x

Mengenal Andjela Vitman, Pebulutangkis Putri Serbia yang Puncaki Ranking Satu Dunia Junior

Sabtu, 10 September 2022 11:21 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Mari mengenal Andjela Vitman, pemain putri bulutangkis asal Serbia yang mampu mendobrak dunia dengan menempati ranking satu dunia BWF kategori junior.

INDOSPORT.COM – Mari mengenal Andjela Vitman, pemain putri bulutangkis asal Serbia yang mampu mendobrak dunia dengan menempati ranking satu dunia BWF kategori junior.

Diketahui, saat ini kekuatan bulutangkis memang sudah merata di hampir berbagai penjuru dunia. Negara-negara kuda hitam mulai muncul menetaskan para bintang baru.

Baca Juga

Menurut rilis ranking terbaru Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) per 6 September 2022, kejutan lain datang dari lima sektor , di mana para pemuncak ranking justru didominasi dari negara Eropa.

Dimulai dari sektor tunggal putra. Saat Prince Dahal asal Nepal turun dari puncak, kini posisinya digantikan oleh Alex Lanier dari Prancis.

Alex lanier mampu mengalahkan para tunggal putra dari negara Asia seperti Justin Hoh (Malaysia) dan Alwi Farhan (Indonesia).

Baca Juga

Sementara dari sektor ganda putra, posisi puncak ranking BWF junior diduduki oleh pemain Denmark, Christian Faust Kjaer. Dia sukses menyalip pemain Indonesia, Muhammad Rayhan Nur Fadillah.

Beralih ke sektor ganda putri, di mana pemain asal Ukraina, Maria Stoliarenko, sukses berada di puncak, mengalahkan dua pemain Asia asal Indonesia, Meilysa Trias Puspita Sari (3) dan Rachel Alleysa Rose (3).

Hanya ada tunggal putri yang masih dikuasai Asia di peringkat 3 besar junior, yaitu Anupama Upadhyaya (India), Tasnim Mir (india), dan Sirada Roongpiboonsopit (Thailand).

Baca Juga

Tak kalah mengejutkan, di sektor ganda campuran, pemain putri asal Serbia, Andjela Vitman, siapa sangka bisa menjadi penguasa puncak ranking BWF kategori junior.

Andjela Vitman yang masih berusia 17 tahun berhasil mengumpulkan 14, 225 poin. Dia mengalahkan pemain Jerman, Julia Meyer, di posisi kedua. Mari mengenal sosok Andjela Vitman.


1. Mengenal Andjela Vitman

Jika melihat Andjela Vitman, mungkin namanya masih terdengar asing.Mari mengenalnya!

Jika melihat Andjela Vitman, mungkin namanya masih terdengar asing. Hal itu wajar karena usianya masih 17 tahun, dan dia masih merajut kariernya di dunia bulutangkis.

Apalagi dilansir dari laman resmi BWF, Andjela Vitman yang terjun di sektor ganda putri dan ganda campuran, masih di luar 100 besar ranking level senior.

Baca Juga

Meski begitu, sosoknya sangat menarik untuk dikulik lantaran mampu menjadi salah satu bintang Serbia yang mendobrak dunia saat menjadi ranking satu dunia BWF kategori junior.

Karena seperti diketahui, bulutangkis di Serbia masih kalah populer dengan cabang olahraga lain seperti tenis. Bahkan belum banyak pula pebulutangkis asal Serbia yang mampu bersaing di ranking atas BWF.

Andjela Vitman seolah menjadi sinar harapan bagi Serbia untuk mempopulerkan bulutangkis di negara yang perkasa dengan cabor tenis dan sepak bola tersebut.

Baca Juga

Dilansir dari laman Lokalne Visti, media lokal Serbia itu menggambarkan bagaimana dominasi Adnjela Vitman sejak kecil. Dia bahkan dianugerahi sebagai pemain terbaik Kejuaraan Bulutangkis U-15 2019.

Belum lagi kejuaran lain, yang akhirnya membawa Andjela Vitman sebagai salah satu anggota tim nasional Bulutangkis Serbia. Dia membawa nama klubnya, BK Beograd.

Sejauh ini, Andjela Vitman mampu merebut beragam gelar seperti  Juara Cyprus U-17 International 2022, hingga runner up Serbian International Challenge 2018.

Baca Juga

Tercatat Andjela Vitman sempat dipasangkan dengan Sanja Peric dan Sara Loncar di sektor ganda putri. Begitupun di ganda campuran, dia sering berganti pasangan, dari Viktor Petronic hingga Mihajlo Tomic.

Bisa bersinar dengan pasangan berbeda, Andjela Vitman jelas membawa ancaman baru bagi negara lain, termasuk Indonesia.

Bukan tidak mungkin di masa depan, dia akan menjadi juara Olimpiade bulutangkis untuk melahirkan sejarah bagi Serbia. Hal itu seperti apa yang dilakukan Carolina Marin untuk Spanyol.


2. Tunggal Putri India yang Kian Mencekam

Sektor tunggal putri bulutangkis Indiamulai menggeliat, seiring dengan munculnya para generasi muda penerus kejayaan Pusarla Venkata Sindhu dan Saina Nehwal.

Sektor tunggal putri bulutangkis Indiamulai menggeliat, seiring dengan munculnya para generasi muda penerus kejayaan Pusarla Venkata Sindhu dan Saina Nehwal.

Mereka adalah Anupama Upadhyaya yang menempati ranking satu dunia, dan Tasnim Mir yang menempati ranking dua dunia BWF versi junior.

Pada awalnya Tasnim Mir yang berusia 16 tahun sejak awal 2022 lalu memang menguasai puncak ranking. Namun per 6 September 2022,  namanya disalip sang kompatriot,  Anupama Upadhyaya.

Menjadi salah satu  anak didik pelatih asal Indonesia, Edwin iriawan, Tasnim Mir mampu merebut gelar juara pada 2021, seperti Belgian Junior 2021, Alpes International 2021, dan Apacs Bulgarian Open 2021.

Begitupun dengan Anupama Upadhyaya yang mentereng menjuarai Polish Open 2022,  semifinalis Syed Modi India International 2022,  juara Uganda Junior International 2022, dan lain-lain.

Baca selengkapnya: Hati-hati Indonesia! Tunggal Putri Penerus PV Sindhu Silih Berganti Kuasai Ranking Junior

BWFSerbiaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini