x

Kevin Sanjaya Lagi Cekcok dengan Herry IP, Minions Malah Diminta ‘Pindah’ ke Singapura?

Rabu, 28 September 2022 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Eks pemain Singapura, Danny Bawa Chrisnanta, ‘menawarkan diri’ melatih Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, buntut konflik antara Kevin dengan Herry IP. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Singapura, Danny Bawa Chrisnanta, ‘menawarkan diri’ untuk melatih Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, buntut dari perselisihan antara Kevin dengan pelatihnya, Herry Imam Pierngadi.

Seperti diketahui, hubungan antara Kevin Sanjaya dengan pelatih ganda putra nasional, Herry IP, tengah memanas dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga

Beberapa hal menjadi pemicu retaknya hubungan antara Kevin dengan Herry IP, di mana puncaknya terjadi usai gelaran Indonesia Open 2022.

Setelah kejadian tersebut, Kevin Sanjaya memutuskan tidak berlatih bersama Herry IP di Pelatnas PBSI. Dia juga telah menyampaikan ke PBSI bahwa tidak ingin bekerja sama lagi dengan coach Naga Api.   

Situasi ini tentu saja berimbas pada nasib ganda putra yang sementara ini menduduki posisi nomor 3 dunia, setelah lima tahun menguasai takhta ganda putra dunia.

Baca Juga

Beberapa pihak mulai menerka-nerka, mungkinkah Kevin Sanjaya dikeluarkan dari Pelatnas PBSI atau sebaliknya Herry IP, dan mungkinkan Kevin/Marcus bakal bercerai ataukah bersatu.

Kisruh antara Kevin Sanjaya dengan Herry IP ini rupanya sampai di telinga mantan pebulutangkis Indonesia yang kini berstatus warga negara Singapura, Danny Bawa Christinana.

Bukannya memihak salah satu antara Kevin dan Herry IP. Danny Chrisnanta justru mendukung Kevin/Marcus beralih ke ganda putra profesional.

Baca Juga

Selain itu, Danny Bawa Chrisnanta juga berandai-andai dirinya bisa dipercaya melatih pasangan yang sudah memenangkan 19 gelar BWF World Tour sejak 2018 tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Danny Bawa Chrisnanta lewat unggahan di akun Instagram pada Selasa (27/9/22) kemarin.


1. Danny Bawa Chrisnanta Ingin Latih Kevin/Marcus?

Danny Bawa, pebulutangkis kelahiran Indonesia yang kini membela Singapura.

Danny Bawa mengunggah ilustrasi sebuah berita ‘breaking news’ di TV yang memberitakan: “Kevin dan pelatih berpisaj, Danny Bawa Ditunjuk sebagai Pelatih Baru.”

Meski unggahan tersebut hanya jadi candaa, mantan atlet kelahiran Salatiga tersebut tetap memberi dukungan dan berharap Kevin/Marcus cepat mendapatkan solusi atas permasalahan ini. 

Baca Juga

Sekedar informasi, Danny bawa Chrisnanta belum lama ini memutuskan pensiun sebagai pebulutangkis dan beralih profesi sebagai pelatih. Meski pensiun, Danny tidak kembali ke Indonesia namun tetap menetap di Singapura.  

Sontak, unggahan Danny Bawa tersebut memancing reaksi netizen. Mereka menerka-nerka apakah Danny Bawa tertarik mengajak Minions – julukan Kevin/Marcus – hijrah ke Singapura.

@gombalsemampir: “Kevin arep tok jak ndhono?.”

@rimasuria_88: “Terima kasih mas Danny atas dukungannya.”

@kallaazzahra: “Mas Dani kalau beneran bakal ngelatih Kevin Marcus jangan bawa-bawa krisnanta ya nggak baik ada orang ketiga.”

Baca Juga

@eskar_denatara: “Wah selamat bertugas mas @dannybawachrisnanta tambah joss ik.”

@fernandokurniawan: “Cocoklah ini, pelatih bertangan dingin @dannybawachrisnanta.”

@yrm_00_: “Ini tidak seharusnya buat bahan candaan.”

@willyjupiter123: “Bang @dannybawachrisnanta calon coach buah naga....”

@ninik_hani: “serius gk sih ini kog aku merinding sih belum apa2.”

@jupiter_cakrawala.jiwa: “Christian Hadinata : Coach Naga Putih. Danny B.Chrisnanta : Coach Naga Laut.”

Ada pun, retaknya hubungan antara Kevin Sanjaya dengan Herry IP ternyata sudah berlangsung sejak pasangan Minions diciptakan pada 2017 silam.

Baca Juga

Kevin Sanjaya mengklaim ada perlakuan kurang menyenangkan dari Herry IP. Pebulutangkis berusia 27 tahun itu menyebut sang pelatih kerap menyepelekan kemampuannya. 

Dia menunjuk bukti, salah satunya tidak diberangkatkan ke dua pertandingan Eropa dan China Open saat tengah race to Olympics 2016 lalu. 


2. Kronologi Konflik Kevin Sanjaya - Herry IP

Pelatih Kepala Ganda Putra Pelatnas PBSI, Herry Iman Pierngadi, menyambut baik raihan anak-anak didiknya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Kevin menyampaikan bahwa Herry IP lebih menyukai atlet yang fisiknya tinggi, bertenaga besar, jadi dia tidak dianggap pada awalnya. 

Bahkan, pada final India Open 2016, Kevin menyebut disuruh mengalah dari sesama ganda putra Indonesia, Ricky Karanda/Angga Pratama oleh Herry IP. 

Tapi, hal itu ditolak dan Kevin Sanjaya bersama Marcus Fernaldi Gideon yang saat itu sukses keluar sebagai juara. 

Kekesalan Kevin kemudian memuncak pasca tersingkir di semifinal Indonesia Open 2022. Dia menegaskan, tidak ada evaluasi dari Herry IP secara personal, tapi sang pelatih malah berbicara ke media. 

Baca selengkapnya: Kronologi Perselisihan Kevin Sanjaya dengan Herry IP di Ganda Putra

PBSIKevin SanjayaSingapuraKevin Sanjaya/Marcus GideonHerry IPBulutangkisBerita BulutangkisDanny Bawa Chrisnanta

Berita Terkini