x

Lagi Terpuruk, Lee Zii Jia Dapat Dukungan Penuh dari Juara Dunia Bulutangkis

Rabu, 7 September 2022 15:37 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM - Juara dunia bulutangkis asal Malaysia, Soh Wooi Yik, memberikan dukungan manis untuk Lee Zii Jia yang akhir-akhir ini sedang terpuruk.

Pasangan Aaron Chia itu yakin Zii Jia akan segera bangkit dan kembali menunjukkan performanya yang luar biasa.

Baca Juga

Dukungan Soh Wooi Yik tersebut ia layangkan melalui akun Twitternya. Ia dan Zii Jia memang merupakan sahabat kental sejak 2011.

“Siapa yang butuh pahlawan super saat kamu punya saudara yang luar biasa untuk selalu mendukungmu?” cuit Wooi Yik.

“Aku akan mengangkatmu saat kamu jatuh. Aku akan mendukungmu saat yang lain tidak ada.”

Baca Juga

Lee Zii Jia sendiri memang tengah banyak dikritik karena tidak tampil maksimal dalam beberapa turnamen bulutangkis belakangan ini.

Di bulan lalu, ia bahkan tersingkir di babak 16 besar dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Tokyo, Jepang.

Baca Juga

Zii Jia juga kalah di babak pertama Japan Open 2022, hasil terburuknya selama putaran turnamen tahun ini.

Di sisi lain, Soh Wooi Yik sedang dalam puncak performa. Bersama partnernya, Aaron Chia, ia meraih gelar juara dunia bulutangkis, pertama sejak 45 tahun terakhir untuk Malaysia.


1. Soh Wooi Yik Juga Pernah di Posisi Sama

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Soh Wooi Yik lantas memberi klarifikasi soal cuitannya itu ketika ditemui New Straits Times di Akademi Bulutangkis Malaysia.

“Saya telah mengalami momen yang sama, jadi saya paham bagaimana rasanya,” tuturnya lagi.

Baca Juga

“Mungkin tidak enak bagi saya untuk mendiskusikan keadaan Zii Jia, tapi seperti yang Anda lihat, dia tidak dalam kondisi yang bagus. Dia sepertinya tidak percaya diri.”

Namun pebulutangkis berusia 24 tahun itu yakin keadaan tersebut tak akan berlangsung lama.

“Bagaimana pun, saya percaya Zii Jia akan bangkit kembali. Saya akan mendukungnya di media sosial karena saya sudah pernah mengalaminya,” terang Wooi Yik.

Baca Juga

“Zii Jia adalah orang yang membantu saya ketika saya sedih. Dia memberikan banyak nasehat. Saya rasa karena dia adalah seorang juara, dia akan tahu bagaimana cara melewatinya.”

“Kami sering saling menyemangati dan meski kami berlatih di tempat berbeda, kami sering menghabiskan waktu bersama.”

Baca Juga

Soh Wooi Yik dan Lee Zii Jia diketahui memang pernah bermain ganda putra saat masih berstatus pemain junior.

Mereka menggondol medali perak di Kejuaraan Asia U-15 2012 yang berlangsung di China dan menjadi juara National Junior Grand Prix Finals U-14 pada 2014 silam.


2. Lee Zii Jia Ternyata Tengah Menderita

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Pebulutangkis asal Malaysia, Lee Zii Jia, ditumbangkan oleh wakil asal India, K. Srikanth, di Japan Open 2022. Kondisi pemain andalan Malaysia ini ternyata lebih buruk dari dugaan.

Sebelumnya, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang dilangsungkan di Jepang baru saja usai. Namun, Lee Zii Jia harus menelan pil pahit saat Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 itu berlangsung. 

Bagaimana tidak? Langkahnya harus terhenti di 16 besar. Zii Jia harus mengakui kemenangan non-unggulan asal China, Zhao Jun Peng, dalam tiga set, 19-21,21-11, dan 19-21.

Tentu hal ini memberi luka mendalam bagi pebulu tangkis asal Malaysia itu lantaran ia adalah pebulutangkis unggulan atas dunia.

Bahkan, sepanjang tahun 2022, Zii Jia bisa dianggap sebagai pebulutangkis tunggal putra yang memiliki performa yang stabil. Namun, setelah dikalahkan oleh junior Lin Dan dari China itu, Lee Zii Jia dengan sportif mengakui kelemahannya.

Baca Juga
BulutangkisLee Zii JiaAaron Chia/Soh Wooi YikBerita Bulutangkis

Berita Terkini