x

Performa Sudah Kembali, Lee Zii Jia Diadang Masalah Baru Jelang BAMTC 2023

Senin, 13 Februari 2023 14:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra nomor 4 dunia, Lee Zii Jia, diadang masalah baru jelang tampil di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 meski performa sudah kembali apik.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra nomor 4 dunia, Lee Zii Jia, diadang masalah baru jelang tampil di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 meski performa dinilai sudah kembali apik.

Direktur Kepelatihan Tunggal Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Wong Choon Hann, menilai bahwa Lee Zii Jia mulai menunjukkan peningkatan performa sejak berlatih di pelatnas.

Lee Zii Jia dipanggil untuk berlatih di pelatnas Malaysia untuk persiapan tampil di Badminton Asia Mixed Championships (BAMTC) 2023 pada 14-19 Februari di Dubai, Uni Emirat Arab.

Datang sebagai pemain independen tanpa pelatih, Lee Zii Jia sempat membuat pihak BAM prihatin. Berkat bantuan fasilitas dan sparring partner, Lee Zii Jia pun dinyatakan tiap tampil di BAMTC.

“Dia (Lee Zii Jia) menunjukkan komitmen yang bagus untuk mengembalikan ritme dalam pertandingan,” tutur Wong Choong Hann dilansir dari BHarian.

Baca Juga

“Sebelumnya, dia bilang ingin fokus menemukan ritme permainan dan saya rasa sudah ada kemajuan,” terang Chong Hann.

“Durasi latihan satu minggu itu tidak lama tetapi itu cukup untuk Lee Zii Jia menemukan performa dan kami memberi fasilitas yang dia butuhkan seperti tempat latihan dan sparring partner,” lanjutnya.

Baca Juga

Dengan performa Lee Zii Jia mulai membaik, BAM pun tampaknya bakal mengandalkan juara All England 2021 itu sebagai pemimpin tim Malaysia di BAMTC.

Lee Zii Jia juga mungkin akan menjadi tunggal putra pertama Negeri Jiran, di depan atlet nasional Leong Jun Hao, yang dipilih BAM usai menyabet gelar Indonnesia Masters 2022 Super 100.

Namun, BAM justru dihadapkan pada dilematis baru soal siapa pelatih yang akan mendampingi Lee Zii Jia saat bertanding di turnamen beregu campuran di Dubai nanti.

Baca Juga

1. Lee Zii Jia Tanpa Pelatih di BAMTC 2023?

BAM masih belum memutuskan siapa yang akan mendampingi Lee Zii Jia di kursi pelatih saat tampil di BAMTC 2023

Sejak berpisah dengan pelatih pribadinya, Indra Wijaya, dari Indonesia, Lee Zii Jia memang belum merekrut pelatih baru. Dia hanya didampingi sparring partner sesama pemain bulutangkis, Liew Daren.

Wong Chong Hann mengatakan masalah ini masih dibahas oleh BAM, tetapi pihaknya tetap akan menyerahkan keputusan akhir pada Lee Zii Jia asalkan dia nyaman.

“Kita lihat nanti, dengan siapa dia nyaman dan semuanya tergantung keinginan Zii Jia,” sambung Wong Chonn Hann.

“Yang bisa saya katakan saat ini, mungkin kami berdua (pelatih BAM dan Liew Daren) duduk di kursi belakang lapangan, atau malah tidak perlu ada pelatih di belakang,” tandasnya.

Lee Zii Jia memang mengalami awal musim yang kurang bagus setelah dia tersingkir di babak pertama dan kedua di tiga turnamen yang diikutinya, yakni Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters, bulan lalu.

Baca Juga

Di tengah performanya yang dianggap menurun drastis, Lee Zii Jia, mengabaikan saran sejumlah legenda termasuk Lee Chong Wei, untuk segera merekrut pelatih baru.

Lee Zii Jia saat itu sempat mengemukakan dirinya ingin menantang diri sendiri bersaing di level internasional tanpa bantuan pelatih sejak berpisah dengan Indra Wijaya pada November 2022.

Di BAMTC edisi ketiga  kali ini, Malaysia ditempatkan sebagai unggulan keempat. Mereka tergabung dalam Grup B bersama India, Kazakhstan dan UEA.

Baca Juga

Nantinya, empat tim yang memastikan tiket ke semifinal secara otomatis lolos kualifikasi Piala Sudirman 2023 yang akan berlangsung di Suzhou, China pada 14-21 Mei mendatang.

Selain Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao di sektor tunggal putra, Malaysia juga menurunkan sejumlah pemain nasional dan independen.

Di antaranya, Goh Jin Wei dan Wong Ling Ching (tunggal putri); Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Teo Ee Yi/Ong Yew Sin (ganda putra); Pearly Tan/M Thinaah dan Teo Mei Xing/Go Pei Kee (ganda putri); Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (ganda campuran).

Baca Juga
MalaysiaBulutangkisAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Lee Zii JiaBerita BulutangkisWong Choong HannBadminton Asia Mixed Team Championship

Berita Terkini