x

Kemakan 'Drama' Sendiri, Jonatan Christie Ungkap Momen Paling Dramatis Sepanjang Tahun 2022

Kamis, 29 Desember 2022 12:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Jonatan Christie mengungkapkan momen paling dramatis sepanjang tahun 2022, yakni ‘kemakan drama’ saat melawan Chou Tien Chen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie mengungkapkan momen paling dramatis sepanjang tahun 2022, yakni ‘kemakan drama’ saat melawan Chou Tien Chen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu memilih kekalahannya atas Chou Tien Chen di Kejuaraan Dunia 2022 pada 26 Agustus lalu sebagai momen terbaiknya.

Saat itu Jojo sempat unggul di gim ketiga, namun ia mendapatkan kartu kuning karena dinggap mengulur waktu, yang sempat membuat netizen gemas dan menyebutnya laga tersebut diwarnai drama.

Setelah itu Chou Tien Chen mampu membalikkan momentum, dan Jonatan tertikung dengan skor 21-14, 11-21 dan 20-22 di babak perempat final Kejuaraan Dunia 2022, yang berlangsung 1 jam 11 menit.

Meski kalah menyesakkan, namun Jojo melihatnya dari sisi positif dan mengatakan bahwa momen terbaik tak melulu soal kemenangan atau meraih podium.

Baca Juga

Namun Jojo menjadikan kekalahannya atas wakil Chinese Taipei tersebut sebagai pengalaman berharganya, lantaran ia menganggap pernampilannya meningkat.

“Saya pikir momen terbaik adalah saat saya bertanding melawan Chou Tien Chen di Kejuaraan Dunia 2022. Hasilnya memang buruk,” kata Jonatan Christie, dilansir dari BWF.

Baca Juga

“Tapi jika kita lihat dari sudut pandang lain, itu adalah momen terbaik saya dan saya mengalami peningkatan,” tukasnya.

“Jika bertanya soal penampilan terbaik saya, itu tidak selalu tentang hasil. Namun itu momen terbaik saya,” tutup rekan senegara Anthony Ginting tersebut.

Meski gagal di Kejuaraan Dunia 2022, Jonatan Christie sendiri cukup tampil apik di sepanjang turnamen di musim ini.

Baca Juga

1. Pencapaian Jonatan Christie di Tahun 2022

Jonatan Christie tunggal putra Indonesia. (Foto: PBSI)

Jonatan Christie tercatat mengawali awal tahun dengan gagal di babak kedua Jerman Open 2022, dan menyentuh perempat final di All England 2022.

Namun setelah itu ia berhasil meraih tiga podium secara beruntun, yakni juara di Swiss Open, runner-up di Korea Open, dan di posisi kedua di Badminton Asia Championship 2022.

Gelar juara di Swiss Open juga menjadi satu-satunya gelar dari 17 turnamen yang dia ikuti sepanjang tahun 2022 ini.

Setelah tiga kali naik podium, pencapaian terbaiknya ialah mencapai semifinal di Malaysia Open dan BWF World Tour Finals 2022.

Jika dihitung, Jojo telah mencapai babak final dan semifinal tiga kali, perempat final lima kali, dan sisanya tersingkir di babak pertama dan kedua.

Baca Juga

Meski demikian, Jonatan Christie mampu memperbaiki peringkatnya dalam ranking terbaru BWF per Selasa (27/12/22) kemarin.

Saat ini Jojo berada di peringkat keempat di belakang Viktor Axelsen (Denmark), Lee Zii Jia (Malaysia), Loh Kean Yew (Singapura) yang menduduki tiga besar.

Baca Juga

Sementara rekan senegaranya yakni Anthony Sinisuka Ginting naik satu peringkat ke posisi keenam di ranking terbaru BWF.

Lalu Chico Aura Dwi Wardoyo sempat turun dua posisi ke peringkat ke-24 di belakang Li Shi Feng (China) dan Kanta Tsuneyama (Jepang).

Begitu juga dengan Shesar Hiren Rhustavito juga mengalami penurunan tiga peringkat ke posisi-27. Namun sejumlah pemain Indonesia diprediksi rankingnya bakal naik di update ranking BWF pekan depan.

Baca Juga
Jonatan ChristieChou Tien ChenBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini