x

5 Negara yang Bisa Bawa Pulang Medali Indonesia Masters 2023

Selasa, 31 Januari 2023 09:26 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil menjadi juara sektor ganda putra Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Minggu (29/01/23).

INDOSPORT.COM - Usai gelaran Indonesia Masters 2023, sejumlah negara menjadi perbincangan karena mampu membawa medali dari turnamen Super 500 itu.

Salah satu turnamen bulutangkis bergengsi di dunia, Indonesia Masters 2023 baru saja rampung menggelar partai final pada Minggu (29/01/23) lalu.

Bermain di Istora Senayan, Jakarta, tuan rumah berhasil meraih dua gelar masing-masing dari tunggal putra dan ganda putra.

Indonesia sendiri meloloskan tiga wakilnya yakni Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Satu gelar sudah dipastikan menjadi milik Merah Putih dari tunggal putra, karena terjadi All Indonesian Final antara Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi.

Baca Juga

Hasilnya, Jojo menang dua set langsung dalam waktu 44 menit, 21-15 dan 21-13. Pertandingan sendiri berlangsung sengit tetapi karena perbedaan pengalaman membuat Jojo lebih diunggulkan.

Gelar lainnya diraih oleh Leo/Daniel dari ganda putra. Mereka mengalahkan wakil China, He Jing Ting/Zhou Hao Dong dua set langsung 21-17, 21-16.

Baca Juga

Usai pertandingan final BWF World Tour Super 500 itu, terdapat sejumlah negara yang mampu membawa pulang kembali medali Indonesia Masters. Siapa saja?

Spanyol

Negara pertama yang berhasil membawa pulang medali Indonesia Master pada edisi 2023 ini adalah Spanyol. 

Negeri Matador meraih medali dari wakilnya tunggal putri, Carolina Marin, setelah mampu finis sebagai runner-up.

Carolina Marin gagal menjadi juara setelah dikalahkan oleh An Se Young (Korea Selatan) di partai puncak dengan skor 18-21, 21-18, 21-13.

Baca Juga

1. Jepang

Ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota di Fuzhou China Open 2019.

Selanjutnya ada Jepang. Negeri Sakura yang menjadi salah satu kekuatan bulutangkis dunia, ternyata hanya mampu meraih medali perak di Indonesia Masters 2023.

Medali itu dipersembahkan oleh pasangan ganda putri, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. 

Mereka kalah di final oleh pasangan China, Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian dengan skor akhir 22-20 dan 21-19.

Korea Selatan

Korea Selatan bernasib sama dengan dua negara sebelumnya, Spanyol dan Jepang karena hanya mampu membawa puang satu medali.

Tetapi Korea Selatan punya nasib berbeda karena wakilnya di sektor tunggal putri, An Se Young mampu membawa medali emas.

An Se Young sebagai unggulan ketiga menjadi juara usai mengalahkan Carolina Marin yang merupakan unggulan ketujuh, 18-21, 21-18 dan 21-13.

Ini merupakan gelar kedua dari An Se Young di turnamen ini setelah sebelumnya ia juga menjadi juara di Indonesia Masters 2021 silam.


2. Indonesia

Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin berhasil menjadi juara sektor ganda putra Indonesia Masters 2023 di Istora Senayan, Minggu (29/01/23).

Menjadi tuan rumah, Indonesia berhasil meraih total tiga medali dari Indonesia Masters 2023.

Dua medali emas dan satu medali perak berhasil Indonesia raih dari sektor tunggal putra dan ganda putra.

Sektor tunggal putra sukses menciptakan all Indonesian final dan meraih satu medali emas dari Jonatan Christie dan medali perak dari Chico Aura Dwi Wardoyo.

Di sisi laing, satu lagi medali emas dipersembahkan oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dari sektor ganda putra.

China

China menjadi negara terbanyak yang berhasil membawa pulang medali dari Indonesia Masters 2023.

Empat medali berhasil diraih oleh Negeri Tirai Bambu ini, yaitu 2 medali emas dan 2 medali perak.

Dua medali emas dipersembahkan oleh ganda putri (Liu Sheng Shu/Zhang Shu Xian) dan ganda campuran (Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping).

Dua medali perak mereka raih dari ganda putra (He Ji Ting/Zhou Hao Dong) dan ganda campuran (Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin).

Jonatan ChristieIndonesia MastersCarolina MarinBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Berita Terkini