x

3 Nestapa Daniil Medvedev di US Open 2022, Gagal Saingi Catatan 17 Tahun Roger Federer

Selasa, 6 September 2022 12:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Daniil Medvedev mengubur mimpinya juara US Open 2022. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Daniil Medvedev bikin heboh publik usai tersingkir dari US Open 2022 dan gagal dalam perjuangannya menyaingi Roger Federer.

Turnamen tenis Grand Slam US Open 2022 yang masih berlangsung saat ini sudah menggugurkan banyak pemain papan atas dunia, termasuk Serena Williams dan Rafael Nadal.

Baca Juga

Nama yang pertama, tumbang di tangan Alja Tomljanovic di putaran ketiga tempo hari, sedangkan sang raja tanah liat yakni Rafael Nadal terdepak di 16 besar.

Petenis asal Spanyol tersebut dikandaskan Frances Tiafoe lewat empat set di Arthur Ashe setelah mengalami hari buruk di US Open 2022.

Sebelum sampai ke 16 besar, Rafael Nadal harus menghadapi Richard Gasquet dan bahkan berdarah-darah di pertandingan melawan Fabio Bognini.

Baca Juga

Gara-gara terkena raket sendiri, hidung Rafa sampai berdarah dan harus mendapatkan perawatan medis di lapangan.

Namun sayang perjuangannya harus terhenti di 16 besar walaupun berstatus unggulan kedua di edisi kali ini.

Akan tetapi, apa yang dialami Rafael Nadal tersebut tidak lebih buruk dari pencapaian petenis Rusia, Daniil Medvedev.

Baca Juga

Kekalahan dari Nick Kyrgios do 16 besar US Open 2022 pun membawa nestapa tersendiri bagi dirinya. Mengapa?

Unggulan Pertama

Sebagai unggulan pertama di US Open 2022, Daniil Medvedev tentu banyak difavoritkan jadi juara. Apalagi, ketika lawan berat seperti Novak Djokovic dan Alexander Zverev absen dari turnamen.


1. Nestapa Daniil Medvedev di US Open 2022

Daniil Medvedev mengubur mimpinya juara US Open 2022. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Hanya saja, ekspektasi tersebut gagal dipenuhi Daniil Medvedev. Berada di urutan teratas, ia justru dihantam Nick Kyrgios yang berada di urutan ke-23.

Petenis yang terkenal dengan temperamennya itu bahkan sempat menjadi kuda hitam di Wimbledon 2022 dengan melangkahkan kakinya di final.

Baca Juga

Meski mendapat durian runtuh di semifinal karena Rafael Nadal cedera, Nick Kyrgios menunjukkan perlawanan di partai puncak saat berhadapan dengan Novak Djokovic.

Kini, ia berhasil menumpas unggulan pertama di US Open 2022, yang bisa dibilang sebagai hasil di luar dugaan. Lantas, apakah kemenangan ini akan menjadi booster bagi Nick Kyrgios di sisa turnamen?

Namun apa pun itu, yang jelas ini merupakan kekecewaan besar bagi Daniil Medvedev yang sedang berjuang bangkit setelh konfilik Rusia-Ukraina beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ranking

Nestapa lainnya yang dirasakan Daniil Medvedev usai tersingkir dari 16 besar US Open 2022 adalah posisinya di daftar ranking.

Ia terancam lengser dari tunggal putra nomor satu dunia, posisi yang berhasil diraihnya dengan susah payah belum lama ini.

Performa petenis berusia 26 tahun tersebut dalam beberapa turnamen terakhir memang tidak mengesankan. Belum lagi ditambah isu konfik yang menyeret negaranya dengan Ukraina.

Baca Juga

Tidak banyak mendapat poin berharga, kini ia harus kehilangan lagi setelah kandas di tangan Nick Kyrgios di US Open 2022.

Hasil ini pun membawa keuntungan bagi dua petenis, Carlos Alcaraz dan Casper Ruud, untuk meraup poin demi mendongkrak ranking mereka.


2. Gagal Saingi Catatan Impresif Roger Federer

Daniil Medvedev mengubur mimpinya juara US Open 2022. Foto: Clive Brunskill/Getty Images.

Kegagalan Daniil Medvedev melangkah ke perempat final US Open 2022 juga membuat sang petenis gagal menyaingi catatan 17 tahun yang dipegang Roger Federer.

Pasalnya, jika masih bertahan, itu artinya ia berhasil mempertahankan gelar yang diraih pada edisi 2021 lalu.

Baca Juga

Bahkan, ia bisa menyamai rekor 17 tahun lalu yang diukir Roger Federer di US Open 2005. Ya, gelar juara Daniil Medvedev pada 2022 akan membawanya setara dengan sang senior.

Mereka akan sama-sama menjadi juara bertahan yang berhasil mempertahankan gelar sepanjang sejarah US Open.

Memang bukan yang pertama, lantaran capaian ini juga sempat ditorehkan Patrick Rafter, Pete Sampras, Ivan Lendl, John McEnroe, dan beberapa lainnya setidaknya sekali dalam karier mereka.

Baca Juga

Hanya saja, catatan yang diukir Roger Federer sebagai juara bertahan 2005 sejauh ini adalah yang terakhir yang terjadi di US Open.

Setelah memenangkan gelar perdana, legenda tenis asal Swiss tersebut sukses mempertahankan gelar pada 2005 yang berlanjut hingga 2006, 2007, dan 2008.

Nah masalahnya setelah itu, trofi men’s singles di US Open terus bergulir ke pemenang yang berbeda dan setiap tahunnya.

Baca Juga

Nama-nama seperti Rafael Nadal dan Novak Djokovic memang tercatat menang lebih dari sekali tapi tidak ada satu pun gelar yang mereka peroleh secara beruntun.

Sampai akhirnya, kesempatan itu datang ke Daniil Medvedev pada 2022. Namun sayang, catatan impresif Roger Federer sebagai petenis terakhir yang mempertahankan gelar US Open masih utuh hingga detik ini.

Nick KyrgiosDaniil MedvedevTenisUS OpenBerita Tenis

Berita Terkini