x

Pernah Umbar Resep Rusak Dominasi Ganda Putra Indonesia, Cai Yun Kini Malah Ketiban Sial

Senin, 1 Agustus 2022 15:08 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Sempat mengumbar resep yang diklaim ampuh untuk memutus dominasi ganda putra China, juara dunia 4 kali asal China, Cai Yun, kini dikabarkan sedang ketiban sial.

INDOSPORT.COM – Sempat mengumbar resep yang diklaim ampuh untuk memutus dominasi ganda putra China, juara dunia 4 kali asal China, Cai Yun, kini dikabarkan sedang ketiban sial.

Sekadar informasi, meski sudah pensiun pada 2016 lalu, legenda ganda putra China, Cai Yun,  memang dikenal cukup kritis dalam mengikuti perkembangan bulutangkis.

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, Cai Yun secara terang-terangan sempat mengutarakan betapa dia mengagumi regenerasi dan dominasi ganda putra Indonesia.

Dalam pernyataan lain, Cai Yun justru mengkritik pedas bagaimana macetnya gelar ganda putra China sejak berpisahnya peraih perak Olimpiade Tokyo 2020, Li Junhui/Liu Yu Chen.

Teranyar, Cai Yun kemudian ‘merevisi’ pernyataannya bahwa China bisa mematahkan dominasi bulutangkis ganda putra Indonesia, asalkan bisa memanfaatkan kelemahan sang lawan.

Baca Juga

“Ganda putra Indonesia memiliki (daya serang) dari backcourt yang kurang baik dan performa yang tidak stabil, ”ucap Cai Yun dilansir dari media China, Sohu.

“Namun mereka (ganda putra Indonesia) dapat menutupi kekurangan di backcourt melalui keunggulan di frontcourt,” sambungnya.

“Kekuatan Indonesia hanya sementara, selama kita memperkuat pelatihan teknis dan taktis kita sendiri dan memanfaatkan kekuatan serta menghindari kelemahan, saya yakin tidak akan terlalu lama untuk menembusnya,” ungkap Cai Yun.

Baca Juga

“Pada akhirnya, kita memiliki karakteristik dan kelebihan kita sendiri. Kita tidak boleh meremehkan diri kita sendiri. Kita secara alami dapat mengalahkan musuh yang kuat dengan memberikan permainan penuh untuk keuntungan kita,” pungkas Cai Yun.

Kini, beberapa waktu setelah pernyataannya viral di berbagai media China, Cai Yun justru diketahui sedang ketiban sial lantaran terpapar cedera di laga eksebisi bulutangkis.


1. Cai Yun Ketiban Sial

Cai Yun secara tidak sengaja mengalami cedera Achilles setelah mengikuti pertandingan bulutangkis amatir di China.

Ya, dilansir dari berbagai media China seperti Sohu, pada Minggu (31/07/22), Cai Yun, secara tidak sengaja mengalami cedera Achilles setelah mengikuti pertandingan bulutangkis amatir di China.

Cai Yun memang menjadi brand ambassador apparel terkenal, Yonex. Jadi dia bekerja keras saat tampil di laga eksebisi bulutangkis itu.

Baca Juga

Tentunya mengalami cedera achiles di umurnya yang sudah 42 tahun, adalah hal yang cukup mengerikan bagi seorang Cai Yun.

Apalagi disebutkan bahwa legenda China itu tak pernah mengalami cedera separah itu selama dia masih menjadi seorang atlet bulutangkis.

Bunyinya demikian dilansir dari Sohu,”Cai Yun adalah brand ambassador merek Yonex. Jadi dia bekerja keras dalam pertandingan.

Baca Juga

“Kali ini (cedera) murni tidak disengaja. Karena Cai Yun tidak pernah mengalami cedera seberat itu selama periode menjadi atlet.

“Sekarang dia (Cai Yun) berusia 42 tahun dan dia cedera dalam pertandingan bulutangkis saat membawa merek yang mengontraknya.”

Selain Cai Yun, apparel Yonex juga mengontrak beberapa legenda bulutangkis terkenal China,seperti Lin Dan dan Wang Zhengming.

Baca Juga

Cai Yun menulis di weibonya, ”sayang sekali saya tidak dapat berinteraksi dengan Anda sampai saya pulih,” sambil menunjukkan potret kaki kanannya yang dibalut perban dan alat bantu.

Tentu saja, penggemar Cai Yun baik di China dan seluruh dunia, mendoakan kesembuhan dan yang terbaik bagi sang legenda bulutangkis Tiongkok itu.


2. China Tanpa Wakil Ganda Putra di Kejuaraan Dunia 2022

Chen Qi Qiu mengatakan bahwa ganda putra menang tidak bisa ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, namun secara kinerja terus meningkat.

Pelatih Chen Qi Qiu atau Ferguso, malah bawa-bawa Indonesia saat berdalih sebab ganda putra di tim China tak ada yang lolos ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 pada 22-28 Agustus.

Dilansir dari media China, Sohu, Chen Qi Qiu mengatakan bahwa ganda putra menang tidak bisa ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, namun secara kinerja terus meningkat.

“Ganda putra China memang akan melewatkan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, namun ganda putra kami sedang meningkat,” ucap Chen Qi Qiu.

“Secara keseluruhan, kinerja di paruh pertama 2022 ini sesuai ekspektasi. Kalah 14 laga, di mana 10 diantaranya adalah kalah dari Indonesia. Statistik ini menunjukkan bahwa ganda putra Indonesia memang memiliki keunggulan saat melawan kami,” sambung Chen Qi Qiu.

“Cai Yun pemain ganda putra yang terkenal juga menyebutkan bahwa kecepatan lini tengah dan depan (Indonesia) adalah senjata ampuh untuk  mengalahkan tim nasional kita,” masih penjelasan Chen Qi Qiu.

Baca selengkapnya: China Tanpa Wakil Ganda Putra di Kejuaraan Dunia 2022, Coach Ferguso Seret-seret Nama Indonesia

 

ChinaAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Cai Yun

Berita Terkini