x

Skandal Yeremia Rambitan di SEA Games 2021, Pramudya Akhirnya Ungkap Fakta Sebenarnya

Jumat, 9 September 2022 15:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Yeremia Rambitan sempat terkena skandal di SEA Games 2021. Pramudya Kusumawardana akhirnya mengungkap fakta sebenarnya.

Beberapa waktu lalu, viral di media sosial, di mana Yeremia Rambitan dituduh melakukan pelecehan ke volunteer SEA Games 2021, sehingga menuai kecaman dari netizen.

Baca Juga

Kejadian ini bermula saat Yeremia Rambitan melakukan live di akun TikTok pribadinya. Tampak tim bulutangkis Indonesia hendak kembali ke Tanah Air usai tampil di Vietnam.

Rombongan pun berpisah dengan para volunteer, yang telah membantu mereka selama di Vietnam. Yeremia Rambitan juga turut memberikan ucapan perpisahan.

Namun, di sela-sela perpisahan, Yeremia mengucapkan kata yang tidak pantas pada volunteer wanita. "I love you, I want to f**k you," kata Yeremia Rambian sambil tertawa.

Baca Juga

Ucapan Yeremia itu pun langsung viral. Hal tersebut membuat netizen ikut kesal. Guna meredam suasana, yeremia pun meminta maaf lewat akun Instagram resmi PBSI.

"Halo semuanya, atas nama pribadi, saya Yeremia. Saya mohon maaf kepada PBSI, NOC Indonesia, dan pecinta bulutangkis Indonesia," kata Yeremia di sebuah video.

Baca Juga

"Saya menyesali perbuatan saya, dan khilaf saat bercanda dengan perkataan perkataan saya. Pelatih sudah menegur saya dengan keras, dan saya sudah minta maaf kepada volunteer SEA Games itu," ungkapnya.

"Sekali lagi saya meminta maaf untuk semuanya," pungkas Yeremia mengakhiri pernyataan resminya, sehingga skandal itu pun sudah tak lagi dibicarakan oleh netizen.


1. Pelajaran Berharga dari Kasus Yeremia

Pasangna Pramudya/Yeremia usai menyamakan skor melawan Thailand di semfinal cabor bulutangkis SEA Games 2021.

Seiring waktu, Pramudya Kusumawardana akhirnya buka suara. Dalam program Close Up yang dipandu Yuni Kartika, ia mengaku bahwa skandal itu tak seharusnya heboh.

Pasalnya, Yeremia Rambitan memang khilaf mengucapkan kata-kata tak senonoh, tetapi tidak di hadapan volunteer SEA Games itu, melainkan pada sesama atlet Indonesia.

Baca Juga

Namun, kata-kata itu kemudian dipotong oleh oknum dan disebarluaskan di media sosial. Pramudya pun mengambil pelajaran berharga dari hebohnya skandal tersebut.

"Itu kayak stupid sih, nggak perlu lah, saya nggak bisa berkata-kata," ucap Pramudya.

"Sebenarnya itu videonya nggak seburuk itu, yang tersebar tuh sudah di-cut gitu. Sebenarnya, orang Vietnam itu nggak dengar, dia sudah pergi," jelas Pram.

Baca Juga

Konon, guna meredam amarah publik, Yeremia meminta maaf langsung di akun resmi PBSI, walau saat itu ia belum tahu masalah apa yang tengah membelitnya.

"Bahkan pas Yere minta maaf (di Instagram PBSI), dia tuh nggak tahu apa-apa, terus baru dikasih lihat videonya," tutur Pram.

"Kelihatannya kayak Yere men-tag cewek itu, padahal enggak. Tapi saya juga tidak membenarkan dia ngomong begitu juga."

Baca Juga

Sejak saat itu, Pramudya/Yeremia dan atlet bulutangkis lainnya belajar untuk lebih bijak menggunakan media sosial, dan berupaya menghindari kata-kata yang tak senonoh.

Yeremia sendiri masih belum kembali ke lapangan, karena mendapat cedera ACL saat mengikuti Indonesia Open 2022 lalu, dan harus recovery selama enam bulan.


2. Sederet Prestasi Pramudya/Yeremia

Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juara BAC 2022 (PBSI)

Juara 1 Kejuaraan Bulutangkis Asia 2022
Juara 1 Spain Masters 2021 Super 300
Juara 1 Belgia International 2021

Juara 2 Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2022
Juara 2 SEA Games 2021 (2022) - MD
Juara 2 Iran Fajr International 2019

Juara 3 SEA Games 2021 (2022) - Beregu
Juara 3 Kejuaraan Dunia Junior 2018
Juara 3 Kejuaraan Asia Junior 2018 - MD
Juara 3 Kejuaraan Asia Junior 2018 - Beregu

BulutangkisBerita BulutangkisPramudya KusumawardanaYeremia Erich Yoche Yacob RambitanPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanSEA Games 2021

Berita Terkini