x

Rexy Mainaky Akui Nyaris Pisahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Malah jadi Juara Dunia

Rabu, 7 September 2022 15:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik

INDOSPORT.COM - Direktur pelatih ganda bulutangkis Malaysia, Rexy Mainaky akui nyaris memisahkan pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, sebelum menjadi juara dunia.

Sebagaimana diketahui, Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia baru saja menyabet gelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Mereka menjegal Ahsan/Hendra di final.

Baca Juga

Ada perjalanan sulit yang mereka tempuh sampai akhirnya bisa menyabet gelar juara dunia. Sebab, performa Aaron/Soh memang tidak konsisten dan kerap tersingkir cepat.

Kalaupun bisa bersaing, Aaron/Soh hanya mentok di semifinal, kemudian tersingkir. Hal ini membuat mental keduanya ikut menurun.

Publik Malaysia mulai gerah. Banyak yang berharap agar Aaron Chia dipisahkan saja dengan Soh Wooi Yik, dengan harapan mereka bisa berprestasi dengan partner lain.

Baca Juga

Selentingan itu juga kerap didengar oleh pelatih berkebangsaan Indonesia, Rexy Mainaky. Ia pun mengaku sempat terpikir untuk memisahkan Aaron dan Wooi Yik.

"Saya melihat beberapa bulan ini, jika sampai dalam satu tahun saya tidak bisa mengubah mereka, tidak bisa keluar (jadi juara), memang ada pemikiran untuk pisah."

Baca Juga

"Mungkin kalau mereka tidak bisa lebih jauh, ada rencana untuk split (bertukar pasangan). Memang saya ada juga dengar rumor orang-orang minta split," jelasnya.

Namun, mengingat Aaron Chia/Soh Wooi Yik adalah ganda putra peringkat teratas di Malaysia, otomatis mereka tetap dipanggil ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 Tokyo.


1. Rexy Mainaky Tatap Masa Depan cerah Bulutangkis Malaysia

Pelatih bulutangkis, Rexy Mainaky.

Saat menjadi bintang tamu di Youtube Tan Boon Heong, Rexy Mainaky menuturkan bahwa tidak ada yang salah jika ada pasangan yang harus dipisahkan.

"Kita ambil positifnya saja, kalau orang minta split itu bukan orang memandang negatif, tapi orang melihat mereka punya jalan lebih baik kalau berpisah," jelasnya.

Baca Juga

Namun, menjelang rencana perpisahan itu, Aaron Chia/Soh Wooi Yik justru makin gacor dan menjuarai Commonwealth Games 2022.

Saat dicoba lagi di Kejuaraan Dunia 2022, Aaron Chia/Soh Wooi Yik juga menunjukkan performa yang berbeda, dan akhirnya bisa mematahkan kutukan hingga menjadi juara.

Dengan capaian tersebut, Rexy Mainaky pun menunda atau membatalkan rencana untuk memisahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dan berharap mereka bisa konsisten.

Baca Juga

"Dengan Aaron/Wooi Yik menang Kejuaraan Dunia, dia harus buktikan bahwa dia benar benar juara di Super Series, yang memiliki mental juara, bukan spesialis semifinal."

Selain Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Rexy Mainaky juga menaruh harapan pada pasangan ganda putra Malaysia lainnya, Goh Sze Fei/Nur Izzudin yang naik daun.

Tak lupa, dari sektor ganda putri, Malaysia juga mulai unjuk kebolehan di level dunia,  lewat Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Baca Juga

"Kita punya Goh/Izzudin, dan sekarang kita juga punya Pearly/Thinaah. Bukan kita mau mengecilkan yang lain, tapi untuk sekarang tiga pasangan ini yang bisa kita harapkan."

Belum ada turnamen besar dalam waktu dekat. Rexy Mainaky menyiapkan skuat bulutangkis Malaysia untuk tur Eropa yang dimulai pada pertengahan Oktober nanti.


2. Jadwal Turnamen Bulutangkis Terdekat (World Tour)

Peraih medali perunggu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan runner upMohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Denmark Open 2022 - Odense, Denmark
18-23 Oktober 2022

French Open 2022 - Paris, Prancis
25-30 Oktober 2022

Hylo Open 2022 - Saarbrucken, Jerman
1-6 November 2022

Australian Open 2022
15-20 November 2022


Jadwal Non-World Tour (Super 100)

Vietnam Open 2022 - Ho Chi Minh, Vietnam
27 September - 2 Oktober 2022

Canada Open 2022 - Calgary, Kanada
27 September - 2 Oktober 2022

Rexy MainakyRexy MainakiBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Aaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World ChampionshipsKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini