x

Sedang Berulang Tahun, Axelsen Dapat Kamus ‘Rekor’ dari Oma Gill Komentator BWF

Kamis, 5 Januari 2023 03:17 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Rabu (04/01/23), Viktor Axelsen merayakan ulang tahunnya yang ke-29, hingga, hingga beragam kado pun mengalir termasuk dari komentator BWF Gillian Clark.

INDOSPORT.COM – Rabu (04/01/23), Viktor Axelsen merayakan ulang tahunnya yang ke-29, hingga, hingga beragam kado pun mengalir termasuk dari komentator BWF Gillian Clark.

Komentator Fderasi Bulutangkis Dunia (BWF), Gillian Margaret Clark atau yang lebih beken disebut Oma Gill memberikan ‘kamus’ rekor seorang Viktor Axelsen.

“Orang Eropa pertama yang meraih media dalam dua disiplin yang sama di dua Olimpiade,” tulis Gillian Clark di twitternya untuk Viktor Axelsen.

“Dia menjadi tunggal putra terlama yang back to back juara dunia dalam kurun waktu selama lima tahun (2017 dan 2022).”

“4 final All England berturut-turut . 7 Medali berturut-turut di Kejuaraan Eropa. Selamat ulang tahun Viktor Axelsen,” tulis komentator BWF Gilian Clark atau Oma Gill.

Baca Juga

Sebagai penjelasan dari kamus Oma Gill, Viktor Axelsen memang jadi pebulutangkis pertama asal Benua Eropa yang menggenggam dua medali Olimpiade dalam edisi berbeda.

Menurut catatan, Viktor Axelsen dalam kariernya telah mengenggam medali perunggu Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, dan medali emas Olimpiade 2020 di Tokyo.

Baca Juga

Rekor kedua, Viktor Axelsen disebut sebagai tunggal putra terlama yang back to back juara dunia dalam kurun waktu lima tahun (edisi 2017 dan 2022).

Rekor ketiga, Viktor Axelsen adalah peraih empat final turnamen bulutangkis tertua dunia All England yakni (runner up 2019, emas 2020, runner up 2021, dan emas 2022).

Rekor keempat Viktor Axelsen meraih tujuh medali Kejuaraan Eropa, terdiri dari tiga emas (2016, 2018, 2022), satu perak (2021), dan tiga perunggu (2012, 2014, 2017).

Baca Juga

1. Kamus Dominasi Axelsen

Kamus dominasi Viktor Axelsen sepanjang kariernya di dunia bulutangkis.

Tentunya sebagai komentator BWF, Gillian Clark atau Oma Gill sangat menyadari bahwa Viktor Axelsen begitu sangat perkasa sepanjang beberapa tahun terakhir hingga melesat ke ranking satu dunia.

Setelah emas Olimpiade 2020, hampir semua gelar penting di tahun 2022, nyaris semua ludes diborong oleh Viktor Axelsen, dari Kejuaraan Dunia Bulutangkis hingga BWF World Tour Finals.

Viktor Axelsen total telah meraih delapan final turnamen dengan delapan gelar juara sepanjang 2022.  Tak mengherankan, Viktor Axelsen dijuluki ‘alien’ saking sulitnya atlet lain mengalahkannya.

Terakhir kali Viktor Axelsen merasakan kekalahan di luar walkover adalah pada turnamen badminton Super 750 Denmark Open 2022.

Saat itu Viktor Axelsen harus tersingkir di babak perempat final usai dikalahkan oleh pebulutangkis Singapura, Loh Kean Yew dengan skor 17-21 dan 10-21.

Baca Juga

Selain itu hanya ada German Open 2022 pada Maret lalu saat dia kalah di semifinal dengan skor 13-21, 21-12, 20-22 dari pebulutangkis India Lakshya Sen.

Selebihnya, rekor sempurna ditorehkan oleh pebulutangkis asal Jepang tersebut hingga dia sukses menyegel tempat pertama dalam ranking BWF.

Baca Juga

Tak terkalahkan, Viktor Axelsen bahkan dijuluki pebulutangkis terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 404.125 dolar AS (sekitar Rp6,3 miliar).

Oma Gill atau Gillian Clark sebagai komentator BWF tentu sadar betul tentang betapa berkembangnya Viktor Axelsen di dunia bulutangkis benua Eropa.

Bahkan usai bertambahnya usia, bisa saja rekor yang ditorehkan atlet badminton asal Denmark itu kian panjang dan sulit disaingi. Selamat ulang tahun Viktor Axelsen.

Baca Juga
BWFDenmarkViktor AxelsenBulutangkisBerita BulutangkisGillian Clark

Berita Terkini