x

Dulu Terpuruk, Daniil Medvedev Kini Mulai Tunjukkan Tanda-Tanda Kebangkitan

Minggu, 5 Maret 2023 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Daniil Medvedev mulai bangkit pada awal tahun 2023 ini. Foto: Matthew Stockman/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Daniil Medvedev mencatatkan pencapaian apik pada awal tahun 2023 ini, yang teranyar ia menjuarai ATP Dubai beberapa waktu lalu.

Tidak main-main, petenis asal Rusia ini sempat menumbangkan Novak Djokovic dalam perjalanannya mencapai partai final yang digelar kemarin.

Di semifinal, ia membenamkan kampiun Australian Open 2023 tersebut dengan dua set 6-4, 6-4, dan berhadapan dengan Andrey Rublev di final.

Andrey Rublev sendiri, tampil sebagai finalis ATP Dubai Tennis Championships setelah mengalahkan Alexander Zverev 6-3, 7(11)-6 (9) di pertandingan semifinal lainnya.

Daniil Medvedev dan Andrey Rublev menyudahi pertandingan mereka dengan skor 6-2, 6-2. Bicara setelah pertandingan, ini kata sang pemenang.

Baca Juga

“Luar biasa karena awal tahun ini tidak sempurna. Di tenis, Anda akan meragukan diri sendiri apabila tidak berhasil memenangkan pertandingan,

“Sekarang rasanya lebih baik. Saya puas dengan tiga pekan ini dan tidak sabar menantikan hari-hari selanjutnya,” ucap Daniil Medvedev dikutip dari laman resmi ATP.

Baca Juga

Bicara soal pencapaian awal tahun, Daniil Medvedev memang sempat terseok-seok, apalagi setelah ia mengalami masa-masa sulit pada 2022 lalu.

Salah satunya, buntut konfik Rusia-Ukraina yang membuatnya absen di sejumlah turnamen, bahkan mendapat boikot dari sejumlah pihak.

Pemain berusia 27 tahun asal Moscow ini mengawali 2023 dengan tampil di Adelaide International pada bulan Januari dan sampai di semifinal.

Baca Juga

1. Tuah di Rotterdam

Daniil Medvedev mulai bangkit pada awal tahun 2023 ini. Foto: Matthew Stockman/Getty Images.

Memang tidak terlalu buruk, namun di semifinal tersebut ia terhempas oleh Novak Djokovic, lawan yang notabene sangat kuat untuk dikalahkan.

Selanjutnya, Daniil Medvedev berpartisipasi di turnamen Grand Slam Australian Open. Namun di sini, hasilnya justru lebih mengecewakan.

Tidak mampu bicara banyak dan melaju jauh, langkahnya terhenti cepat di babak ketiga usai ditekuk petenis asal Amerika Serikat, Sebastian Korda.

Akan tetapi, nasib buruk tidak melulu menghinggapi Daniil Medvedev pada awal tahun 2023 ini. Ajang ATP Rotterdam pun jadi titik balik comeback-nya.

Bermain di final melawan petenis Italia, Jannik Sinner, ia tampil sebagai juara setelah menang dengan skor 5-7, 6-2, 6-2.

Baca Juga

“Benar-benar pertandingan yang menguras mental bagi kami berdua,” ujarnya setelah pertandingan final ATP Rotterdam bulan Februari lalu.

Lebih lanjut, Daniil Medvedev pun mengaku senang karena gelarnya di Rotterdam ini ia raih saat 2023 masih memasuki awal tahun.

Baca Juga

“Ini turnamen ketiga saya dan sudah mendapat gelar,” ujarnya merujuk pada kegagalan di Adelaide International dan Australian Open.

Keberhasilan di Rotterdam ini pun menjadi sangat berharga bagi Daniil Medvedev setelah beberapa waktu lalu ia terhempas dari ranking 10 besar dunia.

Sempat bertengger di peringkat 12 pada Januari hingga awal Februari 2023, peraih satu gelar Grand Slam tersebut kembali ke 10 besar usai juara ATP Rotterdam.

Baca Juga

2. Keberuntungan yang Terus Berlanjut

Daniil Medvedev mulai bangkit pada awal tahun 2023 ini. Foto: Matthew Stockman/Getty Images.

Kesuksesan Daniil Medvedev selepas ATP Rotterdam pun berlanjut ke Qatar Open yang digelar pada akhir bulan Februari.

Di final, ia berjumpa petenis kawak asal Inggris, Andy Murray, yang sedang berusaha mengembalikan nama besarnya di turnamen-turnamen internasional.

Tentu saja, misi tersebut tidak mudah karena yang dihadapi adalah Daniil Medvedev yang masih on fire selepas juara di Rotterdam.

Benar saja, Andy Murray keok 4-6, 4-6 dan Daniil Medvedev pun sah membawa pulang gelar lagi pada awal tahun ini berkat Qatar Open.

“Saya menemukan momentum di Rotterdam. Awalnya saya tidak terlalu baik sebelum turnamen itu,” kenangnya.

“Akan tetapi, setelah di perempat final menghadapi Felix [Auger-Aliassime], saya mulai menemukan ritme saya,” jelasnya lagi.

Momentum apik di Rotterdam itu pun ‘menular’ di Qatar dan kini berlanjut ke Dubai. Awal tahun yang kurang cemerlang kini sudah berubah.

Daniil Medvedev nampaknya sudah tidak perlu meningat momen-momen sulitnya saat berpartisipasi di Adelaide dan Melbourne pada bulan Januari.

Februari dan Maret nampaknya jadi bulan keberuntungannya tahun ini, yang bisa saja berlanjut saat bermain di Indian Wells 2023.

Indian Wells atau BNP Paribas Open 2023 sendiri akan digelar mulai besok tanggal 6 Maret hingga 19 Maret mendatang. Siap berjaya lagi, Medvedev?

Sumber: atptour.com

ATPDubaiDaniil MedvedevTenisBerita Tenis

Berita Terkini