tim beregu putri yang menurunkan Aurum Oktavia Winata, Debora Pungky Cahyadewi, Nahla Aufa Dhia Ulhaq, Sri Fatmawati, dan Elizabeth Jovita juga harus puas meraih medali perak.

Sebab, tim beregu putri yang juga sempat menang telak 5-0 dari Singapura dan 4-1 dari Thailand nyatanya belum mampu meraih kemenangan di babak final.

Baca Juga

Pasalnya, tim beregu putri Indonesia kalah tipis dengan skor 2-3 dari Malaysia, sehingga gagal membawa pulang medali emas.

Hasil ini berarti Malaysia menyapu bersih dua medali emas sekaligus dari tim beregu putra dan puti di ASEAN University Games 2022.

Baca Juga

Sementara Indonesia harus puas membawa medali perak dari beregu putra dan putri usai kalah dari Negeri Jiran di babak final.

Sementara itu, Thailand selaku tuan rumah berhasil mengamankan medali perunggu usai menaklukan Singapura 3-0 di tim putra dan putri.


2. Jadwal Lengkap Bulutangkis di Bulan Agustus 2022

Jadwal Lengkap Bulutangkis di Bulan Agustus 2022

Berikut jadwal pertandingan bulutangkis di bulan Agustus 2022, di mana terdapat turnamen bergengsi seperti Kejuaraan Dunia hingga Japan Open 2022.

Setelah menggelar lima ajang ASEAN Tur yakni Indonesia Open, Indonesia Masters, Malaysia Open, Malaysia Masters 2022, Singapore Open 2022 dan terakhir Taipei Open pada awal Juni hingga akhir Juli ini, kini BWF siap menggelar ajang bergengsi lainnya.

Menurut kalender BWF dalam lama resminya, setidaknya ada dua turnamen besar yang akan kembali bergulir di bulan Agustus nanti.

Baca selengkapnya: Jadwal Turnamen Bulutangkis Bulan Agustus 2022: Ada Kejuaraan Dunia hingga Japan Open

IndonesiaMalaysiaASEAN University GamesBerita Bulutangkis

Berita Terkini