x

Hebatnya Novak Djokovic, Lolos ATP Finals 2022 Tanpa Lewati Australian dan US Open

Senin, 10 Oktober 2022 18:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Novak Djokovic membuktikan tajinya dengan menembus turnamen ATP Finals 2022 tanpa melewati Australian Open dan US Open 2022. Foto: REUTERS/Nir Elias.

INDOSPORT.COM – Novak Djokovic membuktikan tajinya dengan menembus turnamen ATP Finals 2022 tanpa melewati dua ajang grand slam, Australian Open dan US Open 2022.

Novak Djokovic memastikan tiket ke turnamen penutup musim, ATP Finals 2022, yang akan berlangsung di Turin, Italia, pada 13 sampai 20 November mendatang.

Baca Juga

Djokovic meraih tiket tersebut setelah memenangkan gelar ke-90 dalam kariernya usai keluar sebagai juara di turnamen Astana Open 2022, Minggu (09/10/22).

Petenis berusia 35 tahun tersebut mengalahkan Stefanos Tsitsipas asal Yunani secara straight gim dengan skor telak 6-3 dan 6-4 dalam durasi 75 menit.

Ini merupakan gelar keempatnya sepanjang 2022. Sebelumnya, Djokovic sudah memenangi tga turnamen, seperti Masters 1000 Italia Open, Wimbledon, dan ATP 250 Tel Aviv Open.

Baca Juga

Dengan memenangkan ATP 500 di Astana, Kazakhstan, Djokovic juga sukses mengamankan satu tiket ke Final ATP 2022 atau ATP Finals 2022, seperti dilansir dari Tennis.com.

ATP Finals sendiri merupakan turnamen penutup musim yang diikuti para delapan petenis teratas di semua sektor, dengan Djokovic melompat dari urutan ke-15 ke urutan ke-10 di klasemen Race to Turin.

Secara matematis, Djokovic menjadi petenis kelima yang memastikan lolos dengan mengantongi 2.720 poin dari sembilan turnamen yang dia ikuti sepanjang musim.

Baca Juga

Sebelumnya, empat petenis pria sudah lebih dulu mengamankan tiket ATP Finals tahun ini yakni Rafael Nadal, Carlos Alcaraz, Casper Ruud dan Stefanos Tsitsipas.

Menariknya, poin tersebut diperoleh Djokovic dengan tanpa mengikuti dua acara grand slam yakni Australian Open pada awal tahun lalu dan US Open pada Agustus-September lalu.


1. Dicekal dari Australian dan US Open, Djokovic Kini Panen Rekor

Novak Djokovic juara Paris Masters 2021

Seperti diketahui, Australian Open dan US Open, merupakan dua gelaran grand slam yang musim ini jadi mimpi buruk petenis asal Serbia Novak Djokovic di sepanjang tur 2022.

Pasalnya, dua ajang, yang memperebutkan poin tertinggi 2000 tersebut, tidak mengizinkan petenis tanpa status vaksinasi COVID-19 berpartisipasi.

Baca Juga

Sementara Djokovic masih diragukan statusnya sehingga dirinya sempat diusir dari Australian Open dan memilih mundur dari US Open.

Djokovic tercatat menjadi orang kelima dalam 53 tahun sejarah ATP Finals yang lolos ke kejuaraan akhir musim 15 kali atau lebih.

Roger Federer menempati rekor teratas dengan 18 kali lolos ATP Finals, disusul Rafael Nadal (17), Jimmy Connors (16) dan Andre Agassi (15).

Baca Juga

Djokovic lolos ke ATP Finals setiap tahun sejak 2007, kecuali musim 2017 karena cedera, di mana ia mengakhiri musimnya lebih cepat pada bulan Juli karena cedera siku.

Dari 15 kali penampilanya itu, Djokovic sudah mengantongi lima gelar juara ATP Finals yakni pada tahun 2008, 2012, 2013, 2014 dan 2015. Dia hanya selisih satu gelar dari Roger Federer yang mengantongi enam.


2. PM Australia Gila Tenis, Pencekalan Djokovic Bakal Segera Dicabut

Novak Djokovic memastikan tiket semifinal Prancis Terbuka 2020.

- Novak Djokovic tampaknya akan kembali tampil di turnamen tenis bergengsi, Australian Open tahun depan.

Sebelumnya, mantan petenis nomor satu dunia tersebut dicekal tak boleh masuk Australia selama tiga tahun.

Hal tersebut merupakan buntut dari huru-hara yang terjadi di Australian Open tahun ini terkait status vaksinasi petenis asal Serbia tersebut.

Mengutip Daily Mail, pemerintah setempat mengabarkan Djokovic sudah diperbolehkan masuk negara mereka. Para turis yang belum divaksin kini memang sudah boleh memasuki Australia.

Alasan terbesarnya adalah karena pemerintahan yang baru saat ini. Perdana Menteri Australia yang baru, Anthony Albanese, adalah seorang fans tenis.

Ia dilaporkan bahkan kerap bermain tenis beberapa kali dalam seminggu.

Baca selengkapnya: PM Australia Gila Tenis, Pencekalan Djokovic Bakal Segera Dicabut

Grand SlamATPSerbiaNovak DjokovicATP World Tour FinalsATP FinalsTenisUS OpenBerita TenisAustralian Open 2022

Berita Terkini