x

Syabda Perkasa Bersinar di Malaysia! 4 Prestasi 'The Next Ginting' Sepanjang 2022

Senin, 14 November 2022 08:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Syabda Perkasa Belawa juara Malaysia International Series 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Syabda Perkasa Belawa menjuarai Malaysia International Series 2022. Berikut empat prestasinya sepanjang 2022.

Turnamen bulutangkis Petronas Malaysia International Series 2022 baru saja selesai. Syabda Perkasa Belawa (Indonesia) sukses meraih medali emas sektor tunggal putra.

Syabda Perkasa berhasil menumbangkan finalis asal China, Lei Lan Xi, dengan skor sengit 21-17, 21-18, Minggu (13/11/22) lalu.

Inilah gelar kedua bagi Syabda Perkasa di 2022, sekaligus prestasi keempat yang ia raih, sehingga membuatnya dijuluki sebagai The Next Anthony Ginting.

Berikut INDOSPORT merangkum apa saja prestasi yang sudah dicapai oleh Syabda Perkasa Belawa di sepanjang tahun 2022.

Baca Juga

1. Lithuanian International 2022

Syabda Perkasa Belawa mulai muncul ke permukaan sejak ia menjuarai turnamen bulutangkis Lithuanian International 2022, yang dihelat di Lithuania, Juni lalu.

Gelar ini sangat berharga, karena Syabda harus bertanding sejak babak 64 besar, lalu 32 besar, 16 besar, 8 besar, hingga bertemu sesama wakil Indonesia, yaitu Tegar Sulistio.

Baca Juga

Syabda lolos ke semifinal, hingga menjegal wakil Indonesia lainnya, Alwi Farhan di final, dengan skor 21-15, 21-14. Syabda jadi juara!

Prestasi ini membuat Syabda jadi kandidat nomor satu yang akan promosi ke tim senior tunggal putra Pelatnas PBSI tahun 2023 ini.

Jika benar ia promosi tahun depan, Syabda akan semakin dibandingkan dengan Anthony Sinisuka Ginting. Apakah ia mampu menyusul prestasi seniornya tersebut?

Baca Juga

1. 2. Yonex Bonn International 2022

Syabda Perkasa Belawa juara Malaysia International Series 2022. (Foto: PBSI)

Sepekan setelah menjuarai Lithuanian International Series 2022, Syabda Perkasa kembali mengikuti turnamen bulutangkis Yonex Bonn International 2022 di Jerman.

Syabda harus bersusah payah menjalani tiga partai kualifikasi, sebelum menembus drawing 32 besar Bonn International 2022, menyusul pemain putra Indonesia lainnya.

Demikian pula di babak utama, Syabda berusah payah menembus babak 16 besar dan berjumpa sesama pemain Merah Putih.

Syabda berhasil menaklukkan Yonathan Ramlie dan Bobby Setiabudi berturut-turut, hingga ia melenggang ke babak semifinal.

Namun, Syabda takluk dari wakil Chinese Taipei di babak semifinal. Ia meraih medali perunggu di Yonex Bonn International 2022.

Baca Juga

3. Malaysia International Series 2022

Sudah disebutkan sebelumnya, Syabda Perkasa baru saja menjuarai turnamen Malaysia International Series 2022 yang dihelat di Arena Badminton Perak, Ipoh.

Setelah perjuangan panjang, Syabda yang berada di peringkat 164 dunia, akhirnya bisa menaklukkan lawan asal China, Lei Lan Xi, dengan skor 21-17, 21-18, Minggu (13/11/22).

Baca Juga

"Dari awal, saya sudah menyiapkan pola untuk mengajak lawan bermain rally, juga menyerang, dan saya tidak mau gampang memberi poin untuk lawan," kata Syabda.

"Dengan pola itu, alhamdulillah saya bisa mengubah jalannya pertandingan dan bisa mengembalikan keadaan, dari yang posisi tertinggal menjadi menang dan juara."

Sebagai juara Malaysia International Series 2022, Syabda mendapatkan hadiah total 10 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp155 juta.

Baca Juga

2. 4. Piala Thomas 2022

Tim Indonesia menjajal lapangan Impact Arena jelang Piala Thomas dan Uber 2022.

Selain prestasi di kancah individu, Syabda Perkasa Belawa juga menjadi bagian dari tim beregu putra di Piala Thomas 2022.

Memang, Indonesia gagal mempertahankan Piala Thomas dan hanya mentok meraih medali perak, namun itu adalah sebuah pencapaian yang bagus bagi Syabda.

Kala itu, Syabda menjadi pemain cadangan, sedang Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito yang mengisi line up utama sektor tunggal putra.

Tahun depan, giliran Syabda Perkasa yang mungkin akan mengisi line up utama skuat Indonesia di Piala Thomas. Semoga medali emas pun kembali berlabuh ke Tanah Air.

Piala ThomasAnthony Sinisuka GintingIn Depth SportsAnthony GintingBulutangkisMalaysia Junior International SeriesBerita BulutangkisSyabda Perkasa Belawa

Berita Terkini