x

Curhat Mendalam Busanan: Bukan Nomor 1, Gagal ke Olimpiade, hingga Alasan Keluar Pelatnas

Selasa, 23 Agustus 2022 21:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Sebuah kisah inspiratif datang dari tunggal putri Thailand, Busanan Ongbrungphan. Dia berjalan dengan kariernya yang tidak mudah dengan penuh inspirasi.

INDOSPORT.COM – Sebuah kisah inspiratif datang dari tunggal putri Thailand, Busanan Ongbrungphan. Dia berjalan dengan kariernya yang tidak mudah dengan penuh inspirasi.

Tentang bagaimana kisah pilunya saat harus menerjang persaingan tunggal putri di negaranya, gagal ikut Olimpiade Rio 2016, hingga keputusan berani untuk keluar dari tim nasional bulutangkis Thailand (BAT).

Baca Juga

Busanan Ongbamrungphan lahir di Nonthaburi, Thailand pada 1996. Perempuan cantik yang disapa ‘Cream’ ini tumbuh sebagai atlet bulutangkis spesialis tunggal putri.

Sejak di junior, prestasinya pun cukup mentereng untuk mengantarkannya sebagai salah satu tunas muda berprestasi di Negeri Gajah Putih.

Saat pindah ke level senior, Busanan Ongbamrungpham menjadi salah satu penghuni pelatnas Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT). Dia kerap diandalkan di berbagai kompetisi.

Baca Juga

Hingga saat ini, pada tahun 2022, Busanan Ongbamrungpham menjadi tunggal putri ranking 12 dunia dengan capaian yang sangat mentereng.

Harus diakui, capaian itu tidaklah buruk. Namun persaingan tunggal putri Thailand cukuplah sengit. Saat ini saja, dia berdiri sebagai tunggal putri lapis 3 Thailand setelah Ratchanok Intanon dan Pornpawee Chochuwong.

Dari persaingan yang ada, dia ingin mencoba membuat perubahan pada kariernya, untuk menerjang keterbatasan, dalam misi meraih tiket kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris.  

Baca Juga

Busanan Ongbamrungpham akhirnya mencari jalan berbeda dengan memutuskan keluar dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT).

“Saya dengan asosiasi tidak punya masalah. Tapi pilihan ini bertujuan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik,” ucap Busanan Ongbamrungphan melansir Stadium TH.


1. Memori Buruk Gagal Ikut Olimpiade 2016

Memori buruk Busanan Ongbamrungphan di Olimpiade 2016.

Busanan Ongbamrungpham memang memutuskan keluar dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT), yang diumumkan melalui instagram pribadinya pada Rabu (18/05/22).

Debutnya sebagai pemain professional adalah di ajang Indonesia Masters 2022 yang saat itu berlangsung 7-12 Juni di Istora Senayan Jakarta.

Baca Juga

Meman dia belum menjadi juara pasca keluar dari pelatnas. Namun tujuan besarnya adalah mencapai kualifikasi Olimpiade 2024 di Paris.

Berstatus pemain professional, Busanan mau sebanyak-banyaknya ikut turnamen karena tidak ingin memori buruknya terulang ketika harus gagal mencapai kualifikasi Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

“Saya melewatkan Olimpiade 2016, ketika saya tidak mengumpulkan poin yang cukup. Jadi saya pikir jika ada kesempatan lain, saya harus melakukannya lebih keras,” ucap Busanan melansir Stadium TH.

Baca Juga

Kini tantangannya sebagai pemain non pelatnas Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT),  memang lebih kompleks,karena harus mengurus sponsor, pembiayaan, dan semuanya. Namun dia percaya diri dengan semuanya.

“Saya sangat lelah akhir-akhir ini. Banyak hal yang harus saya hadapi dan pikirkan. Tetapi jilka kita pikirkan lagi, saya sangat beruntung karena banyak orang yang percaya pada kita.”

“Teman-teman di sekeliling saya banyak yang mengulurkan tangan untuk membantu saya, dan itu sebagai kekuatan pendorong. Terima kasih untuk semua orang di sini,” sambung Busanan.

Baca Juga

“Dalam mendapatkan apa yang kita inginkan, terkadang kita harus mengorbankan sesuatu. Tidak peduli seberapa sulit atau mudah, selalu ada jalannya,” ucap Busanan.

“Apa yang saya lakukan sekarang ini adalah proses berjalan untuk mendapatkan masa depan yang kita harapkan,” sambung Busanan.

“Jika Anda bertanya apakah saya takut sekarang? Jawabannya saya tidak takut sama sekali. Tetapi ketika saya sudah mulai bosan dengan olahraga, itu justru yang lebih menakutkan,” pungkasnya.  


2. Digandeng Sponsor Keren

Baru putuskan keluar dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT), pemain putri, Busanan Ongbamrungphan langsung digandeng sponsor ternama dalam debut di Malaysia Open 2022.

Baru putuskan keluar dari pelatnas Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT), pemain putri, Busanan Ongbamrungphan langsung digandeng sponsor ternama dalam debut di Malaysia Open 2022.

Melansir instagram @felet_sports pada Selasa (28/6/22), Felet Sports mengumumkan bahwa Busanan Ongbamrungphan telah resmi menandatangi kerjasama dengan mereka.

“Dia adalah selanjuntya. Pemain peringkat 11 dunia, Busanan Ongbamrungphan yang sangat hangta untuk bergabung dengan keluarga FELET,” tulis @felet_sports.

“Kami yakin dia dapat naik ke peringkat 10 besar dan terutama bisa menargetkan untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan dukungan kami.”

Baca selengkapnya: Baru Putuskan Keluar Pelatnas, Pebulutangkis Cantik ini Langsung Digandeng Sponsor Tak Main-main

 

ThailandBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis Thailand (BAT)Busanan Ongbamrungphan

Berita Terkini