x

Update Ranking BWF 2022: Selamat! Fajar/Rian Tembus Peringkat 3 Dunia Sektor Ganda Putra

Sabtu, 5 November 2022 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan menembus peringkat ranking 3 dunia pada peringkat BWF terbaru pekan depan. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan menembus peringkat ranking 3 dunia pada peringkat BWF terbaru pekan depan.

Melansir dari unggahan Badminton Talk di Twitter,  Sabtu (05/11/22), update ranking BWF 2022 pekan depan menempatkan Fajar Alfian/Rian Ardianto tembus peringkat 3 terbaik dunia di sektor ganda putra.

Baca Juga

Ini menjadi pencapaian pertama kalinya bagi Fajar/Rian untuk merasakan duduk di posisi tiga besar terbaik dunia setelah perhelatan Hylo Open 2022.

Selain itu, ini juga menjadi yang pertama kalinya di sepanjang karier, mereka menjadi pasangan ganda putra terbaik kedua Indonesia secara ranking.

Fajar/Rian mampu menggusur dominasi seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan untuk statusnya tersebut.

Baca Juga

Sementara posisi no 1 nasional masih dipegang pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang diperkirakan masih bertahan di ranking 2 dunia.

“Selamat untuk Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto karena mereka mencapai rekor baru sebagai ganda putra ranking 3 dunia,” tulis Badminton Talk.

“Ini juga untuk pertama kalinya di dalam karier mereka, mereka akan menjadi ganda putra kedua Indonesia berdasarkan ranking, mengambil alih Ahsan/Hendra,” lanjut akun tersebut.

Baca Juga

Keberhasilan Fajar/Rian menembus posisi tiga besar dunia tak bisa dilepaskan dari performa konsistensi keduanya di sepanjang musim 2022.

Fajar/Rian memang jadi pasangan ganda putra terbaik  di sepanjang 2022. Mereka memenangkan empat gelar dari delapan kesempatan tampil final turnamen BWF World Tour.


1. Konsistensi Fajar/Rian Berbuah Manis Jelang Akhir Tahun

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di French Open 2022. (Foto: PBSI)

Ada pun empat gelar yang sudah mereka kantongi pada 2022 adalah Swiss Open, Indonesia Masters, Malaysia Masters, dan Denmark Open 2022.

Raihan tersebut paling banyak di antara ganda putra dunia lainnya, termasuk pasangan no.1 dunia Takuro Hoki/Hugo Kobayasi yang hanya memenangkan dua gelar (Thailand Ope, Malaysia Open).

Baca Juga

Menariknya, pasangan asal Bandung dan Yogyakarta itu juga mampu menjadi finalis alias runner-up di empat turnamen berbeda tahun ini.

Mulai dari Korea Open, Thailand Open, Malaysia Open, dan Singapora Open 2022.

Tak mengherankan jika Fajar/Rian menjadi ganda putra pertama yang menapakkan kaki ke BWF World Tour Finals di Guangzhou (14-18 Desember).

Baca Juga

Bahhkan, pencapaian Fajar/Rian ini lebih cepat dari pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang lolos otomatis ke turnamen serupa dengan status Juara Dunia 2022.

Jika mampu mempertahankan konsistensinya tersebut, bukanlah hal mustahil bagi Fajar/Rian bisa menyalip posisi Minions sebagai ganda putra terbaik Indonesia.

Perhitungan tersebut sebelumnya juga sudah sempat dibahas oleh akun Badminton Talk dalam simulasi ranking para pemain bulutangkis jika hanya menggunakan poin di tahun 2022.

Baca Juga

Dalam simulasi tersebut, , ganda putra diprediksi bakal memiliki pasangan nomor satu dunia yang baru. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang saat ini berada di ranking 2 akan terpental dari 8 besar.

BWFIndonesiaFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisBerita BulutangkisBWF World TourBWF World Tour Finals 2022Hylo Open

Berita Terkini