x

PBSI-nya Malaysia Akan Panggil Para Pebulutangkis Independen, Ada Apa?

Selasa, 13 September 2022 23:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) memaparkan rencana mereka untuk menarik kembali para pebulutangkis independen.

Proposal itu tengah menunggu kesepakatan dari para pemain profesional beserta para pelatihnya.

Baca Juga

Bila rencana ini terwujud, para pebulutangkis independen tersebut seperti Lee Zii Jia dkk bisa kembali berlatih menggunakan fasilitas Akademi Bulutangkis Malaysia (ABM).

Mereka juga akan mendapat kesempatan untuk berlatih bersama pebulutangkis nasional di ABM.

Mengutip New Straits Times, Direktur BAM Dr. Tim Jones menyebut rencana itu sebagai langkah untuk menyatukan yang terbaik dari dua pihak.

Baca Juga

“Saya sedang mengerjakan draft dengan direktur pembinaan (Wong Choong Hann dan Rexy Mainaky) tentang cara membuka fasilitas ABM agar dapat saling menguntungkan,” katanya.

“Dalam hal timeline, saya ingin suatu rencana sudah disusun pada akhir minggu ini. Kami akan menghubungi para pemain independen untuk melihat dari kedua sisi.”

Baca Juga

Presiden BAM Norza Zakaria sebelumnya sudah membahas rencana kolaborasi ini. Ia menyampaikan syarat supaya para pemain profesional tersebut memiliki kekuatan dan ranking yang sama supaya bisa berlatih bersama.

Di atas kertas, rencana ini semestinya menguntungkan kedua belah pihak. Apalagi para pebulutangkis independen sudah lama mengutarakan keinginan mereka untuk memiliki fasilitas latihan yang memadai.


1. Keuntungan Besar untuk Pemain Nasional dan Independen

Ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di semifinal Indonesia Masters 2021.

Sejauh ini sejumlah pemain bulutangkis profesional harus ke sana kemari untuk memakai lapangan latihan yang berkutat di sekitar Kuala Lumpur.

Ketika mereka berlatih di ABM untuk persiapan jelang turnamen beregu, satu hal yang sangat mereka tekankan adalah fasilitas latihan yang lengkap.

Baca Juga

Sebaliknya, pebulutangkis nasional juga akan mendapat keuntungan dengan memiliki partner berlatih yang setara.

Contohnya saja pemain muda Ng Tze Yong, yang pastinya akan diuntungkan jika mendapat kesempatan berlatih dengan Lee Zii Jia, tunggal putra terbaik Malaysia saat ini.

Serupa dengan pasangan ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang akan bisa berlatih makin maksimal dengan sesama pasangan 10 besar dunia, yakni Ong Yew Sin/Teo Ee Yu.

Baca Juga

Sementara itu, tunggal putri Goh Jin Wei juga akan mendapat peluang bagus untuk mengembalikan performanya usai rehat karena cedera.

BAM memang sedang putar otak untuk meningkatkan persaingan mereka di kancah bulutangkis dunia.

Pasalnya, mereka sedang pasang target untuk menggondol medali emas pertama mereka di Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

Program lainnya yang sedang mereka godok adalah kerja sama dengan Asosiasi Bulutangkis Thailand (BAT).

BAM dan BAT menandatangani nota kesepahaman untuk kerja sama di bidang pelatihan dan sport science jelang Olimpiade 2024.


2. Malaysia Sudah Persiapkan Ganda Putra ke Olimpiade 2024

Pebulutangkis asal Malaysia, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik.

Bulutangkis Malaysia sudah akan tancap gas untuk mempersiapkan para pemainnya menuju Olimpiade Paris 2024.

Pelatih nasional ganda putra Malaysia, Tan Bin Shen, menginginkan timnya untuk mempersiapkan diri sejak saat ini, meskipun periode kualifikasi masih dimulai Mei tahun depan.

Fokus utama Bin Shen adalah memastikan dua pasang ganda putra asuhannya lolos kualifikasi Olimpiade 2024.

Untuk bisa lolos, si pemain harus menduduki peringkat delapan besar dunia sebelum akhir dari periode kualifikasi.

Saat ini, Aaron Chia/Soh Wooi Yik menghuni peringkat delapan dunia. Posisi yang mereka raih usai mendapatkan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

Baca selengkapnya
BulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini