x

Pernah Meledak di Australian Open, Lu Guangzu Bisa 'Bunuh' Asa Lee Zii Jia dan Loh Kean Yew

Jumat, 11 November 2022 15:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis tunggal putra China, Lu Guangzu.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra China, Lu Guangzu, pernah mencatatkan sejarah dengan meraih gelar Australian Open. Jika dia mampu mengulangi torehannya itu tahun ini, Lu Guangzu berpotensi memupuskan mimpi salah satu dari dua pemain top, Lee Zii Jia atau Loh Kean Yew ke BWF World Tour Finals 2022.

Lu Guangzu, nama ini sempat menghilang dalam beberapa tahun terakhir. Namun sosoknya melejit setelah lima kali mencapai babak perempat final di BWF World Tour 2022.

Terakhir, dia mampu mencapai babak perempat final French Open meski akhirnya terhenti usai dikalahkan pemain Hong Kong, Lee Cheuk Yiu.

Melewatkan Hylo Open 2022, Lu Guangzu bakal tampil di Australian Open 2022 dengan mengusung misi mengunci satu tempat di BWF World Tour Finals 2022 pada 14-18 Desember mendatang.

Australian Open merupakan ‘rumah’ bagi Lu Guangzu. Bagaimana tidak, empat tahun lalu, pemain kelahiran 19 Oktober 1996 ini pernah keluar sebagai jawara.

Baca Juga

Kemenangannya menciptakan sejarah baru bagi kariernya yang masih singkat. Sebab, runner-up China Masters 2018 itu mampu menaklukkan beberapa pemain top dalam prosesnya sebagai juara.

Dia mengalahkan beberapa pemain termasuk Heo Kwang Hee dari Korea di babak pertama, Chong Wei Feng dari Malaysia di babak kedua, Sameer Verma dari India di perempat final, dan rekan senegaranya Zhao Junpeng di semifinal dan Zhou Zeqi di final.

Lu Guangzu yang kala itu digadang-gadang sebagai wonderkid China meraih gelar Super 300 usai memenangkan partai final 2018 sesama wakil China, Zhou Zeki, dua set langsung 21-8, 23-21.

Baca Juga

Berbekal hasil manis tersebut, Lu Guangzu tentunya punya kepercayaan diri untuk menaklukkan Sydney sekali lagi alias meraih gelar Australian Open yang kedua kali.

Terlebih, di ajang ini, Lu Guangzu juga mengusung misi lain. Dia harus mengumpulkan poin yang cukup untuk mengunci tempat kedelapan di daftar kualifikasi Road to Guangzhou.

Posisi Lu Guangzu saat ini diapit dua pemain top dunia, yakni nomor 3 Loh Kean Yew yang berada di peringkat keenam dan nomor 2 dunia Lee Zii Jia yang menduduki posisi kesembilan pada klasemen.

Baca Juga

1. Lu Guang Zu Siap Curi Tempat di BWF World Tour Finals 2022

Tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew berhasil mengalahkan tunggal Indonesia, Chico Aura dengan skor 21-14 dan 21-14 pada babak 16 besar Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Kamis (09/06/22).

Seperti diketahui, Lee Zii Jia dari Malaysia dan Loh Kean Yew dari Singapura tengah jadi sorotan usai berhasil menduduki peringkat tiga besar dunia, menyusul andalan Denmark, Viktor Axelsen.

Namun, pencapaian ini bertolak belakang dengan nasib mereka menjelang BWF World Tour Finals 2022 yang akan berlangsung di Guangzhou pada 14-18 Desember mendatang.

Melansir dari The Star, satu-satunya cara agar Lee Zii Jia mengunci kualifikasi ke delapan BWF World Tour Finals adalah mengalahkan pemain no. 8 dunia, Lu Guangzu, di Australian Open.

Syarat lainnya Lee Zii Jia merebut tiket ke Guangzhou. Dia setidaknya harus menembus babak semifinal di Sydney demi mengumpulkan poin yang cukup  untuk menggusur Guangzu.

Namun, Lu Guangzu berpotensi menjegal mimpi Lee Zii Jia tersebut jika dia bisa mengalahkan Lee Zii Jia babak kedua Australian Open 2022.

Baca Juga

Pertama-tama, Lu Guangzu harus bisa menaklukkan pemain Indonesia, Tommy Sugiarto, untuk bisa melawan Lee Zii Jia yang mendapatkan bye di putaran pertama.

Tentunya ini tak mudah mengingat Lee Zii Jia masih unggul di atas kertas dari Lu Guangzu. Namun, bukan hal yang tak mungkin Lu Guangzu bakal kembali meledak di Australian Open.

Baca Juga

Langkah Loh Kean Yew juga tak kalah berat. Juara Dunia 2021 tersebut harus bisa mempertahankan posisinya di urutan ketujuh dalam daftar kualifikasi bisa mengamankan tiket.

Menurut perhitungan, Loh Kean Yew harus memenangkan pertandingan babak pertamanya di Australian Open, di mana dia akan menghadapi pemain no 45 dunia dari India, Mithun Manjunath.

Bukan hanya itu, Loh bisa lolos hanya dengan bermain di Australian Open, jika rival Malaysia Lee Zii Jia gagal mencapai perempat final, atau jika berada di urutan kedelapan.

Baca Juga

2. Daftar Tunggal Putra Lolos BWF World Tour Finals 2022

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting di podium juara Hylo Open 2022. (Foto: PBSI)

Namun, Loh Kean Yew juga berpotensi mengubur mimpinya jika Lu Guangzu berhasil memenangkan pertandingan babak pertama Australian Open 2022.

Diketahui, hanya ada delapan pebulutangkis teratas di setiap sektor, tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran - yang lolos ke BWF World Tour Finals.

Tunggal putra lainnya yang masih harus mengamankan tiket ke BWF World Tour Finals adalah andalan Jepang, Kodai Naraoka, yang saat ini menduduki posisi keenam dalam daftar kualifikasi.

Sejauh ini, baru ada lima pemain tunggal putra yang memastikan tampil di BWF World Tour Finals, yakni Viktor Axelsen (Denmark), Chou Tien-chen (Chinese Taipei), H.S. Prannoy (India), dan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting dari Indonesia.

ChinaMalaysiaSingapuraBWF World Tour FinalsBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisBWF World TourLu Guang ZuLoh Kean YewAustralian Open 2022BWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini