x

Nangis Tak Bisa Ikut Kejuaraan Dunia, 'Anak Sulung' Hendra Setiawan Disentil Legenda Jepang

Minggu, 14 Agustus 2022 13:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra China, Liu Yu Chen, curhat tidak bisa ikut Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 dan kesedihannnya malah mendapat respon tengil dari Takeshi Kamura.

INDOSPORT.COM – Ganda putra China, Liu Yu Chen, curhat tidak bisa ikut tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Kesedihannnya malah mendapat respons tengil dari mantan rival Kevin/Marcus, Takeshi Kamura.

Pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 (21-28 Agustus) mendatang, Federasi Bulutangkis China (CBA) memutuskan tidak mengirim satu pun wakilnya dari sektor ganda putra.

Baca Juga

Hal itu karena adanya perombakan total di ganda putra China, sehingga lima pasangan yang diundang BWF berdasarkan sistem peringkat, menolak berpartisipasi.

Mereka adalah He Ji Ting/Tan Qiang, Liu Cheng/Huang Kaixiang, Liu Cheng/Zhang Nan, dan Ou Xuan Yi/Zhang Nan, dan Di Zijian/Wang Chang.

Sejatinya, masih ada satu pasangan yang tampil apik tahun ini, yakni Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi berhasil menjuarai gelar Indonesia Open 2022 dan dua kali runnerup German Open 2022 dan Korea Masters 2022.

Baca Juga

Namun, pasangan racikan anyar tersebut tetap tidak diikutkan ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 karena dirasa belum cukup memenuhi syarat untuk tampil di Kejuaraan Dunia.

Liu Yu Chen atau yang juga dikenal dengan julukan ‘anak sulung’ Hendra Setiawan dari Badminton Lovers Indonesia menyayangkan keputusan CBA tersebut.

Baca Juga

Lewat unggahan di akun Instagram-nya, Minggu (14/08/22), Liu mengaku jika dia sejatinya sangat ingin tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.


1. 'Anak Sulung' Hendra Setiawan Disemangati Legenda Jepang

Takeshi Kamura beri sentilan untuk 'anak sulung' Hendra Setiawan, Liu Yu Chen

Meski demikian, ia akan tetap bisa terbang ke Tokyo untuk melakoni kompetisi yang berlangsung tepat setelah Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, yakni Japan Open 2022.

"Saya sungguh ingin pergi ke Kejuaraan Dunia, tapi saya tidak bisa (emoticon menangis dan mengeluarkan asap dari hidung) sampai jumpa di Japan Open (emoticon tersenyum)," tulis Liu Yu Chen.

Baca Juga

Unggahan Liu Yu Chen itu pun membuatnya dibanjiri ucapan motivasi dari netizen. Namun ada satu komentar yang mencuri perhatian, yakni dari eks pebulutangkis ganda Jepang, Takeshi Kamura.

Takeshi Kamura merupakan mantan ganda putra tersukses Jepang saat berpasangan dengan Keigo Sonoda. Namun keduanya kompak mengumumkan pensiun tahun lalu jelang Piala Sudirman.

Lewat kolom komentar, Takeshi Kamura menyatakan akan tetap menyambut Liu Yu Chen di Tokyo meskipun tidak bisa tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Baca Juga

“(Saya) menunggumu di Jepang, Bro” tulis pemain yang dulu pernah jadi rival bebuyutan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon itu.

Liu Yu Chen disentil Takekshi Kamura usai curhat tidak bisa tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Liu Yu Chen sendiri pernah menikmati masa-masa kejayaannya ketika masih berpasangan dengan Li Junhui. Mereka pernah mencapai peringkat tertinggi 4 dunia BWF selama bermitra.

Baca Juga

Li Junhui/Liu Yuchen pernah sekali memenangkan medali emas di Kejuaraan Dunia 2018 yang digelar di Nanjing, China. Selain itu, mereka juga mengantongi medali perunggu pada edisi Basel 2019.


2. Pelatih Buka Suara Ganda Putra China Absen di Kejuaraan Dunia

Ganda putra China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Sebelumnya, pelatih China, Chen Qi Qiu menjelasan alasan pihaknya tidak mengirim satu pun wakil di ganda putra Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

"Peringkat dunia empat pasangan baru yang kami punya terlalu rendah," kata Chen Qiqiu dilansir dari Sohu.

"Tim ganda putra bulutangkis nasional secara kolektif akan absen dari Kejuaraan Dunia tahun ini. Saya harus mengatakan itu sangat disayangkan," ujar Chen.

"Jika Anda memberi tim China setengah tahun lagi, mungkin mereka akan dapat lolos ke Kejuaraan Dunia, tetapi tidak mungkin, dan sekarang mereka benar-benar tidak dapat memenuhi persyaratan," ujar pelatih bulutangkis China, Chen Qi Qiu.

Baca selengkapnya: China Tanpa Wakil Ganda Putra di Kejuaraan Dunia 2022, Coach Ferguso Seret-seret Nama Indonesia

ChinaBulutangkisTakeshi Kamura/Keigo SonodaBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Liu YuchenKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini