x

Kuasai Ranking Junior, 4 Tunggal Putri Titisan Sindhu yang Bisa Ancam Indonesia di Piala Uber

Sabtu, 31 Desember 2022 18:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Setelah tim putra India juara Piala Thomas 2022, kini ada empat penerus Pusarla Venkata Sindhu yang bisa ancam Indonesia di Piala Uber masa depan.

INDOSPORT.COM – Setelah tim putra India juara Piala Thomas 2022, kini ada empat penerus Pusarla Venkata Sindhu yang bisa ancam Indonesia di Piala Uber masa depan.

Mereka sukses menguasai ranking teratas tunggal putri junior BWF, yang dimulai dari Anupama Upadhyaya (1), Anwesha Gowda (4), Unnati Hooda (5), dan Tasnim Mir (11).

Mengingat format Piala Uber adalah tiga pemain tunggal dan dua pemain ganda, mereka akan sangat berbahaya jika masuk skuad utama India masa depan untuk ajang ini.

Titisan Pusarla Venkata Sindhu itu bisa saja mencetak sejarah bagi India dengan menjuarai Piala Uber untuk pertama kalinya.

Hal yang tentu mengingatkan betapa mengejutkannya tim bulutangkis putra India yang bisa mencetak sejarah menjuarai Piala Thomas 2022.

Baca Juga

Tim bulutangkis putra India saat itu menjuarai Piala Thomas 2022 usai mengalahkan juara bertahan Indonesia dengan skor 3-0 di final yang berlangsung pada Minggu (15/05/22).

Pada match pertama, Anthony Sinisuka Ginting yang menjadi wakil pertama Indonesia di sektor tunggal putra harus menelan pil pahit karena kalah dari anak ajaib India, Lakshya Sen.

Baca Juga

Pada match kedua, ganda putra andalan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty sukses menumbangkan pasangan gado-gado Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya.

Sedangkan pada match penentuan, mantan tunggal putra ranking satu dunia, Srikanth Kidambi, sukses menekuk Jonatan Christie dengan straight game.

Untuk itulah keberadaan empat tunggal putri junior India pelapis PV Sindhu tersebut, potensi mencetak cerita yang sama yang membahayakan di Piala Uber masa depan.

Mari intip profil empat tunggal putri junior India yang dijuluki titisan Pusarla Venkata Sindhu, yakni Anupama Upadhyaya (1), Anwesha Gowda (4), Unnati Hooda (5), dan Tasnim Mir (11).

Baca Juga

1. Mengenal Anupama Upadhyaya

Anupama Upadhyaya, tunggal putri ranking satu dunia junior asal India.

1. Anupama Upadhyaya

Titisan Pusarla Venkata Sindhu yang potensi perkuat Piala Uber masa depan India yakni Anupama Updhyaya. Dia menempati ranking satu dunia junior BWF per Selasa (27/12/22).

Jauh sebelum update BWF terbaru, sebenarnya Anupama Upadhayaya sudah beberapa kali menapaki ranking satu dunia junior, seperti saat September 2022 lalu.

Namun ranking Anupama Upadhayaya sempat digeser oleh wakil Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo, sebelum akhirnya kembali dia tempati.

Tentu capaian ranking yang sepadan dengan hasil yang dia raih usai di tahun 2022 sukses menjuarai Juara Polish Open Uganda Junior International.

Anupama Upadhayaya  juga terbilang stabil dalam penampilannya dengan empat kali menapaki semifinal pada 2022 (Bangladesh IC, Bahrain IC, India Junior Inter Grand Prix, dan Syed Modi India).

Baca Juga

Melansir laman Indian Express, Anupama Upadhyaya yang masih berusia 17 tahun merasa bersyukur bisa menempati ranking satu dunia junior bulutangkis.

Hal yang bahkan tidak pernah dirasakan seniornya, Pusarla Venkata Sindhu saat masih bermain di level junior bulutangkis.

“Senang rasanya bisa melihat nama saya berada di puncak ranking junior dunia, dan ini akan memotivasi saya untuk karier di level senior juga,” ucap Anupama Upadhyaya.

Baca Juga

“Bertanding di level junior tentu sangat berarti bagi saya dan tahun-tahun mendatang akan menjadi masa transisi nagi saya dari level junior ke senior,” sambungnya.

“Tentu ini akan menjadi fase yang menantang bagi saya, karena saya harus melatih kecepatan dan pergerakan saya untuk unggul di level senior juga.”

“Tapi momen (menduduki ranking satu dunia) tentunya sangat spesial bagi saya dan pelatih saya,” pungkas Anupama Upadhyaya.

Baca Juga

2. Titisan Pusarla Venkata Sindhu Berikutnya

Tasnim Mir hingga Anwesha Gowda, titisan Pusarla Sindhu yang potensi ancam Indonesia di Piala Uber masa depan.

2. Anwesha Gowda

Selain nama Anupama Upadhyaya, nama Anwesha Gowda juga menjadi titisan Pusarla Venkata Sindhu berikutnya yang potensi bisa masuk skuad India di Piala Uber masa depan.

Anwesha Gowda saat ini menempati ranking empat junior BWF per Selasa (27/12/22), dan telah menggenggam empat gelar pada 2022.

Gelar itu diraih Anwesha Gowda di Israel Junior, Stockholm Junior, Spanish Junior Intenational 2022, Faroe Games Junior International 2022.

Pada tahun 2022 ini, Anwesha Gowda juga mencapai runner up untuk turnamen bulutangkis level junior yakni Bulgaria Junior dan Danish Junior Cup.

3. Unnati Hooda

Unnati Hooda bisa dilirik sebagai calon pemain hebat masa depan India, termasuk di kejuaraan bulutangkis beregu Piala Uber. Saat ini dia menempati ranking lima dunia junior BWF.

Baca Juga

Dari 12 turnamen yang diikuti, Unnati Hooda mengejutkan publik ketika di usia 14 tahun bisa menjuarai turnanmen bulutangkis Super 100 bertajuk Odisha Open 2022.

Dia juga potensi untuk bersinar di sektor ganda putri. Karena sejauh ini, Unnati Hooda bermain rankap dengan pasangannya, Palak Arora.

Baca Juga

4. Tasnim Mir

Tasnim Mir yang berusia 16 tahun sejak awal 2022 lalu memang menguasai puncak ranking tunggal putri junior. Namun per 6 September 2022, namanya disalip sang kompatriot,  Anupama Upadhyaya.

Kini Tasnim Mir kian melorot rankingnya meskipun masih berada di 11 besar berkat penampilan gemilangnya dalam 14 turnamen pada 2022.

Sejauh penamilannya pada 2022, titisan Pusarla Venkata Sindhu itu sudah menggenggam dua gelar juara di Iran Fajr International Challenge dan India Chattisgarh International Challenge.

Sungguh menarik menyaksikan persaingan para pebulutangkis level junior, yang mana India bersama Thailand, China, dan Indonesia, menjadi negara Asia yang bisa bersaing di level atas di antara kepungan bintang Eropa dan Amerika.

Baca Juga
Piala UberIndiaPV. SindhuBulutangkisBerita BulutangkisTasnim Mir

Berita Terkini