x

Lebih Senior dari Hendra Setiawan, Bapak dan Ibu Ini Jadi Pebulutangkis Tertua di Kejuaraan Dunia

Selasa, 23 Agustus 2022 15:41 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis Israel, Svetlana Zilberman.

INDOSPORT.COM – Siapa yang menyangka terdapat pemain yang lebih tua dari Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Seperti yang diketahui, saat ini sejumlah pebulutangkis dari berbagai penjuru dunia tengah unjuk gigi di ajang BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

Kompetisi major events tersebut berlangsung selama sepekan sejak Senin (22/8/22) hingga Minggu (28/8/22) di Tokyo Metropolitan Stadium, Jepang.

Selain para pemain bintang, ternyata ajang bergengsi ini juga diikuti oleh dua pemain tua dan tentunya langsung menjadi sorotan.

Namun sosok tersebut bukanlah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, karena keduanya saat ini masih berusia 34 dan 37 tahun.

Baca Juga

Sedangkan dua pemain tertua di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 usianya lebih dari setengah abad atau lebih dari 50 tahun.

Sosok tersebut ialah pemain ganda campuran asal Amerika Serikat, Mathew Fogarty yang saat ini sudah berusia 65 tahun dan Svetlana Zilberman berumur 64 tahun.

Meski berpasangan dengan Isabel Zhong yang saat ini berusia 30 tahun, namun Mathew Fogarty tetap mampu tampil enerjik dan beberapa kali mengikuti ajang BWF World Tour.

Baca Juga

Mathew Fogarty sendiri bermain di tiga sektor yakni ganda putra, tunggal putra dan ganda campuran.

Namun saat ini Mathew Fogarty fokus tampil di nomor ganda campuran, di mana ia pernah menduduki peringkat ke-72 dunia dan sementara saat ini berada di peringkat ke-118 dunia. 


1. Kiprah Mathew Fogarty dan Svetlana Zilberman

Ilustrasi bulutangkis dan raket.

Mathew Fogarty sendiri telah merebut empat gelar di Kejuaraan Bulutangkis Nasional Amerika Serikat pada kategori ganda campuran pada tahun 1980, 1984, 1986, dan 2000.

Bahkan, di usianya yang sudah mencapai enam dekade itu, Fogarty masih bisa mempersembahkan medali untuk negaranya. Terakhir, Ia berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Pan Am 2014.

Baca Juga

Selain berprofesi sebagai atlet bulutangkis profesional, Mathew Fogarty juga bekerja sebagai dokter untuk Angkatan Laut Amerika Serikat.

Meski berharap meraih hasil apik, namun sayang pasangan Mathew Fogarty/Isabel Zhong tersingkir lebih cepat karena memutuskan retired saat skor menyentuh 8-21 dan 2-19 dari pasangan Malaysia Chen Tang Jie/Peck Yen Wei di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Selain Mathew Fogarty, Svetlana Zilberman yang berusia 64 tahun juga menjadi pebulutangkis tertua kedua di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Berpasangan dengan sang anak Misha Zilberman di sektor ganda campuran, Svetlana Zilberman baru saja mencetak rekor mencengangkan.

Baca Juga

Melansir dari Badminton Statistics, Svetlana Zilberman baru saja dinobatan sebagai pemain tertua yang pernah memenangkan pertandingan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Ia melampaui rekor yang ditorehkan oleh Matthew Fogarty yang sebelumnya mencatatkan namanya sebagai pemain tertua yang pernah menang saat berusia 46 tahun pada edisi 2003 yakni 28 Juli 2003 silam.


2. Sepak Terjang Svetlana Zilberman

Ilustrasi bulutangkis dan raket.

Svetlana Zilberman sendiri telah merasakan kejayaannya sejak lama. Namun kemenangan terbesarnya ialah saat meraih medali perunggu di nomor tunggal putri pada Kejuaraan Bulutangkis Eropa 1986.

Selain itu, Svetlana Zilberman juga mencetak sejumlah gelar di negara asalnya yakni Israel.

Salah satunya ialah menang sebanyak 17 kali di nomor tunggal putri dan ganda putri Kejuaraan Bulutangkis Nasional Israel.

Kariernya di ganda campuran juga tak kalah mentereng yakni pernah meraih 21 kali gelar.

Sementara itu, Svetlana Zilberman sudah mentas di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada edisi 2009, 2010 dan 2019.

Namun baru edisi kali ini ia meraih kemenangan usai mengalahkan pasangan asal Mesir, Adham Hatem Elgamal/Doha Hany dengan skor 16-21,21-18, 21-11 di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Hendra SetiawanMathew Fogarty/Isabel ZhongBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022Svetlana Zilberman

Berita Terkini