x

Tak Hanya Momota, Pelatih Indonesia Imam Tohari Rupanya Juga Penemu Bakat Yuta Watanabe

Selasa, 2 Agustus 2022 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Tak hanya Kento Momota, pelatih bulutangkis asal Indonesia, Imam Tohari, juga berjasa saat menemukan bakat besar dari Jepang, Yuta Watanabe.

INDOSPORT.COM - Tak hanya Kento Momota, pelatih bulutangkis asal Indonesia, Imam Tohari juga berjasa saat menemukan bakat besar dari Jepang, Yuta Watanabe.

Sudah menjadi rahasia umum, ada peran pelatih Indonesia dalam kesuksesan karier Kento Momota sebagai pebulu tangkis tunggal putra nomor satu Jepang.

Baca Juga

Adapun sosok yang dimaksud ialah Imam Tohari, eks pebulu tangkis ganda campuran Indonesia, pasangan dari Emma Ermawati.

Saat bersama Emma, Imam Tohari berhasil meraih sejumlah medali, di antaranya emas India Open 1997, perak di Polish Open 1997, dan perunggu di Kejuaraan Dunia 1997.

Usai menyatakan diri 'gantung raket', Imam Tohari akhirnya mulai meniti karier sebagai pelatih di negeri Jepang pada 2002 silam.

Baca Juga

Saat itulah Imam Tohari mulai mengenal salah satu bibit unggulan yang kelak akan menjadi pebulu tangkis hebat kelas dunia di nomor tunggal putra, yakni Kento Momota.

Ketika berbincang di Youtube PB Djarum, Imam Tohari mengaku sampai kini masih berkomunikasi dengan Kento Momota.

Bahkan, saat Imam Tohari mengajak Kento Momota video call, pebulutangkis nomor dua terbaik dunia itu dengan senang hati mengangkatnya, hingga ia melepas rindu.

Baca Juga

"Memang dari kecil sih (sama saya), jadi Kento Momota sangat dekat," ucap Imam Tohari lewat tayangan Youtube PB Djarum.

"Dulu sempat waktu dia masih kelas tiga SMP, saya bawa-bawa ke Indonesia. Saya ajak ikut latihan di tempat Taufik (Hidayat), waktu Taufik masih jadi atlet," imbuhnya.


1. Imam Tohari Minta Yuta Watanabe Fokus Main Ganda

Ganda campuran asal Jepang, Arisa Higashino dan Yuta Watanabe merayakan dengan piala dan medali usai memenangkan final ganda campuran di All England Open 2022. Foto: Reuters/Ed Sykes

Namun, usut punya usut, Kento Momota bukanlah satu-satunya pebulu tangkis kelas dunia yang diorbitkan oleh sang pelatih asal Indonesia, Imam Tohari.

Ketika masih berkarier di Jepang, Imam Tohari juga yang menemukan bakat para pebulu tangkis ganda putra terbaik Jepang, yaitu Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Baca Juga

Kemudian, muncul lagi bibit-bibit atlet bulutangkis Jepang yang mumpuni, sebut saja Yuta Watanabe, Arisa Higashino, dan Aya Ohori.

"Waktu di Tomioka ada Takuro Hoki, Yugo Kobayashi, ada Watanabe Yuta, ada Arisa Higashino, ada Ohori Aya. Mereka adik kelasnya Momota semua," kata Imam.

"Cuma, selain Momota, mereka rasanya memang susah jadi nomor satu dunia," lanjut Imam Tohari, dinukil dari Jawa Pos.

Baca Juga

Bicara soal Yuta Watanabe, Imam Tohari mengakui bahwa ada potensi dari pemain lincah itu untuk menjadi spesialis ganda.

"Begini, waktu saya melatih Momota, Watanabe Yuta ini datang. Dua-duanya, baik Momota dan Watanabe itu memakai tangan kiri," ungkap Imam Tohari lagi.

"Watanabe Yuta itu juniornya Momota. Kalau saya lihat dari fisik dan postur, dia sebetulnya nggak jelek single-nya. Meski kecil, dia bagus banget main single-nya."

Baca Juga

"Waktu saya balik ke Indonesia, saya bilang, kalau anak ini diterusin di single kan sayang. Ini anak punya bakat di atas rata-rata. Jadi, lebih baik fokus di mixed atau double."

"Karena, sejak umur 15 tahun ke bawah itu, sudah kelihatan bakat besarnya. Anak ini (Yuta Watanabe) punya kelebihan di atas rata-rata," pungkas Imam Tohari.


2. Jadwal Turnamen Bulutangkis Terdekat

Ganda campuran asal Jepang, Arisa Higashino dan Yuta Watanabe melakukan selebrasi setelah memenangkan final ganda campuran melawan Wang Yilyu dan Huang Dongping dari China di All England Open 2022. Foto: Reuters/Ed Sykes

Berikut adalah jadwal turnamen bulutangkis terdekat. Beberapa turnamen akan segera digelar di Jepang, negara asal Kento Momota dan Yuta Watanabe.

22-28 Agustus 2022
BWF World Championship 2022

30 Agustus - 4 September 2022
Japan Open 2022 - Osaka

18-23 Oktober 2022
Denmark Open 2022

25-30 Oktober 2022
French Open 2022

JepangPelatihKento MomotaBulutangkisYuta WatanabeHiroyuki Endo/Yuta WatanabeBerita BulutangkisArisa Higashino/Yuta WatanabeYuta Watanabe/Arisa Higashino

Berita Terkini

Berita Terpopuler