x

Makin Kaya! Jadi Juara Dunia, Ganda Putra Malaysia Dapat Bonus dari Pemerintah

Kamis, 1 September 2022 23:40 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik

INDOSPORT.COM - Juara dunia bulutangkis 2022 di sektor ganda putra, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik akan mendapatkan hadiah tambahan dari pemerintah Malaysia.

Hal tersebut dipastikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu, Kamis (01/09/22).

Baca Juga

Sang menteri menyatakan pemerintah akan memberikan Aaron Chia/Soh Wooi Yik penghargaan spesial, sebagai tambahan dari hadiah uang masing-masing senilai 20 ribu ringgit atau sekitar Rp66 juta.

Hadiah uang tersebut sudah dicanangkan sebelumnya berdasarkan Skema Hadiah Olahraga (SHAKAM) milik kementerian.

“Ini pertama kalinya orang Malaysia juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis, jadi kementerian memastikan mereka akan mendapat hadiah selain yang disediakan SHAKAM,” tutur Ahmad Faizal, dikutip dari Malay Mail.

Baca Juga

“Namun saya tidak akan mengatakan jumlahnya berapa sekarang. Kami ingin mereka memenangkan lebih banyak gelar,” lanjutnya dalam sesi konferensi pers saat menyambut kepulangan Chia/Soh.

Pada pertandingan final Kejuaraan Dunia 2022 Minggu (28/08/22) lalu, Aaron Chia/Soh Wooi Yik sukses mengandaskan pasangan veteran Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pasangan Malaysia sukses merebut kemenangan di Tokyo, Jepang, dengan skor akhir 21-19 dan 21-14.

Baca Juga

Sementara itu, Presiden Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) Tan Sri Mohamad Norza Zakaria sudah mengumumkan bahwa Aaron dan Wooi Yik akan mendapatkan hadiah sebesar 150 ribu ringgit (sekitar Rp500 juta) dari BAM.

Kemudian sponsor mereka yaitu Yonex, akan memberikan hadiah uang sebesar 50 ribu ringgit atau sekitar Rp166 juta.


1. Menpora Minta Warga Malaysia Jangan Hujat Atlet

Selebrasi Aaron Chia/Soh Wooi Yik usai kalahkan Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo 2020.

Hadiah tambahan untuk Aaron Chia dan Soh Wooi Yik ini akan diberikan saat acara spesial pekan depan, bersamaan dengan peraih medali lain di beberapa kejuaraan seperti SEA Games dan Commonwealth Games 2022.

Menpora Malaysia lantas mengingatkan para pencinta olahraga di negaranya untuk tidak melayangkan kritik terlalu keras kepada atlet nasional yang tidak tampil baik.

Baca Juga

“Kritik membangun yang bisa meningkatkan penampilan mereka silakan saja, tapi jangan terlalu keras sampai mematahkan semangat juang mereka,” tuturnya.

“Sebagai fans kita harusnya membangkitkan semangat para atlet.”

“Sebelumnya, Aaron dan Wooi Yuk dikritik karena sering gagal di semifinal. Namun mereka gigih dan membuktikan diri sendiri dengan membawa pulang gelar juara dunia,” tutupnya.

Baca Juga

Apalagi, kemenangan Aaron dan Wooi Yik ini makin spesial karena bertepatan dengan hari kemerdekaan Malaysia.

Keberhasilan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik tak dapat dilepaskan dari sosok sang pelatih, Rexy Mainaky. 

Pelatih asal Indonesia tersebut menjadi sosok yang dapat dikatakan paling berjasa semenjak dirinya kembali ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Oktober 2021 yang lalu. 

Baca Juga

Mengakui datang kembali ke BAM dengan kondisi internal yang cukup amburadul, Rexy kemudian menyusun beberapa rencananya. 

Rencana tersebut tak lain dan tak bukan adalah mengubah mentalitas dan pola pikir yang keliru yang selama ini tertanam di para pebulutangkis Malaysia tersebut.


2. Soh Wooi Yik Sebut Ahsan/Hendra Biang Kesuksesan Mereka

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Salah satu ganda putra Malaysia, Soh Wooi Yik mengutarakan jika pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan telah menjadi biang kesuksesannya.

Sebagaimana diketahui, Malaysia baru saja berhasil mengukir sejarah dengan berhasil merengkuh gelar di Kejuaraan Dunia Bulutangkis untuk kali pertama.

Pasangan ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik menjadi pahlawan Malaysia saat mereka menorehkan momen bersejarah tersebut.

Ganda putra peringkat enam dunia tersebut berhasil mengalahkan pasangan asal Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Kendati berhasil menorehkan prestasi luar biasa, Soh Wooi Yik tetap rendah hati dan mengaku usahanya terinspirasi dari Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Baca Selengkapnya
MalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Aaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini