x

3 Wakil Indonesia yang Berpotensi Rebut Medali Emas di Kejuaraan Dunia Junior 2022

Selasa, 25 Oktober 2022 12:29 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo di Turnamen Indonesia International Challenge 2022. PBSI

INDOSPORT.COM - Berikut adalah tiga wakil Indonesia yang berpotensi merebut medali emas di turnamen BWF Badminton World Junior Championship 2022 Spanyol.

Bertanding di Palacio de Deportes de Santander, Santander, Spanyol, Indonesia mengirimkan 18 wakil terbaiknya, baik dari Pelatnas PBSI maupun perwakilan dari PB.

Baca Juga

Ajang ini akan menjadi pembuktian bagi para pemain, setelah sebelumnya harus tersandung di semifinal Piala Suhandinata 2022, mentok meraih medali perunggu.

Indonesia menang di sektor tunggal putri dan ganda putra, tetapi harus takluk di tangan Chinese Taipei di sektor tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Manajer tim bulutangkis Indonesia, Eddy Prayitno, menyampaikan permintaan maaf atas kegagalan mereka mempertahankan gelar Piala Suhandinata di tahun 2022 ini.

Baca Juga

"Mohon maaf untuk seluruh masyarakat dan pencinta bulutangkis Indonesia karena kami belum bisa mempertahankan gelar juara," ucap Eddy selepas pertandingan semifinal.

"Tapi kami tetap berharap doa restu dan dukungan karena perjuangan belum selesai. Masih ada lima emas yang bisa didapat di nomor perorangan mulai pekan depan."

Eddy mengatakan kekalahan atas Chinese Taipei adalah kekalahan yang menyakitkan, tapi ia berharap para atlet bisa melupakan kegagalan itu dan kembali fokus berjuang.

Baca Juga

Sebab, Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2022 sudah bergulir lagi pada Senin (24/10), dan para atlet harus berjuang lagi agar bisa meraih medali emas dari ajang prestisius ini.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga wakil andalan Indonesia yang memiliki kans besar untuk menyabet medali emas di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2022 di Spanyol.


1. 1. Alwi Farhan

Tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan di Piala Suhandinata 2022. (Foto: PBSI)

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia yang berstatus sebagai unggulan nomor satu di Kejuaraan Dunia Junior 2022, adalah Alwi Farhan. Apakah ia mampu meraih emas?

Sepanjang penyisihan Piala Suhandinata 2022 lalu, Alwi Farhan menjadi tumpuan di nomor beregu. Maka, ia sudah beradaptasi dengan baik dengan lapangan di Spanyol.

Baca Juga

Ditambah dengan sesi pemanasan di ajang Indonesia International Series dan Indonesia International Challenge 2022 di Yogyakarta, Alwi Farhan jelas lebih unggul dari lawan.

Sepanjang bulan Oktober saja, ia sempat menaklukkan Ragnar Sepp dengan skor Afrika, 21-3, 21-5. Di Piala Suhandinata, Alwi menghajar Toms Sala di angka 21-4, 21-13.

Memang, Alwi sempat mengalami otot tertarik di Piala Suhandinata, sehingga ia tidak tampil di semifinal dan Indonesia pun kalah. Namun, kondisinya sudah membaik.

Baca Juga

2. Ester Nurumi Tri Wardoyo

Dari sektor tunggal putri, Indonesia sangat percaya diri dengan mengandalkan Ester Nurumi Tri Wardoyo di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2022 di Spanyol.

Sama seperti Alwi, Ester sudah menjadi andalan sejak di Piala Suhandinata 2022. Maka, ia sudah tak perlu beradaptasi lagi dengan kondisi lapangan di Santander.

Baca Juga

Sepanjang tahun 2022 ini, Ester Nurumi telah menjuarai ajang Alpes International U-19 dan Indonesia International Challenge 2022 di Yogyakarta, bulan September lalu.

Sebelumnya, Ester juga menyabet medali emas di Finnish Junior U-19 2021, hingga medali perak di Mongolia International 2022.

Dengan modal tersebut, tak salah jika Ester Nurumi Tri Wardoyo, adik dari Chico Aura Dwi Wardoyo itu digadang-gadang akan meraih medali emas Kejuaraan Dunia Junior.


2. 3. Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania di Piala Sihandinata 2022. (Foto: PBSI)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania diunggulkan untuk mencapai medali emas di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2022 di Spanyol.

Pada Piala Suhandinata 2022 lalu, tampil di dua kesempatan, Rafli/Dania belum pernah terkalahkan. Mereka selalu menang dua set.

Demikian pula di babak awal Kejuaraan Dunia Junior nomor individu, Rafli/Dania menang atas Ziga Podgorsek/Spela Alic (Slovenia) dengan skor 21-13, 21-19.

Jika konsisten, maka Rafli/Dania memiliki kans untuk melanjutkan dominasi Merah Putih di Kejuaraan Dunia Junior 2022.

World Junior ChampionshipsKejuaraan Dunia JuniorBulutangkisBerita BulutangkisEster Nurumi Tri WardoyoKejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2022

Berita Terkini